Pelaksanaan Evaluasi Dalam Kurikulum 2013

Pelaksanaan Penilaian Penilaian Sikap Spritual
Penilaian sikap spiritual dilakukan secara terus-menerus selama satu semester. Penilaian sikap spiritual di dalam kelas dilakukan oleh guru mata pelajaran. Perkembangan sikap siswa di luar jam pelajaran
diikuti oleh wali kelas dan guru BK. Guru mata pelajaran, guru BK, dan wali kelas mengikuti perkembangan sikap spiritual dan mencatat sikap siswa yang sangat baik atau kurang baik dalam jurnal segera setelah sikap tersebut teramati atau mendapatkan laporan wacana sikap siswa.

Pelaksanaan Penilaian Penilaian Sikap Sosial
Seperti pelaksanaan peniaian sikap spiritual, penilaian sikap sosial dilakukan secara terus-menerus selama satu semester. Penilaian sikap sosial di dalam kelas dilakukan oleh guru mata pelajaran. Perkembangan sikap siswa di luar jam pelajaran diikuti dan dicatat wali kelas dan guru BK. Guru mata pelajaran, guru BK, dan wali kelas mencatat sikap (sikap sosial) siswa yang sangat baik atau kurang baik dalam jurnal segera setelah sikap tersebut teramati atau mendapatkan laporan wacana sikap tersebut.

sepertiyang disebutkan di depan, apabila seorang siswa mempunyai catatan sikap yang kurang baik, kalau pada peluang lain siswa tersebut sudah mengatakan perkembangan sikap (menuju atau konsisten) baik pada aspek atau indikator sikap yang dimaksud, maka di dalam jurnal harus ditulis bahwa sikap siswa tersebut sudah (menuju atau konsisten) baik atau bahkan sangat baik. melaluiataubersamaini demikian, untuk siswa yang punya catatan kurang baik, yang dicatat dalam jurnal tidak terbatas pada sikap kurang baik dan sangat baik, tetapi juga setiap perkembangan sikap menuju sikap yang diharapkan.

Pelaksanaan Penilaian Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan untuk menilai proses dan hasil mencar ilmu siswa. Penilaian tersebut dilakukan selama acara mencar ilmu mengajar (KBM) sedang berlangsung, ulangan harian (UH), ulangan tengah semester (UTS), dan ulangan selesai semester (UAS). Selama KBM berlangsung, penilaian sanggup dilakukan dengan pertanyaan insidental yang disampaikan secara verbal dan penugasan. Baik pertanyaan verbal maupun penugasan selama KBM berlangsung  didiberikan untuk mengecek pemahaman siswa dan/atau untuk memmenolong siswa memperoleh pengetahuan. Sementara itu, UHdapat dilakukan dengan tes tertulisdan/atau penugasan. Sampel pekerjaan siswa dari ter tertulis dan/atau penugasan dikumpulkan dalam portofolio. Cakupan UH mencakup satu KD atau lebih, sedangkan cakupan penugasan diadaptasi dengan karakteristik kompetensi dasar.

Ulangan tengah semester (UTS) dan UASpada umumnya dilakukan melalui tes tertulis. Ulangan tengah semester (UTS) ialah acara penilaian yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar mata pelajaran setelah acara pembelajaran berlangsung 8-9 minggu. Cakupan UTS mencakup seluruh KD pada periode tersebut. Ulangan selesai semester (UAS) ialah acara penilaian yang dilakukan untuk mengukur pencapaian KD mata pelajaran di selesai semester. Cakupan UAS mencakup seluruh KD pada satu semester.

Pelaksanaan Penilaian Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan melalui metode penilaiankinerja, penilaian proyek, dan penilaian portofolio yang dilaksanakan setelah pembelajaransatu atau beberapa KD dari KI-4. Teknik penilaian yang digunakan untuk setiap KD bergantung pada karakteristik KD.

Penilaian Kinerja
Penilaian kinerja dilakukan menurut tuntutan KD, dan sanggup dilakukan untuk satu atau beberapa KD. Beberapa langkah dalam melaksanakan penilaian kinerjameliputi:
  • mempersembahkan kiprah secara rinci;
  • menerangkanaspekdan rubrik penilaian;
  • melaksanakan penilaian sebelum, selama, dan setelah siswa melaksanakan tugas;
  • mendokumentasikan hasil penilaian. 
Penilaian proyek
Penilaianproyekdilakukanuntuk satu atau beberapa KD pada satu mata pelajaran atau lintas mata pelajaran. Beberapa langkah dalam melaksanakan penilaian proyek:
  • mempersembahkan kiprah secara rinci;
  • menerangkanaspek dan rubrik penilaian;
  • melaksanakan penilaian yang mencakup persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan;
  • mendokumentasikan hasil penilaian.
Penilaian portofolio
Penilaianportofolio pada keterampilan dilakukanuntukmengetahui perkembangan danmendeskripsikan capaian keterampilan dalam satu semester. Beberapa langkah dalam melaksanakan penilaian portofolio:
  • mendokumentasikan sampel karya terbaik dari setiap KD pada KI-4 baik hasil dari kerja individu maupun kelompok (hasil kerja kelompok sanggup dikopi/diduplikasi/difoto untuk masing-masing anggota kelompok);
  • mendeskripsikan keterampilan siswa berdasarkanportofolio  secara keseluruhan;
  • mempersembahkan umpan balik kepada siswa untuk peningkatan capaian kompetensi.
Catatan: Deskripsi capaian keterampilan pada rapor intinya dirumuskan menurut portofolio. Namun demikian, apabila KD tertentu tidak mempunyai sampel karya dalam portofolio alasannya yakni metode penilaian yang digunakan spesialuntuk menghasilkan nilai dalam bentuk angka, nilai angka KD tersebut dicatat dalam portofolio. Nilai (angka) tersebut digunakan sebagai data dalam mendeskripsikan capaian keterampilan pada selesai semester pada KD tersebut.
0 Komentar untuk "Pelaksanaan Evaluasi Dalam Kurikulum 2013"

Back To Top