- Samasukan: keterampilan memakai bahasa Inggris secara produktif, ibarat memajang tulisan, presentasi, membacakan, dan sebagainya secara bermakna dan otentik atau mendekati otentik.
- Peserta didik memperagakan proses berfikir tingkat tinggi, dan mandiri.
- Penilaian bukan spesialuntuk pada produk tetapi juga pada proses.
- Kedalaman lebih penting daripada keluasan.
- Dapat diintegrasikan dengan penilaian observasi, penilaian diri dan penilaian sejawat.
Pengataman:
- Samasukan: keterampilan memakai bahasa Inggris secara produktif seperti: bertanya-jawaban, bermain peran, simulasi, melaksanakan monolog, presentasi, menyunting teks, menulis teks.
- Perserta didi diperagakan proses berfikir tingkat tinggi, dan mandiri.
- Penilaian bukan spesialuntuk pada produk tetapi juga pada proses.
- Kedalam lebih penting daripada keluasan.
- Dapat diintegrasikan dengan penilaian observasi, penilaian diri dan penilaian sejawat.
Portofolio:
- Samasukan: menilai ketekunan, minat, kemajuan, dan keberhasilan dalam mencar ilmu melaksanakan banyak acara dengan bahasa Inggris.
- Kumpulan pekerjaan akseptor didik yang mendukung proses belajar, antara lain laporan kemajuan, jadwal kerja, outline proyek, jurnal,buku harian, dan sebagainya.
- Kumpulan karya akseptor didik yang mencerminkan hasil atau capaian belajar, antara lain teks yang disalin, diringkas, dibentuk sendiri, yang sudah dibaca, foto, video, clipping, dan sebagainya.
- Kumpulan hasil tes, ujian, nilai, dan tes.
- Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, yang beruapa komentar, checklist, dan penilaian.
Penilaian Diri:
- Samasukan: proses atau hasil belajar.
- Aspek keterampilan khusus atau penilaian secara umum.
- Penilaian metakognitif,untuk meningkatkan kualitas belajar.
- Bentuk: diary, jurnal, format khusus, ynag berupa: komentar, checlist, dan penilaian.
- Peserta didik didiberikan petes sebelum dituntut untuk melaksanakannya.
Penilaian Sejawat:
- Bentuk format khusus, komentar dan bentuk penilaian lain.
UTS
UAS
Disadur dari: Buku Guru Bahasa Inggris VII Kurikulum 2013
Tag :
Evaluasi dan Penilaian
0 Komentar untuk "Penilaian Bahasa Inggris Kurikulum 2013"