Fungsi Evaluasi
Fungsi penilaian tergantung dari sudut mana kita melihatnya. Secara umum, fungsi penilaian yaitu sebagai diberikut:
- Secara psikologis, akseptor didik butuh untuk mengetahui sejauh mana kegiatan yang dilakukan
- Secara sosiologis, penilaian berfungsi untuk mengetahui apakah akseptor didik sudah cukup bisa untuk terjun kemasyarakat
- Secara Diktatis-metodis, penilaian berfungsi untuk memmenolong guru dalam menempatkanpeserta didik pada kelompok tertentu, sesuai kemampuan dan kecakapan masing-masing
- Evaluasi berfungsi untuk mengetahui taraf kesiapan akseptor didik untuk menempuh kegiatan pendidikannya
- Secara administratif, penilaian berfungsi sebagai materi untuk mempersembahkan laporan wacana kemajuan akseptor didik kepada orang tua, pejabat pemerintah yang berwenang, kepala sekolah, guru-guru, dan akseptor didik itu sendiri.
Tujuan Evaluasi:
- Menentukan kemajuan atau hasil berguru pada siswa, yang berfungsi sebagai: a). laporan kepada orang renta atau wali siswa, b). penentuan kenaikan kelas, c). penentuan kelulusan siswa.
- Penempatan siswa kedalam situasi berguru mengajar yang sempurna harmonis dengan tingkat kemampuan, minat dan banyak sekali karakteristik yang dimiliki.
- Mengenal latar belakang siswa baik psikologis, fisik dan lingkungan, yang berkhasiat baik bagi penempatan dan penentuan sebab-sebab kesusahan berguru bagi siswa, yakni sebagai masukan bagi kiprah bimbingan dan penyuluhan.
- Sebagai umpan balik pada guru yang pada gilirannya sanggup dipakai untuk memperbaiki proses berguru mengajar dan kegiatan remedial bagi siswa
- Mendiskripsikan memampuan berguru siswa
- Mengetahui tingkat keberhasilan PBM
- Menentukan tindak lanjut hasil penilaian
- Mediberikan pertanggungjawabanan (accountability)
Tag :
Evaluasi dan Penilaian
0 Komentar untuk "Fungsi Dan Tujuan Evaluasi"