Contoh Rubrik Evaluasi Keterampilan Pada Kurikulum 2013

Penilaian keterampilan sanggup dilakukan dengan banyak sekali metode, antara lain penilaian kinerja, penilaian proyek, dan penilaian portofolio. Berikut contoh rubrik penilaian keterampilan.
misal Rubrik Penilaian Kinerja
No
Indikator
Rubrik
1.
Menyiapkan alat dan bahan
2 =  Menyiapkan seluruh alat dan materi yang diperlukan.
1 = Menyiapakan sebagian alat dan materi yang diperlukan.
0 =  Tidak menyiapkan alat  bahan

Melakukan uji asam/basa
4 = Melakukan empat langkah kerja dengan tepat.
3 = Melakukan tiga langkah kerja dengan tepat.
2 = Melakukan dua langkah kerja dengan tepat.
1 = Melakukan satu langkah kerja dengan tepat.
0 =  Tidak melaksanakan langkah kerja.

Langkah kerja:
Mengambil larutan uji yang akan ditentukan jenis asam/basanya dengan pipet
Meneteskan larutan pada kertas lakmus yang ditaruh di atas pelat tetes
Mengamati perubahan warna pada kertas lakmus
Mencatat perubahan warna pada kertas lakmus
3
Membuat laporan
3 =  Memenuhi 3 kriteria
2 = Memenuhi 2 kriteria
1 =  Memenuhi 1 kriteria
0 =  Tidak memenuhi kriteria

Kriteria laporan:
Memenuhi sistematika laporan (judul, tujuan, alat dan bahan, prosedur, data pengamatan, pembahasan, kesimpulan)
Data, pembahasan, dan kesimpulan benar
Komunikatif
Nilai = Skor Peroleh : 9 x 100

misal Rubrik Penilaian Proyek
No
Indikator
Rubrik
1.
Kemampuan
Perencanaan
2 = perencanaan lengkap (bahan,cara kerja,hasil) dan rinci
1 = perencanaan kurang lengkap
0 = tidak ada perencanaan
2.
Kemampuan menggambar sel secara sempurna menurut hasil pengamatan pada mikroskop
2 = Menggambar dan memdiberi label secara sempurna sesuai yang dilihat di dalam mikroskop.
1 = Menggambar dengan sempurna tetapi salah dalam mempersembahkan label atau sebaliknya.
0 = Gambar dan label tidak tepat.
3.
Kemampuan menggambar sel menurut rujukan dan mempersembahkan label bagian-bagiansel.
4 = Menggambar dan memdiberi label dari bagian-bagian sel secara sempurna dan lengkap.
3 = Menggambar dan memdiberi label dari bagian-bagian sel secara sempurna tetapi tidak lengkap.
2 = Menggambar dengan sempurna tetapi keliru dalam pemdiberian label dari bagian-bagian sel.
1 = Menggambar dan memdiberi label bagian-bagian sel dengan tidak tepat.
0 = Tidakadagambar.
4.
Kemampuan menerangkan fungsi bagian sel melalui presentasi.
4 =  Menjelaskan bagian-bagian sel secara tepat, lengkap, dan runtut.
3 = Menjelaskan bagian-bagian sel secara tepat, lengkap,tetapi kurang runtut.
2 = Menjelaskan bagian-bagian sel secara sempurna tetapi kurang lengkap dan kurang runtut.
1 = Menjelaskan bagian-bagian sel secara kurang tepat, kurang lengkap, dan kurang runtut.
0 = Tidak melaksanakan presentasi.
5.
Poster (Produk)
3 = Poster menarikdanunik, informatif, dan merepresentasikan bentuk serta ukuran sel dan bagian-bagiannya secara tepat.
2 = Poster kurang menarikdanunik, kurang informatif, tetapi merepresentasikan bentuk serta ukuran sel dan bagian-bagiannya secara tepat.
1 = Poster kurang menarikdanunik, kurang informatif, dan kurang merepresentasikan bentuk serta ukuran sel dan bagian-bagiannya secara tepat..
0 = Tidak ada poster.




Nilai = Skor peroleh : 15 x 100
0 Komentar untuk "Contoh Rubrik Evaluasi Keterampilan Pada Kurikulum 2013"

Back To Top