Level Kognitif | Fungsi Sosial | Struktur Teks | Unsur Kebahasaan |
Pengetahuan dan pemahaman | Siswa sanggup mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial: *tujuan/fungsi/pesan *latar belakang/alasan *akibat/dampak/manfaat *sikap/nilai yang diusung *peran dan fungsi pendengar/pembaca *konteks penerapan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb) | Siswa sanggup mengidentifiskasi makna atar bagian-bagian dalam teks: *rincian argumentasi, rincian langkah-langkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi, rincian unsur-unsur teks *plot, alur pikiran *refensi makna | Siswa daat mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks diberikut ini: *word order *artikel, demonstrative, possessive pronoun *agreement and number tense *passive order *referensi gramatika *kata sambung *preposisi |
Aplikasi *Mengklasifikasi *Menjelaskan | Siswa sanggup membandingkan mengklasifikasi, mengambarkan aspek-aspek fungsi sosial: *tujuan/fungsi/pesan *latar belakang/alasan *akibat/dampak/manfaat *sikap/nilai yang diusung *peran dan fungsi pendengar/pembaca *konteks penerapan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb) | Siswa sanggup membandingkan mengklasifikasi,menerangkan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks *rincian argumentasi, rincian langkah-langkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi, rincian unsur-unsur teks *plot, alur pikiran *refensi makna | Siswa sanggup membandingkan, mengidentifikasi, mengambarkan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks diberikut ini: *word order *artikel, demonstrative, possessive pronoun *agreement and number *tense *passive order *referensi gramatika *kata sambung *preposisi *modal *kalimat conditional *konstruksi derative |
Penalaran: *Merinci perbedaan/persamaan *Menganalisis | Siswa sanggup menyimpulkan, merinci perbedaan/ persamaan, menganalisi aspek-aspek fungsi sosial: *tujuan/fungsi/pesan *latar belakang/alasan *akibat/dampak/manfaat *sikap/nilai yang diusung *peran dan fungsi pendengar/pembaca *konteks penerapan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb) | Siswa sanggup menyimpulkan, merinci perbedaan/ persamaan keterkaitan makna antar bagian-bagian keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks: *rincian argumentasi, rincian langkah-langkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi, rincian unsur-unsur teks *plot, alur pikiran *refensi makna | Siswa sanggup membandi1ngkan, mengidentifikasi, mengambarkan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks diberikut ini: *word order *artikel, demonstrative, possessive pronoun *agreement and number *tense *passive order *referensi gramatika *kata sambung *preposisi *modal *kalimat conditional *konstruksi derative *kalimat, frasa, ungkapan final |
Keterangan:
Jenis teks-teks verbal dan tertulis untuk cakupan bahan fungsi sosial dan struktur teks:
- Interaksi transaksional/interpersonal tertulis (a.l. meminta maaf, harapan, doa, maksud, kebiasaan, keharusan)
- Fungsional pendek (a.. announcement, notice, label)
- Descriptive, recount, narrative, procedure, report)
Tag :
Kisi-Kisi Soal
0 Komentar untuk "Kisi-Kisi Ujian Nasional Bahasa Inggris Smp/Mts Tp 2016/2017"