Sejarah Pembelajaran Jarak Jauh


Kemajuan teknologi info dan komunikasi dalam bidang pendidikan membuka cakrpertamaa gres bagi pembukaan peluang (akses) dan peningkatan mutu pendidikan di tiruana jenjang, jalur, dan jenis pendidikan. Pendidikan dengan memanfaatkan sistem pembelajaran secara tatap muka tetap ialah model utama pendidikan, tetapi model pembelajaran jarak jauh sudah usang juga berkembang, terutama untuk pendidikan bagi orang dewasa. Open University di Inggeris ialah salah satu pencetus pendidikan jarah jauh di dunia pada jenjang pendidikan tinggi, dan kini sudah menjadi salah satu forum yang menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh yang termaju di dunia.

Di Indonesia pembelajaran jarak jauh (distance learing) ialah bab dari pendidikan jarak jauh (distance education) tercantum di dalam undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun2003 ihwal Sistem Pendidikan Nasional. Rumusannya termaktub dalam BAB VI Jalur, Jenjang dan Jenis Pendidikan ihwal pendidikan jarak jauh pasal 31 pada bab ke sepuluh yang berbunyi:

1.      Pendidikan jarak jauh diselenggarakan pada tiruana jalur, jenjang dan jenis kependidikan.
2.      Pendidikan jarak jauh berfungsi mempersembahkan layanan pendidikan kepada kelompok masyarakat yang tidak sanggup mengikuti pendidikan secara tatap muka atau reguler.

3.      Pendidikan jarak jauh di selenggarakan dalam aneka macam bentuk, modus dan cakupan yang didukung oleh masukana dan layanan berguru serta sistem penilaian yang menjamin mutu lulusan sesuai dengan standard nasional pendidikan.

4.      Ketentuan terkena penyelenggaraan pendidikan jarak jauh sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), ayat (2), dan ayat (3) diatur lebih lanjut dengan peraturan pemerintah.

Diselenggarakannya pendidikan jarak jauh sebagai upaya pemerintah dalam membenahi sistem pendidikan yang tepat, terencana, simultan, dan optimal dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Apalagi semangat otonomi tempat mempersembahkan angin segar terhadap pelaksanaan kegiatan pendidikan jarak jauh.

Di Indonesia bersama-sama sisitem pembelajaran jarak jauh sudah usang ada, yaitu semenjak pertama kemerdekaan yang tujuannya untuk mengisi kekosongan tenaga yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. Pada tahun 1950 pemerintah membentuk sebuah forum Balai Kursus Tertulis Pendidikan Guru (BKTPG) yang menerima kiprah untuk meningkatkan kemampuan pengajar dalam mengajar. Proses pembelajarannya dengan menyediakan aneka macam paket berguru tertulis dalam bidang profesi kependidikan. Pengembangan dari forum ini kini dikenal dengan Pusat Pengembangan Penataran Guru Tertulis (PPPGT). Perkembangan pendidikan jarak jauh diberikutnya dengan adanya kebijakan dalam GBHN untuk digunakannya siaran radio dan televisi dalam memeratakan pendidikan dan meningkatkan mutu pendidikan. Selanjutnya, pemerintah membangun sistem komunikasi dengan satelit domestik, yang populer dengan sebutan SKSD Palapa yang salah satu keuntungannya untuk pelaksanaa pendidikan jarak jauh.

Pada tahun 1972 dalam rangka kolaborasi SEAMEO INNOTECH Center diselenggarakan model pendidikan dasar yang disebut PAMONG (Pendidikan Anak oleh Masyarakat, Orang tua, dan Pengajar). Selanjutnya, pada tahun 1974 Direktorat Pendidikan Masyarakat pada Direktorat Jendral Pendidikan Luar Sekolah dan Olahraga, mulai menyebarkan paket berguru pendidikan dasar bagi orang cukup umur yang disebut KEJAR (Kelompok Belajar atau Bekerja dan Belajar) PAKET A, B, dan C. Sesudah itu, pada tahun 1974 diselenggarakan siaran radio pendidikan untuk penataran guru SD dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Pada tahun 1979 diselenggarakan perintisan Sekolah Menengah Pertama Terbuka pada 5 lokasi yaitu di Lampung Selatan, Cirebon, Tegal, Jember, dan Lombok Barat. Hasil penilaian secara komprehensif menawarkan bahwa pada sistem Sekolah Menengah Pertama Terbuka memenuhi indikator kualitatif mencakup fleksibilitas, kelayakan, efisiensi, dan efektifitas. Pada tahun 2000-an pendidikan jarak jauh sanggup kita jumpai baik itu lewat buku-buku, CD-ROM, Video eksklusif ke alamat penerima pembelajaran jarak jauh. Perkembangan teknologi info yang sangat pesat cukup umur ini, khususnya perkembangan teknologi internet turut mendorong berkembangnya konsep pembelajaran jarak jauh.

Pembelajaran jarak jauh diselenggarakan pula pada pendidikan tinggi. Pendidikan jarak jauh pada jenjang perguruan tinggi tinggi di Indonesia dimulai pada tahun 1984 dengan dibukanya Universitas Terbuka di Jakarta. Pada tahun 1990-an sudah pula dibuka kemungkinan bagi perguruan tinggi tinggi lain untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi jarak jauh, terutama bagi perguruan tinggi tinggi yang melakukan moda tatap muka. Tetapi bagi perguruan tinggi di Indonesia yang akan melakukan sistem pembelajaran tatap muka dengan sistem pembelajaran jarak jauh secara bersamaan (dual mode instructional system) perlu pemikiran yang matang. Hal ini dapat difahami, alasannya yaitu untuk membuka suatu sistem pembelajaran jarak jauh dibutuhkan investasi yang cukup tinggi alasannya yaitu suatu sistem pembelajaran jarak jauh harus didukung sistem yang canggih dan akurat serta penyediaan bahan pembelajaran dan proses pembelajaran secara penuh sebelum mulai dioperasikannya sistem pembelajaran jarak jauh tersebut. Tantangan inilah yang harus dijawaban oleh forum pendidikan penyelenggara pendidikan jarak jauh untuk tetap membuka jalan masuk pendidikan kepada masyarakat luas dengan mempersembahkan pelayanan pendidikan berkarakter dan meningkatkan mutu sumber daya manusia.
0 Komentar untuk "Sejarah Pembelajaran Jarak Jauh"

Back To Top