Proses pembelajaran yang mengacu pada pendekatan saintifik, mencakup lima langkah sebagai diberikut.
- Mengamati, yaitu kegiatan siswa mengidentifikasi melalui indera penglihat (membaca, menyimak), pembau, pendengar, lidah dan peraba pada waktu mengamati suatu objek dengan ataupun tanpa alat menolong. Alternatif kegiatan mengamati antara lain observasi lingkungan, mengamati gambar, video, tabel dan grafik data, menganalisis peta, membaca banyak sekali isu yang tersedia di media masa dan internet maupun sumber lain. Bentuk hasil mencar ilmu dari kegiatan mengamati ialah siswa sanggup mengidentifikasi masalah.
- Menanya, yaitu kegiatan siswa mengungkapkan apa yang ingin diketahuinya baik yang berkenaan dengan suatu objek, peristiwa, suatu proses tertentu. Dalam kegiatan menanya, siswa membuat pertanyaan secara individu atau kelompok ihwal apa yang belum diketahuinya. Siswa sanggup mengajukan pertanyaan kepada guru, narasumber, siswa lainnya dan atau kepada diri sendiri dengan bimbingan guru hingga siswa dapat mandiri dan menjadi kebiasaan. Pertanyaan sanggup diajukan secara mulut dan goresan pena serta harus dapat membangkitkan motivasi siswa untuk tetap aktif dan gembira. Bentuknya sanggup berupa kalimat pertanyaan dan kalimat hipotesis. Hasil belajar dari kegiatanmenanya ialah siswa sanggup merumuskan duduk kasus dan merumuskan hipotesis.
- Mengumpulkan data, yaitu kegiatan siswa mencari isu sebagai materi untuk dianalisis dan disimpulkan. Kegiatan mengumpulkan data dapat dilakukan dengan cara membaca buku, mengumpulkan data sekunder, observasi lapangan, tes kemampuan dan pemahaman (eksperimen), wawancara, membuatkan kuesioner, dan lain-lain. Hasil belajar dari kegiatan mengumpulkan data ialah siswa sanggup menguji hipotesis
- Mengasosiasi, yaitu kegiatan siswa mengolah data dalam bentuk serangkaian acara fisik dan pikiran dengan menolongan peralatan tertentu. Bentuk kegiatan mengolah data antara lain melaksanakan klasifikasi, pengurutan (sorting), menghitung, membagi, dan menyusun data dalam bentuk yang lebih informatif, serta memilih sumber data sehingga lebih bermakna. Kegiatan siswa dalam mengolah data contohnya membuat tabel, grafik, bagan, peta konsep, menghitung, dan pemodelan. Selanjutnya siswa menganalisis data untuk membandingkan ataupun memilih relasi antara data yang sudah diolahnya dengan teori yang ada sehingga sanggup ditarik final dan atau ditemukannya prinsip dan konsep penting yang bermakna dalam menambah skema kognitif, meluaskan pengalaman, dan wawasan pengetahuannya. Hasil belajar dari kegiatan menalar/mengasosiasi ialah siswa sanggup menyimpulkan hasil kajian dari hipotesis.
- Mengomunikasikan, yaitu kegiatan siswa mendeskripsikan dan memberikan hasil temuannya dari kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan dan mengolah data, serta mengasosiasi yang ditujukan kepada orang lain baik secara mulut maupun goresan pena dalam bentuk diagram, bagan, gambar, dan sejenisnya dengan menolongan perangkat teknologi sederhana dan atau teknologi isu dan komunikasi. Hasil belajar dari kegiatanmengomunikasikan ialah siswa sanggup memformulasikan dan mempertanggungjawabankan pembuktian hipotesis.
Tag :
Pembelajaran
0 Komentar untuk "Pembelajaran Yang Mengacu Pada Pendekatan Saintifik"