Perangkat pembelajaran pertama yang dibentuk oleh pendidik yaitu “Penghitungan Minggu dan Jam Efektif”. Menghitung ahad dan jam efektif sangat diperlukan. melaluiataubersamaini penghitungan ini akan terlihat jumlah ahad dan jam yang tersedia dalam satu semester, yang tidak efektif, dan yang efektif. Langkah-langkah untuk menghitungnya adalah:
1. Membaca dan memahami Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22/2006 wacana Standar Isi.
Beban berguru aktivitas tatap muka keseluruhan untuk setiap satuan pendidikan yaitu sebagaimana tertera pada Bab III. Alokasi waktu yang diputuskan oleh Permen 22/ 2006 wacana Standar Isi yaitu menyerupai diberikut ini:
- Permulaan tahun pelajaran yaitu waktu dimulainya aktivitas pembelajaran pada pertama tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan.
- Minggu efektif berguru yaitu jumlah ahad aktivitas pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan.
- Waktu pembelajaran efektif yaitu jumlah jam pembelajaran setiap minggu, mencakup jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk aktivitas pengembangan diri.
- Waktu libur yaitu waktu yang diputuskan untuk tidak diadakan aktivitas pembelajaran terpola pada satuan pendidikan yang dimaksud. Waktu libur sanggup berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur tamat tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.
2. Membaca kalender ril dan menghitung ahad yang tersedia
melaluiataubersamaini membaca kalender ril akan terlihat ahad yang tersedia untuk setiap bulan. Jika hari yang tersedia pada suatu ahad lebih dari tiga hari, dihitung satu minggu. Jika tiga hari atau kurang dari tiga hari dihitung untuk ahad diberikutnya.
3. Pemetaan dan penetapan ahad dan jam efektif dalam bentuk tabel.
Langkah ketiga yaitu melaksanakan pemetaan bulan dan ahad yang tersedia dalam satu semester atau satu tahun. Pemetaan dan penetapan tersebut akan melahirkan “Penghitungan Minggu dan Jam Efektif
- Minggu efektif berguru Minimum 34 ahad dan maksimum 38 ahad Digunakan untuk aktivitas pembelajaran efektif pada setiap satuan pendidikan
- Jeda tengah semester Maksimum 2 ahad Satu ahad setiap semester
- Jeda antar semester Maksimum 2 ahad Antara semester I dan II
- Libur tamat tahun pelajaran Maksimum 3 ahad Digunakan untuk penyiapan aktivitas dan manajemen tamat dan pertama tahun pelajaran
- Hari libur keagamaan 2-4 ahad Daerah khusus yang memerlukan libur keagamaan lebih panjang sanggup mengaturnya sendiri tanpa mengurangi jumlah ahad efektif berguru dan waktu pembelajaran efektif
- Hari libur umum/ nasional Maksimum 2 ahad Disesuaikan dengan peraturan pemerintah
- Hari libur khusus Maksimum 1 ahad Untuk setiap pendidikan sesuai dengan ciri kekhususan masing-masing
- Kegiatan khusus sekolah/madrasah Maksimum 3 ahad Digunakan untuk aktivitas yang diprogramkan khusus oleh sekolah atau madrasah tanpa mengurangi jumlah ahad efektif berguru dan waktu pembelajaran efektif
Tag :
Pembelajaran
0 Komentar untuk "Penghitungan Ahad Dan Jam Efektif Dalam Proses Pembelajaran"