Kita sering mendengar bahwa mutu pendidikan sangat tergantung pada seorang guru. Hal itu memang benar, meskipun masih banyak pula faktor-faktor lainnya. Namun alasannya yaitu pasa peluang ini, profesi guru yang dibahas, maka hal inilah yang menjadi perhatian kita.
Faktor utama yang perlu diperhatikan seorang guru dengan melihat kedalam dirinya yaitu terkena penguasaan materi. Apakah kita sudah menguasai materi? Salah satu komponen kompetensi yang harus dimiliki guru yang profesional yaitu menguasai materi pelajaran serta konsep-konsep dasar keilmuannya.
Materi dari sudut pandang sebagai isi dari suatu materi asuh sanggup digolongkan menjadi enam jenis, yaitu:
1. Fakta
3. Prinsip
4. Keterampilan
5. Pemecahan Masalah
6. Proses
Materi dari sudut pandang cara pengorganisasiannya terbagi menjadi empat jenis, yaitu
1. Bahan Bidang Studi Linier
2. Bahan Bidang Studi Kumulatif
3. Bahan Bidang Studi Praktikal
4. Bahan Bidang Studi Eksperiensial
Karena penguasaan materi menjadi pokok, maka kita harus selalu membaca buku-buku yang berafiliasi dengan isi materi ajar.
Karena penguasaan materi menjadi pokok, maka kita harus selalu membaca buku-buku yang berafiliasi dengan isi materi ajar.
Sesudah menguasai materi ajarnya, tentu kita akan menyampaikannya kepada siswa. Oleh alasannya yaitu itu kemampuan diberikutnya yang penting untuk dikuasai yaitu kemampuan untuk mengajarkan materi tersebut dalam suatu proses pembelajaran. Kita harus ingat selalu bahwa di kelas akan terjadi proses pembelajaran, bukan spesialuntuk proses mengajar. Anda tentu sudah mengerti betul perbedaannya bukan? melaluiataubersamaini demikian maka yang pertama kita lakukan yaitu memilih tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran akan memilih jenis materi, apakah berupa konsep, prinsip, pemecahan masalah, atau yang lainnya. Sesudah itu gres kita memilih metode apa yang paling sesuai untuk membelajarkan siswa sehingga sanggup mencapai tujuan.
Dalam pelaksanaan proses pembelajaran, seorang guru diperlukan sanggup membuat perencanaan yang bersifat situasional berdasarkan:
a. Identifikasi kebutuhan dan minat siswa
b. Tujuan-tujuan performan siswa
c. Karakteristik materi
d. Ketersediaan fasilitas, ruang, dan waktu
e. Kemampuan guru
Berdasarkan perencanaan yang sudah dibuat, guru akan melaksanakan proses pembelajaran. Pada kenyataannya sering terjadi banyak sekali hal yang mengakibatkan perencanaan yang sudah dibentuk tidak sanggup dilaksanakan sepenuhnya. Dalam situasi ibarat itu, guru harus sanggup melaksanakan keputusan transaksional, yaitu melaksanakan adaptasi menurut umpan balik yang diperoleh dari interaksinya dengan siswa, dan interaksi antarsiswa, biar acara pembelajaran terus berlangsung.
Sumber: Materi Kuliah Profesi Keguruan PBI UT 2017.1
Tag :
Profesi dan Karir
0 Komentar untuk "Penguasaan Bahan Dan Kemampuan Mengajar"