Langkah-langkah untuk membuat deskripsi nilai/perkembangan sikap selama satu semester:
- Wali kelas, guru mata pelajaran, danguru BK masing-masing mengelompokkan(menandai) catatan-catatan sikap jurnal yang dibuatnya ke dalam sikap spiritual dan sikap sosial.
- Wali kelas, guru mata pelajaran, dan guru BK masing-masing membuat rumusandeskripsi singkatsikap spiritual dan sikap sosial berdasarkancatatan-catatanjurnal untuk setiap siswa.
- Wali kelas mengumpulkan deskripsi singkat sikap dari guru mata pelajaran dan guru BK. melaluiataubersamaini memperhatikan deskripsi singkat sikap spiritual dan sosial dari guru mata pelajaran, guru BK, dan wali kelas yang bersangkutan, wali kelas menyimpulkan (merumuskan deskripsi) capaian sikap spiritual dan sosial setiap siswa.
Berikut yakni rambu-rambu rumusan deskripsi perkembangan sikap selama satu semester:
- Deskripsi sikap memakai kalimat yang bersifat memotivasi dengan pilihan kata/frasa yang bernada positif. Hindari frasa yang bermakna kontras, misalnya: ... tetapi masih perlu peningkatan dalam ... atau ... namun masih perlu bimbingan dalam hal ...
- Deskripsi sikap sebut perkembangan sikap/perilaku siswa yang sangat baik dan/atau baik dan yang mulai/sedang berkembang.
- Apabila siswa tidak ada catatan apapun dalam jurnal, sikap siswa tersebut diasumsikan BAIK.
- melaluiataubersamaini ketentuan bahwa sikap dikembangkan selama satu semester, deskripsi nilai/perkembangan sikap siswa didasarkan pada sikap siswa pada masa final semester. Oleh alasannya yakni itu, sebelum deskripsi sikap final semester dirumuskan, guru mata pelajaran, guru BK, dan wali kelas harus menyidik jurnal secara keseluruhan sampai final semester untuk melihat apakah sudah ada catatan yang mengatakan bahwa sikap siswa tersebut sudah menjadi sangat baik, baik, atau mulai berkembang.
- Apabila siswa mempunyai catatan sikap KURANG baik dalam jurnal dan siswa tersebut belum mengatakan adanya perkembangan positif, deskripsi sikap siswa tersebut dirapatkan dalam rapat dewan guru pada final semester.
Berikut yakni referensi rumusan deskripsi capaian sikap spiritual dan sosial:
Sikap spiritual:
Rumonang:
Selalubersyukur, selalu berdoa sebelum melaksanakan kegiatan,dantoleran pada pemelukagama yang tidak sama; ketaatan diberibadah mulai berkembang.
Sikap sosial:
Rumonang:
Sangat santun, peduli, dan percaya diri; kejujuran, kedisiplinan, dan tanggungjawaban meningkat.
Tag :
Evaluasi dan Penilaian
0 Komentar untuk "Pengolahan Hasil Evaluasi Perilaku Spiritual Dan Sosial Dalam Kurikulum 2013"