Penilaian Bahasa Inggris Kurikulum 2013

Ada beberapa bentuk penilaian yang dilakukan oleh guru dalam proses mencar ilmu mengajar bahasa Inggris sesuai dengan kurikulum 2013. Berikut ini Pak Guru mencoba menguraikan sedikit wacana Model Penilaiab Pembelajaran Bahasa Inggris: 

Unjuk Kerja: 
  • Samasukan: keterampilan memakai bahasa Inggris secara produktif, ibarat memajang tulisan, presentasi, membacakan, dan sebagainya secara bermakna dan otentik atau mendekati otentik. 
  • Peserta didik memperagakan proses berfikir tingkat tinggi, dan mandiri. 
  • Penilaian bukan spesialuntuk pada produk tetapi juga pada proses. 
  • Kedalaman lebih penting daripada keluasan.
  • Dapat diintegrasikan dengan penilaian observasi, penilaian diri dan penilaian sejawat. 
Pengataman:
  • Samasukan: keterampilan memakai bahasa Inggris secara produktif seperti: bertanya-jawaban, bermain peran, simulasi, melaksanakan monolog, presentasi, menyunting teks, menulis teks. 
  • Perserta didi diperagakan proses berfikir tingkat tinggi, dan mandiri. 
  • Penilaian bukan spesialuntuk pada produk tetapi juga pada proses.
  • Kedalam lebih penting daripada keluasan. 
  • Dapat diintegrasikan dengan penilaian observasi, penilaian diri dan penilaian sejawat. 
Portofolio:
  • Samasukan: menilai ketekunan, minat, kemajuan, dan keberhasilan dalam mencar ilmu melaksanakan banyak acara dengan bahasa Inggris. 
  • Kumpulan pekerjaan akseptor didik yang mendukung proses belajar, antara lain laporan kemajuan, jadwal kerja, outline proyek, jurnal,buku harian, dan sebagainya. 
  • Kumpulan karya akseptor didik yang mencerminkan hasil atau capaian belajar, antara lain teks yang disalin, diringkas, dibentuk sendiri, yang sudah dibaca, foto, video, clipping, dan sebagainya. 
  • Kumpulan hasil tes, ujian, nilai, dan tes. 
  • Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, yang beruapa komentar, checklist, dan penilaian. 
 Penilaian Diri: 
  • Samasukan: proses atau hasil belajar. 
  • Aspek keterampilan khusus atau penilaian secara umum. 
  • Penilaian metakognitif,untuk meningkatkan kualitas belajar. 
  • Bentuk: diary, jurnal, format khusus, ynag berupa: komentar, checlist, dan penilaian. 
  • Peserta didik didiberikan petes sebelum dituntut untuk melaksanakannya. 
 Penilaian Sejawat: 
  • Bentuk format khusus, komentar dan bentuk penilaian lain. 
UTS
UAS
Disadur dari: Buku Guru Bahasa Inggris VII Kurikulum 2013  
0 Komentar untuk "Penilaian Bahasa Inggris Kurikulum 2013"

Back To Top