Langkah Pokok Evaluasi Hasil Belajar


Ada beberapa langkah pokok dalam melakukan hasil belajar:
A. Menyusun planning penilaian atau penilaian hasil belajar
Dalam merencanakan penilaian atau penilaian hasil belajar, Anda perlu melakukan setidaknya enam hal,
yaitu: 
  1. Merumuskan tujuan dilakuakan penilaian
  2. Memilih dan mentukan teknik yang akan digunakan. 
  3. Menyusun instrumen yang akan digunakan, 
  4. Menentukan metode penskoran jawabanan siswa
  5. Menentukan frekuensi dan durasi waktu evaluasi
  6. Mereviu kiprah lain

B. Menghimpun data
Dalam acara ini Anda sebagai guru sanggup memilih tes dengan memakai tes atau memilih teks non tes dengan melaksanakan pengamatan, wawancara atau angket. Ketika melakukan penilaian prestasi peserta didik, para guru harus memahamo situasi dan kondisi lingkungan fisik dan psikologi. Lingkungan fisik harus tenang dan nyaman. Selama proses penilaian berlangsung, guru juga harus memonitor jalannya penilaian dan memmenolong biar tiruana berjalan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. 

C. Melakukan verifikasi data
Verifikasi data perlu dilakukan biar kita sanggup memisahkan data yang baik, yaitu data yang akan memperjelas citra mengenai peserta didik yang sedang dievaluasi dari data yang kurang baik yaitu daya yang akan mengaburkan gambaran terkena penerima didik.

D. Mengolah data menganilisi data
Tujuan dari langkah ini yaitu memdiberi makna terhadap data yang sudah dihimpun. Agar data yang terhimpun tersebut bisa dimaknai, kita bisa memakai metode statistik dan/atau teknik non statistik menurut pada pertimbangan jenis data.

E. Melakukan penafsiran atau interpretasi dan menarikdanunik kesimpulan
Kegiatan ini intinya merupakan proses verbalisasi terhadap makna yang terkandung pada data yang sudah diolah dan dianalisi sehingga menghasilkan sejumlah kesimpulan. Kesimpulan-kesimpulan yang dibentuk tentu saja mengacu pada sejumlah tujuan yang sudah ditentukan di pertama.  

F. Menyimpan instrumen penilaian dan hasil penilaian
Langkah keenam ini memang perlu disampaikan disini untuk mengingat para guru, alasannya dengan demikian mereka sanggup menghemat sebagian waktunya untuk hal-hal yang lebih baik. melaluiataubersamaini disimpan instrumen, instrumen, lembar jawabanan siswa, termasuk banyak sekali catatan wacana upaya memperbaiki instrumen, sewaktu-waktu itu dibutuhkan. 

G. Menindaklanjuti hasil evaluasi
Berdasarkan data yang sudah dihimpun, diolah, dianalisi, dan disimpulkan maka Anda sebagai guru atau evaluator sanggup mengambil keputusan atau merumuskan kebijakan sebagai tindak lanjut kasatmata dari acara penilaian. melaluiataubersamaini demikian, seluruh kegiatan penilaian yang sudah dilakukan akan membawa banyak manfaat lantaran terjadi banyak sekali perubahan dan atau perbaikan.              
0 Komentar untuk "Langkah Pokok Evaluasi Hasil Belajar"

Back To Top