1. Produk-produk yang berasal dari materi dasar sagu bekerjsama sudah banyak. Antara lain soun dan mi.
Selain itu juga banyak makanan tradisional dari materi sagu, terutama yang berasal dari lempeng. Pati sagu juga sanggup diolah menjadi makanan bayi dengan suplementasi tepung, tempe, dan susu bubuk. Untuk meningkatkan nilai gizi, khususnya protein dari pembuatan makanan olahan tradisional menyerupai bagea dan makron, sudah dilakukan suplementasi ikan hingga 40 % dari berat sagu. Pembuatan biskuit sagu ini juga sanggup didiberi tambahan materi pangan sumber protein untuk meningkatkan nilai gizi biskuit tersebut.
Selain itu juga banyak makanan tradisional dari materi sagu, terutama yang berasal dari lempeng. Pati sagu juga sanggup diolah menjadi makanan bayi dengan suplementasi tepung, tempe, dan susu bubuk. Untuk meningkatkan nilai gizi, khususnya protein dari pembuatan makanan olahan tradisional menyerupai bagea dan makron, sudah dilakukan suplementasi ikan hingga 40 % dari berat sagu. Pembuatan biskuit sagu ini juga sanggup didiberi tambahan materi pangan sumber protein untuk meningkatkan nilai gizi biskuit tersebut.
Gagasan utama paragraf tersebut terletak pada kalimat….
A. kesatu
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
2. (1) Ada hal yang sangat menarikdanunik disimak dari kondisi perekonomian Indonesia. (2) Rupiah lebih perkasa belakangan ini sehingga satu dolar AS sudah dibawah Rp 10.000. (3) Nilai saham melompat secara perkasa. (4) Pertumbuhan ekonomi nasional pun tetap positif di atas empat persen.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai nomor….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
3. Pemerintah akan menunggu turunnya harga minyak mentah dunia hingga Maret 2009. Keputusan menunggu ini dilakukan sebelum menetapkan harga premium dan solar yang dilepas sesuai harga pasar. Jika harga minyak pada saatnya tetap rendah, pemerintah segera melepas harga premium dan solar.
Kritikan terhadap isi paragraf tersebut adalah….
A. Pemerintah hendaknya menunggu bulan Maret.
B. Pemerintah hendaknya segera melepas harga.
C. Pemerintah hendaknya tidak melepas premium dan solar.
D. Pemerintah hendaknya tidak terlalu usang dalam mengambil keputusan.
4. Bacalah kedua teks diberita diberikut dengan saksama!
Teks Berita 1
Presiden SBY menyatakan spesialuntuk sebagian kecil diantara jajaran menteri Kabinet Indonesia Bersatu kini ini yang masih akan menjalankan kiprah bersamanya pada masa 5 tahun menhadir. Adapun sebagian besar menteri lainnya akan mengakhiri masa baktinya dengan ucapan terima kasih dari presiden. Keputusan itu diambil presiden Yudoyono bukan spesialuntuk lantaran diharapkan adanya penyegaran di pemerintahan, melainkan juga mengingat realitas politik yang berubah.
Teks Berita 2
Komposisi kabinet menhadir akan mengalami perombakan. Presiden SBY menegaskan spesialuntuk sebagian kecil menteri dipertahankan dari kabinet nanti.
Alasan SBY, perlu penyegaran dalam jajaran kabinet dan pemerintahan menhadir. “ Hal itu juga berkaitan dengan realitas politik. Oleh lantaran itu, saya mohon pengertian tiruana, alasannya yakni spesialuntuk sebagian kecil yang masih mendapat kiprah dilingkungan kabinet,” kata SBY dalam sambutan perpisahan dengan kabinet Indonesia bersatu di Istana Negara, Jumat (16/10).
Kesamaan informasi kedua teks diberita tersebut adalah….
A. Ucapan terima kasih dari Presiden
B. Komposisi kabinet mengalami perombakan
C. Perpisahan Presiden SBY dengan kabinet Indonesia Bersatu
D. Tugas di jajaran kabinet Indonesia Bersatu
5. Perbedaan penyajian kedua teks diberita tersebut adalah….
Teks Berita 1 | Teks Berita 2 | |
A | Apa, siapa, mengapa | Siapa, kapan, mengapa |
B | Mengapa, apa, siapa | Mengapa, siapa, kapan |
C | Kapan, siapa, mengapa | Dimana, mengapa, siapa |
D | Siapa, apa, mengapa | Bagaimana, siapa, mengapa |
6. (1) Sekitar 50 siswa MTsN mengikuti lomba puisi Islami tingkat Kabupaten. Lomba diadakan di aula Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar. (2) Lomba ini diadakan dalam rangka menyambut tahun gres Hijriah (1 Muharam 1432H). (3) Menurut juri, program ini terealisasi dengan baik. (4) Mungkin ini lantaran penerima menguasai puisi yang ditampilkannya. (5) Komentar sebagian juri sangat memmenolong penerima untuk tampil lebih baik lagi.
Kalimat yang berupa fakta dalam paragraf diatas terdapat pada nomor….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 5
C. 2 dan 3
D. 3 dan 6
7. Dana gempa 2009 tak kunjung turun. Masyarakat tak obahnya pungguk merindukan bulan dengan janji-janji percepatan pencairan dari pemerintah daerah. Kenyataannya hampir setahun pelaksanaan masa pemulihan pasca gempa dana menolongan perbaikan rumah belum juga turun. Dari proses penelusuran, lambannya pencairan dana rehabilitasi dan rekontruksi tahap 2 disebabkan berbelitnya birokrasi dan persyaratan. Hal ini disampaikan oleh Marisa Elsera Jumat kemarin.
Kalimat yang ialah pendapat dalam paragraf diatas adalah….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 5
D. 3 dan 4
8. Acara Wisuda Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tidak dihadiri Presiden SBY. Alasan absensi presiden pada program tersebut disampaikan Mendagri. Wisuda dipimpin Menteri Dalam Negeri, Mardiyanto, sekaligus mewakili presiden memimpin program tersebut.
Simpulan paragraf tersebut adalah….
A. IPDN mewisuda prajanya.
B. Mendagri menunda wisuda praja IPDN.
C. Presiden tidak hadir dalam wisuda IPDN.
D. Rektor memimpin wisuda praja IPDN.
Bacalah tajuk diberikut dengan saksama, kemudian kerjakan soal nomor 9-11!
Dampak krisis global tak ayal lagi menghantam pula perekonomian kita. Kegiatan industri menurun drastis, menjadikan munculnya bahaya pemutusan kekerabatan kerja (PHK) besar-bemasukan. Kita terang tak sanggup menganggap enteng bahaya tersebut. Untuk itu, pemerintah sudah menyiapkan stimulus ekonomi supaya industri sanggup kembali bergerak.
Persiapan yang kini dilakukan pemerintah itu memang sangat diperlukan. Meski agak terlambat, tetapi bukan berarti tidak diperlukan. Bahkan, stimulus inilah yang nantinya bakal ikut memilih capat lambatnya kita sanggup bertahan dan keluar dari angin kencang pengaruh krisis.
Terkait dengan rencana pemdiberian stimulus tersebut, pihak industri kini sedang mendata secara detail. Kita tentunya berharap data dan rencana masing-masing industri disusun dan dibentuk seterbaik mungkin. Fokusnya akan lebih kalau tidak melulu kepada kepentingan industri dan pengusaspesialuntuk, tetapi lebih kepada kepentingan tenaga kerja sehingga tujuan stimulus ekonomi yang salah satunya untuk menghindari terjadinya PHK besar-bemasukan benar- benar tercapai.
9. Gagasan utama tajuk tersebut yakni ….
A. Perlunya pendataan industri secara terbaik dalam mendukung rencana pemdiberian stimulus ekonomi.
B. Penekanan PHK melalui stimulus ekonomi selalu berhasil dengan gemilang.
C. Krisis global terhadap stimulus perekonomian kuat pada PHK.
D. Perlunya stimulus ekonomi dalam dunia industri di dunia.
10. Letak kalimat fakta dalam tajuk tersebut adalah….
A. Paragraf 1 kalimat 4
B. Paragraf 2 kalimat 1
C. Paragraf 2 kalimat 3
D. Paragraf 3 kalimat 3
11. Dalam tajuk tersebut penulis berpihak pada ….
A. pelaku industri
B. tenaga kerja
C. pengusaha
D. penguasa
A. pelaku industri
B. tenaga kerja
C. pengusaha
D. penguasa
12. Perhatikan sketsa diberikut!
Susunan Pengurus Koperasi MTs Model Kota Padang
Pernyataan yang sesuai dengan isi sketsa tersebut adalah....
A. Afrida bertangung balasan kepada Refri Undra.
B. Erik dan Afrida bertanggung balasan pribadi ke Tangga Olina.
C. Refri Undra bertanggung balasan kepada Erik.
D. Rosdiana mempertanggungjawabankan pekerjaannya kepada Afrida.
13. Perhatikan grafik diberikut!
PENERIMAAN SUMBANGAN BUKU BAHASA INDONESIA
PERPUSTAKAAN ABADI
Simpulan isi grafik di atas yakni ….
A.Peningkatan buku perpustakaan ABADI tahun ke tahun berubah.
A.Peningkatan buku perpustakaan ABADI tahun ke tahun berubah.
B.Penerimaan dukungan buku BI perpustakaan Abadi setiap tahunnya menurun.
C.Peningkatan buku di perpustakaan sangat dibutuhkan di tahun 2007
D.Buku yang ada di perpustakaan Abadi dari tahun 2007-2010 selalu menurun.
14. Perhatikan tabel diberikut!
TABEL UN TAHUN 2005-2007
TABEL UN TAHUN 2005-2007
NO. | NAMA | BI | MTK | B.ING | IPA |
1. | Aren | 5,5 | 6,5 | 7,0 | 7,0 |
2. | Andika | 6,0 | 7,0 | 7,0 | 8,0 |
3. | Rahmat | 7,0 | 6,5 | 8,5 | 9,0 |
4. | Adit | 9,0 | 7,0 | 8,5 | 9,0 |
Simpulan dari tabel di atas adalah ….
A. Nilai UN penerima didik tahun 2005 -2007 tidak stabil.
B. Nilai yang diperoleh perserta didik dari tahun ke tahun meningkat.
C. Nilai yang diperoleh penerima didik dari ke tahun sama.
D. Nilai penerima didik selalu menurun.
15. Cermati tabel diberikut !
Tabel Hasil Angket Masyarakat terhadap
Perpustakaan Keliling
Tahun | Hasil Angket Dalam Persen | ||
Baik | Buruk | Tidak Tahu | |
Juli 2005 | 68 | 20 | 12 |
Desember 2005 | 62 | 22 | 16 |
Juli 2006 | 72 | 17 | 11 |
Desember 2006 | 70 | 16 | 14 |
Juli 2007 | 71 | 14 | 15 |
Desember 2007 | 75 | 15 | 10 |
Pertanyaan yang jawabanannya terdapat dalam tabel yakni ….
A. Mengapa hasil angket masyarakat terhadap perpustakaan keliling pada bulan Desember 2007 selalu menurun?
B. Siapakah yang sering membaca di perpustakaan keliling?
C. Kemana sajakah rute perpustakaan keliling?
D. Berapa persentase tertinggi hasil angket masyarakat terhadap perpustakaan keliling ditetapkan baik?
16. Perhatikan denah diberikut!
Peryataan yang sesuai dengan isi denah tersebut yakni ….
A. Masjid Huriah terletak di sebelah timur Kantor Koperindagtam.
B. Kantor Kemenag terletak di sebelah Jalan Raya Bukit Gombak.
C. Perumahan Rinzano terletak di sebelah selatan Masjid Huriah.
D. Kantor Kemenag berhadapan dengan Masjid Huriah.
17. Bacalah puisi diberikut dengan saksama!
tergelincir sisa hujan kemarin
`tika keranda pelan meninggalkan
pelataran ini
tiruana sudah kehilangan
Sebuah mentari yang doloe bersinar
sederhana
guru
belum usang kita bercengkrama
gerimis ini memisahkan
Tema puisi di atas adalah....
A. kematian
B. perbincangan
C. perpisahan
D. kehilanga
A. kematian
B. perbincangan
C. perpisahan
D. kehilanga
18. Bacalah puisi diberikut dengan saksama, kemudian kerjakan soal nomor 19 dan 20!
Oh, Guruku
………………………..
……………………….
Oh, guruku
Kau laksana pelita dalam gulita
Jasamu tak terbeli
Entah kata apayang pantas kuucapkan
Sebagai tanda terima kasih
Untaian kata indah
Halusnya rajutan sutra
Tak sebanding, tak cukup
‘tuk seorang pahlawan
Tanpa tanda jasa
Suasana yang tergambar dalam puisi di atas adalah….
A. murung
B. kepahlawan (heroik)
C. putus asa
D. haru
19. Citraan rabaan pada puisi di atas terdapat pada….
A. larik kedua bait kedua
B. larik ketiga bait kedua
C. larik pertama bait ketiga
D. larik kedua bait ketiga
20. Bacalah puisi diberikut dengan saksama!
Penjual Sayur …..
Aku tahu kamu sangat lelah
Bekerja dari pagi hingga petang
Tanpa kenal waktu
Ketika mentari terbenam
Kau tinggalkan pasar
melaluiataubersamaini buah tangan
Kau bawakan untuk anak-anakmu
Penjual sayur…..
melaluiataubersamaini senyum ramahmu
Kau penuhi kebutuhan hidupku
Terima kasih…..sayurmu
Makna yang terdapat dalam cuplikan puisi diatas adalah….
A. Penyair mengungkapkan kekagumannya terhadap penjual sayur.
B. Penyair mengungkapkan kekagumannya pada pedagang.
C. Penyair mengungkapkan kekagumannya kepada penjual.
D. Penyair menungkapkan kekagumannya terhadap pembeli dan penjual.
21. Bacalah kutipan cerpen diberikut!
Dan di pelataran kiri surau itu akan Tuan temui orang bau tanah yang biasanya duduk di sana dengan segala tingkah ketuaannya dan ketaatannya diberibadat. Sudah bertahun-tahun, ia sebagai garin surau itu. Orang-orang menyebutnya “Kakek”.
Sebagai penjaga surau, kakek tidak tidak mendapat apa-apa. Ia hidup dari sedekah yang dipungutnya sekali se- Jumat. Sekali enam bulan, ia mendapat seperempat dari hasil pemungutan ikan mas dari kolam itu. Dan sekali setahun, orang-orang mengantarkan fitrah kepadanya.
Tetapi, sebagai garin, ia tidak begitu dikenal. Ia lebih dikenal sebagai pengasah pisau. Karena ia begitu andal dengan pekerjaan itu. Orang-orang suka minta tolong kepadanya, sedang ia tidak pernah minta imbalan apa-apa.
Orang-orang wanita yang minta tolong mengasah pisau atau gunting, memdiberinya sambal sebagai imbalan.
Orang pria yang minta tolong memdiberinya imbalan rokok. Kadang-kadang uang. Tetapi, yang paling sering diterimanya ialah ucapan terima kasih dan sedikit senyum.
Penggambaran tabiat tokoh Kakek dalam kutipan cerpen di atas dilakukan pengarang melalui ….
A. penggambaran fisik tokoh
B. ucapan-ucapan tokoh
C. pikiran-pikiran tokoh
D. klarifikasi langsung
22. Bacalah kutipan cerpen diberikut!
(1) Keesokan harinya , betapa terkejutnya Sabir melihat onggokan onderdil sepedanya sudah lenyap dari tempatnya. (2) Pada hal, hari itu ia sudah ada kesepakatan dengan Pak Wahid untuk membeli kelengkapan onderdil darinya. (3) melaluiataubersamaini langkah mantap didekatinya kawan-kawannya di ruang makan .
“Saya tahu siapa diantara kalian yang mengambil onderdil sepeda aku. Mungkin satu atau dua diantara kalian, “ ucap Sabir sambil menatap Jono dan Joni. “ Saya tidak mengancam , tetapi saya kira setiap orang mempunyai kewajiban mempertahankan haknya. Onderdil sepeda itu hak milik aku. (4) Kalau hingga besok pagi tidak kembali, tahu apa akibatnya” Jono dan Joni tampak pucat wajahnya.
Bukti latar tempat pada kutipan kisah tersebut ditandai nomor….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
23. .....................
“Amir laki-laki yang berusia 50 tahun, sedang gelisah di tempat duduknya. Beberapa kali topi di pasang di kepalanya dan dilepaskan lagi tanpa tujuan tertentu. Akhirnya, Amir keluar mengambil sesuatu di bagasi motornya. Sebuah botol persegi dibawanya masuk ke rumah. Penantian yang menggelisahkan harus dikawani minuman keras, pikirnya. Namun pikirannya berubah, minuman itu tidak menyelesaikan masalah yang ia hadapi. Lalu minuman itu ia membuang.”
Sudut pandang yang dipakai dalam cuplikan novel di atas adalah....
A. Orang pertama pelaku utama
B. Orang pertama pelaku sampingan
C. Orang ketiga pelaku utama
D. Orang ketiga pelaku sampingan
24. Bacalah kedua kutipan novel diberikut dengan cermat!
Novel (1)
Para pedagang yang kehilangan los, kemudian pergi ke pasar usang di seberang. Kembali ke pasar lama! Mereka tidak mau kena perkara. Cari tempat lain, kalau tidak suka urusan. Tidak seorang pun tahu. Tentu malam-malam hal itu terjadi. Paijo bangun keheranan pula. Ia melihat orang berjalan dengan dagangan ke pasar lama. Bagaimana los pasar sanggup terobrak-abrik macam itu? Gedeg-gedeg awut-awutan di tanah. Bambunya menyelonong ke mana-mana.
Novel (1)
Lelaki buta itu kemudian mencoba naik kembali ke jalan. Anak-anak itu memmenolongnya dengan menarikdanunik tangan Lek War. Kali ini ia tidak menolak menolongan tersebut. Anak-anak juga memmenolong mengambilkan sandal jepitnya dan memasangkan di kakinya. Ia mulai tampak menggigil kedinginan lantaran hampir seluruh tubuhnya basah. Untung selokan itu tidak meliputi air comberan, tapi air irigasi untuk mengairi puluhan petak sawah di sebelah selatan kampung itu.
Perbedaan tema pada cuplikan novel tersebut adalah
Novel (1) mempunyai tema | Novel (2) mempunyai tema | |
A. | Pedagang yang kehilangan los lantaran kebakaran | Anak-anak memmenolong lelaki tuna rungu yang terperosok di jalan masuk irigasi. |
B. | Anak-anak yang memmenolong lelaki tuna daksa | Anak-anak memmenolong lelaki tuna netra yang terperosok di jalan masuk irigasi. |
C. | Pedagang yang kehilangan los lantaran ada peristiwa alam | Anak-anak memmenolong lelaki tuna wicara yang terperosok di jalan masuk irigasi. |
D. | Pedagang yang kehilangan los lantaran akan diperbaiki | Anak-anak memmenolong lelaki tuna daksa yang terperosok di jalan masuk irigasi. |
25. Bacalah kedua kutipan novel diberikut!
Kutipan I
Difa pun mengangguk. Di perjalanan pulang, Difa berpikir, Yanto sudah salah menilai Abah. Abah itu ramah, meski di sekitar pipinya ditumbuhi bulu-bulu yang sudah memutih. Abah menyerupai mirip sinterklas di film kartun. Apalagi perutnya yang buncit dan berguncang ketika ia tertawa. Teknik berjalan Abah sdikit lambat lantaran usianya sudah lanjut. Namun badannya tampak tegap.
Kutipan II
Aku paling sebal kalau adikku bertanya-tanya terus. Mengapa ia tidak mau berpikir sendiri? Buka ensiklopedi kek, jadi tidak tanya terus. Dan bencinya lagi, Mama selalu membela dia.
“Kevin, balasan dong, kalau adikmu tanya. Adikmu masih kecil, ia masih ingin tahu segala hal. Kamu doloe juga begitu kok.”
Perbedaan sudut pandang kedua kutipan novel tersebut yakni ….
Kutipan I | Kutipan II | |
A. | Sudut pandang orang pertama | Sudut pandang orang ketiga |
B. | Sudut pandang diaan | Sudut pandang akuan |
C. | Sudut pandang oorang ketiga | Sudut pandang orang kedua |
D. | Sudut pandang diaan | Sudut pandang orang ketiga |
Tag :
Soal UN SMP-SMA
0 Komentar untuk "Soal Latihan 1 Bahasa Indonesia Persiapan Un Smp/Mts"