Pembelajaran yakni proses interaksi antarpeserta didik, antara penerima didik dan pendidik, dan antara penerima dan sumber berguru lainnya pada suatu lingkungan berguru yang berlangsung secara edukatif, semoga penerima didik sanggup membangun sikap, pengetahuan dan keterampilannya untuk mencapai tujuan yang sudah diputuskan. Proses pembelajaran ialah suatu proses yang mengandung serangkaian acara mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai penilaian.
Prinsi-prinsip pembelajaran meliputi:
- peserta didik difasilitasi untuk mencari tahu,
- peserta didik berguru dari banyak sekali sumber belajar,
- proses pembelajaraan memakai pendekatan ilmiah,
- pembelajaran berbasis kompetensi,
- pembelajaran terpadu,
- pembelajaran yang menekankan pada jawabanan divergen yang mempunyai kebenaran multi dimensi,
- pembelajaran berbasis keterampilan aplikatif,
- peningkatan keseimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antara hard-skills dan soft-skills,
- pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan penerima didik sebagai pembelajar sepanjang hayat,
- pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memdiberiketeladanan (ingngarso sung tulodo), membangun kemauan (ingmadyomangunkarso), dan menyebarkan kreativitas pesertadidik dalam proses pembelajaran (tut wurihandayani),
- pembelajaran yang berlangsung di rumah, di sekolah, dan di masyarakat,
- memanfaatkan teknologi warta dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran,
- pengakuan atas perbedaan individual dan latar belakang budaya penerima didik, dan
- suasana berguru sangat senang dan menantang.
Sumber: Bahan Petes Kurikulum 2013 Tahun 2016
Tag :
Pembelajaran
0 Komentar untuk "Pembelajaran Dan Prinsip Pembelajaran"