Ciri Dan Model Dan Pembelajaran

Model pembelajaran yaitu kerangka konseptual yang dipakai sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran yang disusun secara sistematis untuk mencapai tujuan berguru yang menyangkut sintaksis, sistem sosial, prinsip reaksi dan sistem pendukung (Joice&Wells). Sedangkan berdasarkan Arends dalam Trianto, menyampaikan “model pembelajaran yaitu suatu perencanaan atau suatu teladan yang dipakai sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas.
Model pembelajaran mengacu pada pendekatan pembelajaran yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pengajaran, tahap-tahap dalam acara pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan kelas. 

Tujuan penerapan model pembelajaran sebagai seni administrasi bagaimana pembelajaran yang dilaksanakan sanggup memmenolong penerima didik menyebarkan dirinya baik berupa informasi, gagasan, keterampilan nilai dan cara-cara berpikir dalam meningkatkan kapasitas berpikir secara jernih, bijaksana dan membangun keterampilan sosial serta janji (Joice& Wells).

Model pembelajaran memiliki empat ciri khusus yaitu:
  1. Rasional teoretis logis yang disusun oleh para pencipta atau pengembangnya. Model pembelajaran memiliki teori berfikir yang masuk akal. Maksudnya para pencipta atau pengembang membuat teori dengan mempertimbangkan teorinya dengan kenyataan bahwasanya serta tidak secara fiktif dalam membuat dan mengembangankannya.
  2. Landasan pemikiran wacana apa dan bagaimana siswa berguru (tujuan pembelajaran yang akan dicapai). Model pembelajaran memiliki tujuan yang terang wacana apa yang akan dicapai, termasuk di dalamnya apa dan bagaimana siswa berguru dengan baik serta cara memecahkan suatu persoalan pembelajaran. 
  3. Tingkah laris mengajar yang diharapkan semoga model tersebut sanggup dilaksanakan dengan berhasil. Model pembelajaran memiliki tingkah laris mengajar yang diharapkan sehingga apa yang menjadi harapan mengajar selama ini sanggup berhasil dalam pelaksanaannya.
  4. Lingkungan berguru yang diharapkan semoga tujuan pembelajaran itu sanggup tercapai. Model pembelajaran memiliki lingkungan berguru yang aman serta nyaman, sehingga suasana berguru sanggup menjadi salah satu aspek penunjang apa yang selama ini menjadi tujuan pembelajaran.  (Trianto, 2010)
Memilih atau memilih model pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kondisi Kompetensi Dasar (KD), tujuan yang akan dicapai dalam pengajaran, sifat dari bahan yang akan diajarkan, dantingkat kemampuan penerima didik. Di samping itu, setiap model pembelajaran memiliki tahap-tahap (sintaks) yang sanggup dilakukan siswa dengan bimbingan guru. pembelajaran dengan pendekatan saintifik sebagaimana yang diterapkan pada kurikulum 2013, sebaiknya dipadukan secara sinkron langkah/tahapan kerja
Sumber: Materi Petes Kurikulum 2013 Tahun 2016
Tag : Pembelajaran
0 Komentar untuk "Ciri Dan Model Dan Pembelajaran"

Back To Top