Ada banyak model yang sanggup kita gunakan sebagai materi pertimbangan dalam memanfaatkan media. Salah satu model dalam merencanakan dan memanfaatkan media yaitu model yang disingkat menjadi model “ASSURE”.
Model ASSURE ialah kependekan dari:
A = Analisis Karakteristik Siswa.
S = Sebutkan Kompetensi.
S = Sebutkan Metode-Media-Materi.
U = Upayakan Gunakan Metode Media Bahan.
R = Rancang Bentuk Partisipasi Siswa.
E = Evaluasi.
Model ini diperkenalkan oleh Heinich, dkk. (1996) di mana dalam model ini terdapat beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memakai media pembelajaran tertentu, yaitu:
1.A-(Analisis Karakteristik/Ciri-ciri Siswa)
Dalam tahap ini Anda perlu mempertimbangkan siapa siswa yang akan Anda hadapi? Apakah mereka siswa kelas 1, 2 atau kelas 5? Secara umum, Anda perlu mengetahui bagaimana citra umum dari siswa Anda.
Dari segi karakteristik siswa, ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan, yaitu:
Dari segi karakteristik siswa, ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan, yaitu:
a.Kemampuan pertama siswa: Sebagai guru, Anda perlu mengetahui kemampuan pertama siswa Anda.
b.Gaya mencar ilmu siswa: Siswa mempunyai kecenderungan gaya mencar ilmu yang tidak sama-beda. Gardner mengambarkan terdapat 7 gaya mencar ilmu yaitu ialah kemampuan berbahasa/verbal, kemampuan berhitung/logika matematika, kemampuan mengeksplorasi ruang/visual-spatial, kemampuan bermusik, kemampuan melaksanakan gerak menyerupai tari dan olahraga/kinestetik, kemampuan memahami orang lain/interpersonal dan kemampuan memahami diri sendiri/intrapersonal (Gardner, 1993).
2.S-(Sebutkan Kompetensi)
Tujuan pembelajaran atau yang kini dikenal dengan istilah kompetensi pembelajaran, sangat menentukan jenis media apa yang sesuai untuk Anda gunakan.
3. S-(Sebutkan Metode – Media – Materi)
Sesudah Anda menentukan kompetensi atau tujuan pembelajaran yang akan dicapai, acara selanjutnya ialah Anda diminta untuk menentukan metode, media dan materi pembelajaran yang akan Anda terapkan. Pemanfaatan suatu media pembelajaran tidak sanggup dipisahkan dari penerapan metode pembelajaran tertentu dan materi yang akan dipelajari siswa. Penggunaan suatu media dalam pembelajaran tatap muka, perlu diikuti dengan penerapan metode yang sesuai. Anda sanggup menentukan banyak sekali media baik yang sudah ada maupun media yang sanggup dibentuk terlebih lampau. Jenis media yang sanggup Anda gunakan mulai dari gambar membisu (foto, teks, poster), gambar bergerak (video, televisi), media berbasis komputer, audio (kaset dan radio). Mengenai materi pembelajaran, Anda sanggup mencari materi yang relevan dari banyak sekali sumber.
4. U- (Upayakan Gunakan Metode-Media-Bahan)
Sesudah merancang metode–media–materi, laksanakan acara pembelajaran dengan metode, media dan materi yang sudah diputuskan. Dalam tabel diberikut, Anda sanggup mempelajari kaitan antara tingkat partisipasi siswa dalam pembelajaran dengan metode pembelajaran:
Metode | Tingkat Partisipasi | ||
Rendah | Sedang | Tinggi | |
Ceramah | Ö | ||
Demonstrasi | Ö | ||
Diskusi | Ö | ||
Debat | Ö | ||
Tanya Jawab | Ö | ||
Seminar | Ö | ||
Laboratorium/Praktik | Ö | ||
Workshop | Ö | ||
Permainan | Ö | ||
Sumbang Saran | Ö | ||
Kunjungan Lapangan | Ö | Ö | |
Bermain Peran | Ö | ||
Simulasi | Ö | ||
Studi Kasus | Ö | ||
Proyek | Ö | ||
Tugas | Ö |
Sumber: Reece & Walker, 2000.
Sesudah menentukan metode pembelajaran, kemudian bagaimana dengan media pembelajarannya? Media apa yang sempurna untuk digunakan? Mari perhatikan tabel diberikut!
Tabel 2.1
Jenis Media | Info Faktual | Pengenalan Visual | Prinsip Konsep | Prosedur | Umpan Balik | Sikap |
Gambar Diam | Sedang | Tinggi | Sedang | Sedang | Rendah | Rendah |
Televisi | Sedang | Sedang | Tinggi | Sedang | Rendah | Sedang |
Objek 3 Dimensi | Rendah | Tinggi | Rendah | Rendah | Rendah | Rendah |
Rekaman Audio | Sedang | Rendah | Rendah | Sedang | Rendah | Sedang |
Demonstrasi | Sedang | Sedang | Rendah | Tinggi | Sedang | Sedang |
Bahan Cetak | Sedang | Rendah | Sedang | Sedang | Rendah | Sedang |
Sumber: Bretz, 1971
5. R- (Rancang Bentuk Partisipasi Siswa)
Melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran ialah inti supaya siswa mencicipi sendiri proses mencar ilmu yang dilaluinya. Untuk itu, guru perlu mempersiapkan dengan cermat beberapa hal diberikut.
* Bahan yang akan disajikan.
* Siapkan kelas.
* Siapkan siswa.
* Berikan pengalaman mencar ilmu yang sesuai.
6. E-(Evaluasi)
Komponen terakhir yang perlu Anda lakukan untuk memakai dan memanfaatkan media ialah melaksanakan penilaian terhadap proses yang sudah Anda lakukan. Ada dua jenis penilaian yang sanggup Anda lakukan:
a. Evaluasi Hasil Belajar. Evaluasi atau penilaian hasil mencar ilmu ditujukan untuk melihat kemajuan atau hasil yang diperoleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran.
b. Evaluasi Media dan Metode Pembelajaran. Sesudah Anda menilai hasil mencar ilmu siswa, selanjutnya Anda juga perlu mengevaluasi apakah media dan metode pembelajaran yang Anda gunakan memmenolong siswa mencapai kompetensi mencar ilmu yang sudah diputuskan.
Sumber: Materi Kuliah UT Media Pembelajaran
Tag :
Pembelajaran
0 Komentar untuk "Media Pembelajaran Model Assure"