Penilaian pengetahuan ialah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui penguasaan siswa yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, maupun prosedural serta kecakapan berpikir tingkat rendah
hingga tinggi. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan banyak sekali metode penilaian. Guru menentukan metode penilaian yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan dinilai. Penilaian dimulai dengan perencanaan yang dilakukan pada ketika menyusun planning pelaksanaan pembelajaran (RPP).
hingga tinggi. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan banyak sekali metode penilaian. Guru menentukan metode penilaian yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan dinilai. Penilaian dimulai dengan perencanaan yang dilakukan pada ketika menyusun planning pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Penilaian pengetahuan,selain untuk mengetahui apakah siswa sudahmencapai ketuntasan mencar ilmu (mastery learning), juga untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan penguasaan pengetahuan siswa dalam proses pembelajaran (diagnostic). Untuk itu, pemdiberian umpan balik (feedback) kepada siswa dan guru ialah hal yang sangat penting, sehingga hasil penilaian sanggup segera dipakai untuk perbaikan mutu pembelajaran. Hasil penilaian pengetahuanyang dilakukanselama dan setelah proses pembelajaran ditetapkan dalam bentukangka dengan rentang 0-100.
Teknik Penilaian
Berbagai metode penilaian pengetahuan sanggup dipakai sesuai dengan karakteristik masing-masing KD. Teknik yang biasa dipakai antara lain tes tertulis, tes lisan, penugasan, dan portofolio. Teknik-metode penilaian pengetahuan yang biasa dipakai disajikan dalam tabel diberikut.
Teknik Peniaian Pengetahuan
Teknik | Bentuk Instrumen | Tujuan |
Tes Tertulis | Benar-Salah, Menjodohkan, Pilihan Ganda, Isian/Melengkapi, Uraian | Mengetahui penguasaan pengetahuan siswa untuk perbaikan proses pembelajaran dan/atau pengambilan nilai |
Tes Lisan | Tanya jawaban | Mengecek pemahaman siswa untuk perbaikan proses pembelajaran |
Penugasan | Tugas yang dilakukan secara individu maupun kelompok | Memfasilitasi penguasaan pengetahuan (bila didiberikan selama proses pembelajaran) atau mengetahui penguasaan pengetahuan (bila didiberikan pada selesai pembelajaran) |
Portofolio | Sampel pekerjaan siswa terbaik yang diperoleh dari penugasan dan tes tertulis | Sebagai (sebagian) materi guru mendeskripsikan capaian pengetahuan di selesai semester |
Baca juga klarifikasi Teknik Penilaian Tertulis, Tes Lisan, Penugasan dan Potofolio
Tag :
Evaluasi dan Penilaian
0 Komentar untuk "Penilaian Pengetahuan Pada Kurikulum 2013"