Pengertian penilaian secara luas ialah suatu proses memperoleh, merencanakan, dan menyediakan info yang sangat diharapkan untuk membuat alternatif-alternatif keputusan (Mehrens & Lehmann,
1978:5). Nah, dari pengertian tersebut sanggup diambil kesimpulan bahwa setiap kegiatan penilaian atau penilaian ialah suatu proses yang sengaja direncanakan untuk medapatkan info atau data, dan dengan berdasarkan data tersebut lalu akan di coba untuk membuat suatu keputusan.
1978:5). Nah, dari pengertian tersebut sanggup diambil kesimpulan bahwa setiap kegiatan penilaian atau penilaian ialah suatu proses yang sengaja direncanakan untuk medapatkan info atau data, dan dengan berdasarkan data tersebut lalu akan di coba untuk membuat suatu keputusan.
Tentunya info atau data yang di kumpulkan tersebut haruslah data yang sudah sesuai untuk mendukung tujuan dari penilaian yang sudah di rencanakan tersebut. Ada aneka macam contoh-contoh penilaian yang terdapat di dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahkan tanpa kita sadari dalam kehidupan sehari-hari sudah aneka macam kita melaksanakan kegiatan evaluasi, oleh alasannya ialah itu kegiatan penilaian ialah bab yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita.
Sedangkan pengertian penilaian pendidikan berdasarkan Norman E. Gronlund (1976) ialah “Evaluation… a systematic process of determining the extent to which instructional objectives are achieved pupils” yang artinya penilaian ialah suatu proses secara sistematis yang berkhasiat untuk memilih atau membuat keputusan yang sanggup dijadikan indikator untuk mengetahui sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran yang sudah dijalankan untuk memilih atau membuat keputusan hingga sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran sudah dicapai oleh siswa. Dan berdasarkan Wrightstone dan kawan-kawan (1956: 16) mempunyai maksud yang sama dengan di atas namun kata – katanya saja yang tidak sama, mereka menyampaikan bahwa “Educational evaluation is the estimation of i’owih and progress of pupils toward objectives or values in the curriculum.” Maksudnya dari Wrightstone dan kawan-kawan ialah pendidikan ialah taksiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan siswa ke arah tujuan-tujuan atau nilainilai yang sudah di menetapkan di dalam kurikulum.
Ada pun fungsi penilaian pendidikan di bagi ke dalam 4 kelompok fungsi :
- Untuk mengetahui perkembangan dan kemajuan serta keberhasilan bagi para siswa sehabis mengalami atau menjalani kegiatan berguru selama jangka waktu tertentu.
- Untuk mengetahui tingkat keberhasilan kegiatan pengajaran yang sudah di jalankan.
- Untuk keperluan BK atau Bimbingan dan Konseling pada para siswa.
- Untuk keperluan dalam perbaikan dan pengembangan kurikulum sekolah yang bersangkutan tersebut.
Tag :
Evaluasi dan Penilaian
0 Komentar untuk "Pengertian Penilaian Pendidikan"