Pengertian supervisi Menurut Beberapa ahli
a. Good Carter,
Memdiberi pengertian supervisi yakni perjuangan dari petugas-petugas sekolah dalam memimpin guru-guru
dan petugas lainnya, dalam memperbaiki pengajaran, termasuk menstimulir, menyeleksi pertumbuhan jabatan dan perkembangan guru-guru dan merevisi tujuan-tujuan pendidikan, bahan-bahan pengajaran, dan metode mengajar dan penilaian pengajaran. God Carter melihatnya sebagai perjuangan memimpin guru-guru dalam jabatan mengajar,
Memdiberi pengertian supervisi yakni perjuangan dari petugas-petugas sekolah dalam memimpin guru-guru
dan petugas lainnya, dalam memperbaiki pengajaran, termasuk menstimulir, menyeleksi pertumbuhan jabatan dan perkembangan guru-guru dan merevisi tujuan-tujuan pendidikan, bahan-bahan pengajaran, dan metode mengajar dan penilaian pengajaran. God Carter melihatnya sebagai perjuangan memimpin guru-guru dalam jabatan mengajar,
b. Boardman.
Menyebutkan Supervisi yakni salah satu perjuangan menstimulir, mengkoordinir dan membimbing secarr kontinyu pertumbuhan guru-guru di sekolah baik secara individual maupun secara kolektif, supaya lebih mengerti dan lebih efektif dalam mewujudkan seluruh fungsi pengajaran dengan demikian mereka sanggup menstmulir dan membimbing pertumbuan tiap-tiap anakdidik secara kontinyu, serta bisa dan lebih cakap berpartsipasi dlm masyarakat demokrasi modern. Boardman. Melihat supervisi sebagai lebih sanggup berpartisipasi dlm masyarakat modern.
c.Wilem Mantja (2007)
Mengatakan bahwa, supervisi diartikan sebagai kegiatan supervisor (jabatan resmi) yang dilakukan untuk perbaikan proses berguru mengajar (PBM). Ada dua tujuan (tujuan ganda) yang harus diwujudkan oleh supervisi, yaitu; perbaikan (guru anakdidik) dan peningkatan mutu pendidikan. Willem Mantja memandang supervisi sebagai acara untuk perbaikan (guru anakdidik) dan peningkatan mutu pendidikan.
2. Pengertian supervisi pendidikan secara umum
Secara morfologis, Supervisi berasal dari dua kata bahasa Inggris, yaitu super dan vision. Super berarti diatas dan vision berarti melihat, masih serumpun dengan inspeksi, investigasi dan pengawasan, dan penilikan, dalam arti acara yang dilakukan oleh atasan – orang yang berposisi diatas, pimpinan – terhadap hal-hal yang ada dibawahnya. Supervisi juga ialah acara pengawasan tetapi sifatnya lebih human, manusiawi. Kegiatan supervise bukan mencari-cari kesalahan tetapi lebih banyak mengandung unsur pembinnaan, supaya kondisi pekerjaan yang sedang disupervisi sanggup diketahui belum sempurnanyanya (bukan semata - mata kesalahannya) untuk sanggup didiberitahu bab yang perlu diperbaiki.
Fungsi supervisi pendidikan
- Fungsi Meningkatkan Mutu Pembelajaran Ruang lingkupnya sempit, spesialuntuk tertuju pada aspek akademik, khususnya yang terjadi di ruang kelas dikala guru sedang mempersembahkan menolongan dan isyarat kepada siswa.
- Fungsi Memicu Unsur yang Terkait dengan Pembelajaran Lebih dikenal dengan nama Supervisi Administrasi.
- Fungsi Membina dan Memimpin.
Samasukan supervisi pendidikan
Adapun samasukan utama dari pelaksanaan acara supervisi tersebut adalah peningkatan kemampuan profesi guru (Depdiknas, 1986; 1994 & 1995).
Samasukan Supervisi Ditinjau dari objek yang disupervisi, ada 3 macam bentuk supervisi :
- Supervisi Akademik, Menitikberatkan pengamatan supervisor pada masalah-masalah akademik, yaitu hal-hal yang berlangsung berada dalam lingkungan acara pembelajaran pada waktu siswa sedang dalam proses mempelajari sesuatu
- Supervisi Administrasi, Menitikberatkan pengamatan supervisor pada aspek-aspek manajemen yang berfungsi sebagai pendukung dan pelancar terlaksananya pembelajaran.
- Supervisi Lembaga, Menyebarkan objek pengamatan supervisor pada aspek-aspek yang berada di sekolah. Supervisi ini dimaksudskan untuk meningkatkan nama baik sekolah atau kinerja sekolah secara keseluruhan. Misalnya: Ruang UKS (Unit Kesehatan Sekolah), Perpustakaan dan lain-lain.
Tujuan supervisi pendidikan
Tujuan utama supervisi yakni memperbaiki pengajaran (Neagly & Evans, 1980; Oliva, 1984; Hoy & Forsyth, 1986; Wiles dan Bondi, 1986; Glickman, 1990). Tujuan umum Supervisi yakni mempersembahkan menolongan teknis dan bimbingan kepada guru dan staf supaya personil tersebut bisa meningkatkan kwalitas kinerjanya, dalam melakukan kiprah dan melakukan proses berguru mengajar.
Secara operasional tujuan supervisi pendidikan sebagai diberikut:
- Meningkatkan mutu kinerja guru.
- Memmenolong guru dalam memahami tujuan pendidikan dan apa kiprah sekolah dalam mencapai tujuan tersebut
- Memmenolong guru dalam melihat secara lebih terang dalam memahami keadaan dan kebutuhan siswanya.
- Membentuk etika kelompok yang berpengaruh dan mempersatukan guru dalam satu tim yang efektif, berhubungan secara dekat dan berteman dekat serta saling menghargai satu dengan lainnya.
- Meningkatkan kualitas pembelajaran yang pada alhasil meningkatkan prestasi berguru siswa.
- Meningkatkan kualitas pengajaran guru baik itu dari segi strategi, keahlian dan alat pengajaran.
- Menyediakan sebuah sistim yang berupa penerapan teknologi yang sanggup memmenolong guru dalam pengajaran.
- Sebagai salah satu dasar pengambilan keputusan bagi kepala sekolah untuk reposisi guru.
Tag :
Evaluasi dan Penilaian
0 Komentar untuk "Pengertian, Fungsi, Sasaran, Dan Tujuan Supervisi Pendidikan"