Pengertian Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan yaitu suatu penilaian yang dilakukan untuk mengetahuikemampuansiswa dalam menerapkan pengetahuanuntuk melaksanakan kiprah tertentudidalam banyak sekali macam konteks sesuai
dengan indikator pencapaiankompetensi. Penilaian keterampilan sanggup dilakukan dengan banyak sekali metode, antara lain evaluasi kinerja, evaluasi proyek, dan evaluasi portofolio. Teknik evaluasi keterampilan yang dipakai dipilih sesuai dengan karakteristik KD pada KI-4.
dengan indikator pencapaiankompetensi. Penilaian keterampilan sanggup dilakukan dengan banyak sekali metode, antara lain evaluasi kinerja, evaluasi proyek, dan evaluasi portofolio. Teknik evaluasi keterampilan yang dipakai dipilih sesuai dengan karakteristik KD pada KI-4.
Teknik Penilaian Keterampilan
Berikut disajikan uraian singkat terkena metode-metode evaluasi keterampilan tersebut yang mencakup beberapa aspek pengertian, langkah-langkah, dan rujukan instrumen dan rubrik evaluasi kinerja
Penilaian Kinerja
Penilaian kinerja adalah evaluasi untuk mengukur capaian pembelajaran yang berupa keterampilan proses dan/atau hasil (produk).melaluiataubersamaini demikian, aspek yang dinilai dalam evaluasi kinerja adalah kualitas proses mengerjakan/melakukan suatu kiprah atau kulaitas produknya atau kedua-duanya. misal keterampilan proses yaitu keterampilan melaksanakan tugas/tindakan dengan memakai alat dan/ataubahan dengan mekanisme kerja kerja tertentu, sementara produk yaitu sesuatu (bisanya barang) yang dihasilkan dari penyelesaian sebuah tugas.
misal evaluasi kinerja yang menekankan aspek proses yaitu berpidato, membaca karya sastra, menggunakanperalatan laboratorium sesuai keperluan, memainkan alat musik, bermain bola, bermain tenis, berenang, koreografi, dan dansa. Contoh evaluasi kinerja yang mengutamakan aspek produk adalah menciptakan gambar grafik, menyusun karangan, danmenyulam.misal evaluasi kinerja yang mempertimbangkan baik proses maupun produk adalah memasak nasi goreng dan memanggang roti.
Langkah-langkah umum evaluasi kinerja adalah:
- menyusun kisi-kisi;
- mengembangkan/menyusun kiprah yang dilengkapi dengan langkah-langkah, bahan, dan alat;
- menyusun rubrik penskoran dengan memperhatikan aspek-aspek yang perlu dinilai;
- melaksanakan evaluasi dengan mengamati siswa selama proses penyelesaian kiprah dan/atau menilai produk kesannya menurut rubrik;
- mengolah hasil evaluasi dan melaksanakan tindak lanjut.
Berikut ini rujukan kisi-kisi evaluasi kinerja, soal/tugas, pedoman penskoran, dan rubrik penilaian kinerja.
misal Kisi-kisi Penilaian Kinerja
Nama Sekolah : SMP Jaya Bangsaku
Kelas/Semester : VII/Semester I
Tahun pelajaran : 2014/2015
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
No. | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Teknik Penilaian |
1. | 4.7. Melakukan penyelidikan untuk menentukan sifat larutan yang ada di lingkungan sekitar memakai indikator buatan maupun alami. | Larutan asam dan basa | Siswa sanggup menentukan larutan asam dan basa memakai indikator kertas lakmus. | Kinerja |
misal kiprah evaluasi kinerja:
Lakukanlah uji asam basa terhadap delapan materi yang tersedia!
Ikuti langkah-langkah percobaan sesuai prosedur!
Alat dan Bahan:
Alat | Bahan |
1. Pelat tetes | 1. Air jeruk |
2. Pengaduk | 2. Cuka |
3. Kertas lakmus merah dan biru | 3. Asam Klorida |
4. Pipet | 4. Air sabun |
5. Obat maag cair | |
6. Kapur sirih | |
7. Garam | |
8. Air |
misal Rubrik Penskoran Penilaian Kinerja
No. | Aspek yang Dinilai | Skor | ||||
0 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. | Menyiapkan alat dan materi yang diperlukan | |||||
2. | Melakukan uji asam/basa | |||||
3. | Membuat laporan | |||||
Jumlah | ||||||
Skor Maksimum | 9 (2+4+3) |
Pada rujukan evaluasi kinerja dengan di atas, evaluasi didiberikan dengan memperhatikan baik aspek proses maupun produk. sepertiyang terlihat pada rubrik penilaian, ada 3 (tiga) butir aspek yang dinilai, yaitu keterampilan siswa dalam menyiapkan alat dan materi (proses), keterampilan siswa dalam melaksanakan uji asam/basa (proses), dan kualitas laporan (produk).
Guru sanggup menetapkan bobot penskoran yang tidak sama-beda antara aspek satu dan lainnya yang dinilai dengan memperhatikan karakteristik KD atau keterampilan yang dinilai. Pada rujukan di atas, keterampilan proses (penyiapan materi dan alat + pelaksanaan uji asam/basa) didiberi bobot lebih tinggi dibandingkan produknya (laporan).
Penilaian Proyek
Penilaian proyek yaitu suatu acara untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya melalui penyelesaian suatu kiprah dalam periode/waktu tertentu. Penilaian proyek sanggup dilakukan untuk mengukur satu atau beberapa KD dalam satu atau beberapa mata pelajaran.Tugas tersebut berupa rangkaian acara mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian data, pengolahan dan penyajian data, serta pelaporan.
Pada evaluasi proyek setidaknya ada 4 (empat) hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu:
- Pengelolaan. Kemampuan siswa dalam menentukan topik, mencari informasi, dan mengelola waktu pengumpulan data, serta penulisan laporan.
- Relevansi. Topik, data, dan produk sesuai dengan KD.
- Keaslia. Produk(misalnya laporan)yang dihasilkansiswa ialah hasil karyanya, dengan mempertimbangkan bantuan guru berupa petunjuk dan pemberian terhadap proyek siswa.
- Inovasi dan kreativitas. Hasil proyek siswa terdapat unsur-unsur kebaruan dan menemukan sesuatu yang tidak sama dari biasanya.
Berikut ini rujukan kisi-kisi, tugas, dan rubrik evaluasi proyek.
misal Kisi-KisiPenilaian Proyek
Nama Sekolah : SMP Jaya Bangsaku
Kelas/Semester : VII/Semester I
Tahun pelajaran : 2014/2015
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
No. | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Teknik Penilaian |
1. | 4.4 Membuat dan menyajikan posterperihal sel dan bagian-bagiannya | Sel | Siswa dapat: 1.Merencanakan pembuatan poster sel dan bagian-bagiannya 2.Merancang poster sel dan bagian-bagiannya 3.Menyusun dan mengatur warna poster sel dan bagian-bagiannya. 4.Memdiberikan label poster sesuai dengan konsep sel. 5.Menyusun laporan pembuatan poster sel dan bagian-bagiannya | Proyek |
Proyek:
Buatlah poster sel tumbuhan atau binatang tertentudengan memakai kertaskarton, pensil warna atau benda kecil di sekitarmu dengan memperhatikan hal-hal diberikut!
- Tentukan sel binatang atau tumbuhan yang akan dibentuk posternya;
- Dapatkan preparat sel hewan/tumbuhan yang sudah dipilih;
- Amati sel tersebut dengan memakai mikroskop;
- Gambarbentuk bagian-bagian sel sesuai bentuk dan warnanya sebagaimana terlihat di dalam mikroskop dan lengkapi rinciannya menurut gambar sel yang ditemukan pada buku referensi;
- Tunjukkan bagian-bagian sel dan tuliskan namanya;
- Tuliskan fungsi bagian-bagian sel pada gambar dengan memakai warnayang tidak sama; dan laporkan hasilnya secara verbal dan pajang poster kalian.
misal Rubrik Penskoran Proyek
Aspek yang Dinilai | Skor | ||||
0 | 1 | 2 | 3 | 4 | |
Kemampuan merencanakan | |||||
Kemampuan menggambar sel secara sempurna menurut hasil pengamatan pada mikroskop | |||||
Kemampuanmenggambar sel menurut referensi dan mempersembahkan label bagian-bagiansel. | |||||
Kemampuan menerangkanfungsibagian sel melalui presentasi. | |||||
Poster (Produk) | |||||
Skormaksimum | 15 |
Catatan:
Guru sanggup menetapkan bobot yang tidak sama-beda antara aspek satu dan lainnya pada penskoran (sebagaimana rujukan rubrik penskoran di atas) dengan memperhatikan karakteristik KD atau keterampilan yang dinilai.
Penilaian Portofolio
Seperti pada evaluasi pengetahuan, portofolio untuk evaluasi keterampilan ialah kumpulan sampel karya terbaik dari KD pada KI-4. Portofolio setiap siswa disimpan dalam suatu folder (map) dan didiberi tanggal pengumpulan oleh guru. Portofolio sanggup disimpan dalam bentuk cetakan dan/atau elektronik. Pada selesai suatu semesterkumpulan sampelkarya tersebut dipakai sebagai sebagian materi untuk mendeskripsikan pencapaian keterampilan secara deskriptif.Portofolio keterampilan tidak diskor lagi dengan angka.
Berikut yaitu rujukan ketentuan dalam evaluasi keterampilan dengan portofolio:
- Karya orisinil siswa;
- Karya yang dimasukkan dalam portofolio disahkan oleh siswa dan guru;
- Guru menjaga kerahasiaan portofolio;
- Guru dan siswa mempunyai rasa mempunyai terhadap dokumen portofolio;
- Karya yang dikumpulkan sesuai dengan KD. Setiap pembelajaran KD dari KI-4 berakhir, karya terbaik dari KD tersebut (bila ada)dimasukkan ke dalam portofolio.
Tag :
Evaluasi dan Penilaian
0 Komentar untuk "Penilaian Keterampilan Dalam Kurikulum 2013"