Untuk mata pelajaran/kuliah yang sering menuntut kerjasama kelompok dalam bekerja, team building perlu dibangun sejak pertama pelajaran/perkuliahan. Hal ini dimaksudkan biar siswa/mahasiswa dengan cepat mengenal kawan-kawannya sehingga pada balasannya mereka sanggup berhubungan dalam kelompok. Strategi ini yaitu salah satu cara yang baik untuk memmenolong siswa/mahasiswa mengenal satu sama lain. Strategi ini juga sanggup menjadi satu eksperimen menarikdanunik pada pertemuan pertama dari suatu pelajaran/perkuliahan.
Langkah-langkah:
1). Bentuk kelompok-kelompok kecil, 3 - 4 orang (usahakan mereka yang belum saling kenal).
2). Jelaskan pada siswa/mahasiswa bahwa kiprah mereka yaitu menebak apa jawabanan yang akan didiberikan oleh kawannya bila beliau menanyakan beberapa pertanyaan yang sudah disiapkan. Di bawah ini beberapa pola soal-soal yang ditanyakan:
- Jenis musik apa yang kami suka?
- Bacaan apa yang engkau suka?
- Berapa jam biasanya engkau membaca setiap hari?
- Apa program televisi yang paling engkau suka?
- Pelajaran apa yang engkau suka?
- Dimana engkau lahir?
- Dimana engkau lampau sekolah?
- Apa cita-citamu?
- Dll. yang sanggup dimenambahkan atau diganti
3). Minta masing-masing kelompok untuk memulai dengan menentukan salah seorang dari mereka untuk menjadi "subyek". Sarankan kepada masing-masing anggota untuk menulis prediksi mereka secara spesifik dan detail wacana "subyek" tersebut. Sampaikan bahwa mereka tidak perlu takut untuk menulis prediksi yang dirasa guah. Ketika mereka membuat dugaan jawabanan, mintalah sang "subyek" untuk tidak memdiberi indikasi yang mengarah kepada jawabanan yang benar. Ketika tiruana sudah selesai dengan prediksi mereka, sang "subyek" harus menjawaban setiap pertanyaan wacana dirinya,
4). Proses nomor 3 ini dilanjutkan dengan anggota yang lain hingga selesai.
Catatan:
- Buatlah pertanyaan-pertanyaan yang menuntut siswa/mahasiswa untuk menebak pandangan, pemikiran atau kepercayaan ketimbang menanyakan hal-hal factual.
- Batasi prediksi. Minta siswa/mahasiswa, satu demi satu, untuk menjawaban pertanyaan secara langsung. Selanjutnya, minta anggota group untuk menanyakan apa yang tidak mereka duga dari kawannya menurut pada pertemuan pertama.
Sumber: Startegi Pembelajaran Aktif, Hisyam Zaini dkk, CTSD, 2007
Tag :
Pembelajaran
0 Komentar untuk "Strategi Pembelajaran Prediksi Kawan"