Propaganda berarti penyebaran ide, informasi atau pernyataan yang mendalam untuk tujuan tertentu.
Propaganda sanggup dipakai pada bidang politik, sosial atau perdagangan. Dalam bidang politik, partai-partai politik selama masa kampanye memakai propaganda sebagai alat untuk menarikdanunik massa supaya tertarik pada agenda partai mereka.
Dalam bidang perdagangan/bisnis, propaganda dihubungkan dengan konsumerisme yang bekerjasama dengan barang-barang kebutuhan masyarakat sehari-hari. Ekonomi dan perdagangan mensugesti kehidupan masyarakat melalui media-media yang sanggup dipakai untk melaksanakan propaganda menyerupai televisi, radio , majalah, koran dan lain sebagainya.
Sedangkan dalam bidang sosial kemasyarakatan, propaganda sanggup berbentuk promosi atau anjuran, contohnya ihwal kepedulian lingkungan, AIDS, hak-hak perempuan dalam bekerja, ancaman narkoba, keluarga berencana, agenda keamanan social dan lain-lain.
misal propaganda:
MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN
• Glittering Generalities
Glitter yakni istilah untuk kata-kata yang dipakai untuk menarikdanunik rasa simpati, cinta, kasih akung, persaudaraan orang-orang terhadap duduk masalah –masalah menyerupai penyakit berbahaya, penerapan produk yang berasal dari binatang, kepedulian lingkungan, kepunahan spesies tertentu, dan sebagainya. Rasa solidaritas ini sanggup berbentuk pengumpulan dana yang dilakukan dalam banyak sekali bentuk kegiatan. Untuk menarikdanunik simpati orang, kita seharusnya mengungkapkan apa yang sedang terjadi dan memperbaiki apa yang salah.
misal:
"Have a regular partner
Wear condoms, avoid AIDS"
• Transfer
Transfer dalam bidang periklanan mencakup wewenang, sangsi, martabat/gengsi dari hal-hal yang kita hormati. Misalnya; gambar sebuah masjid dilarang kita gunakan untuk suatu candaan. Ini yang dinamakn tabu
.
Tabu yakni suatu larangan atau hal yang perlu dihindari alasannya sanggup mengakibatkan keresahan masyarakat jikalau hal ini dilakukan apalagi yang bekerjasama dengan SARA. Oleh alasannya itu jikalau kita ingin membuat sebuah iklan, kita harus mempertimbangkan hal-hal apa saja yang ditabukan dari lingkungan yang menjadi obyek dari iklan yang akan dibentuk tersebut.
• Testimonial
Testimonial adalah pernyataan atau ungkapan penghargaan terhadap seseorang atau sesuatu. Ungkapan penghargaan terhadap akademik seseorang misalnya, sanggup terlihat dari kefokusan dalam hidupnya, pengalaman dalam bidang yang digelutinya, manfaat/harapan bagi kehidupan dan masa depan, dan di instansi mana ia bergabung.
Testimonial dalam iklan-iklan produk kecantikan yang menampilkan orang-orang populer bertujuan untuk menarikdanunik minat orang supaya mengikutinya. Testimonial juga bertujuan untuk mendapat data untuk penelitian yang dilakukan yang bekerjasama dengan produk tersebut. Pemilihan model iklan juga dilakukan melalui pertimbangan dan penelitian terhadap musim apa yang sedang disukai masyarakat dan cita rasa mereka terhadap hal tertentu dan produk berkarakter tinggi.
misal:
L’ O R É A L
“I want more than a simple anti-wrinkle cream.”
Andie MacDowell
PLÉNNITUDE
REVITALIFT INNOVASION
Tag :
Bahasa dan Ilmu Bahasa
0 Komentar untuk "Propoganda Devices"