Mengenal Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 sering disebut juga dengan kurikulum berbasis karakter. Kurikulum ini ialah
kurikulum gres yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kurikulum 2013 sendiri ialah sebuah kurikulum yang mengutamakan pada pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, dimana siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam proses berdiskusi dan presentasi serta mempunyai sopan santun dan sikpa disiplin yang tinggi. 

Kurikulum ini secara resmi menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang sudah diterapkan semenjak 2006 lalu. bukan spesialuntuk itu, Kurikulum ini pun mempunyai kelemahan dan keunggulan Dalam Kurikulum 2013 tersebut, mata pelajaran wajib diikuti oleh seluruh penerima didik pada satu satuan pendidikan pada setiap satuan atau pun jenjang pendidikan. Sementara untuk mata pelajaran pilihan yang diikuti oleh penerima didik, dipilih sesuai dengan pilihan dari nmereka. Kedua kelompok mata pelajaran bersangkutan (wajib dan pilihan) terutamanya dikembangkan dalam struktur kurikulum pendidikan tingkat menengah yakni Sekolah Menengan Atas dan SMK. Sementara itu mengingat usia dan perkembangan psikologis dari penerima didik usia 7 – 15 tahun, maka mata pelajaran pilihan yang ada belum didiberikan untuk penerima didik  tingkat SD dan SMP.

Beberapa aspek yang terkandung dalam kurikulum 2013 tersebut diantaranya yakni sebagai diberikut: 
1. Pengetahuan
Untuk aspek pengetahuan pada kurikulum 2013, masih serupa dengan aspek di kurikulum yang sebelumnya, yakni masih pada pemfokusan pada tingkat pemahaman siswa dalam hal pelajaran. Nilai dari aspek pengetahuan bisa diperolehjuga  dari Ulangan Harian, Ujian Tengah/Akhir Semester, dan Ujian Kenaikan Kelas. Pada kurikulum 2013 tersebut, pengetahuan bukanlah aspek utama menyerupai pada kurikulum-kurikulum yang dilaksanakan sebelumnya. 

2. Keterampilan 
Keterampilan ialah aspek gres yang dimasukkan dalam kurikulum di Indonesia. Keterampilan ialah upaya pemfokusan pada bidang skill atau kemampuan. Misalnya yakni kemampuan untuk mengemukakan opini pendapat, berdiksusi/bermusyawarah, membuat berkas laporan, serta melaksanakan presentasi. Aspek Keterampilan sendiri  ialah salah satu aspek yang cukup penting lantaran kalau spesialuntuk dengan pengetahuan, maka siswa tidak akan sanggup menyalurkan pengetahuan yang dimiliki sehingga spesialuntuk menjadi teori semata. 

3. Sikap
Aspek perilaku tersebut ialah aspek tersusah untuk dilakukan penilaian. Sikap mencakup perangai sopan santun, sopan santun dalam belajar, sosial, absensi,dan agama. Kesusahan evaluasi dalam aspek ini banyak disebabkan lantaran guru tidak setiap dikala bisa mengawasi siswa-siswinya. Sehingga evaluasi yang dilakukan tidak begitu efektif. 

Sementara untuk buku Laporan Belajar atau Rapor pada Kurikulum 2013 tersebut ditulis menurut pada Interval serta dihapuskannya sistem ranking yang sebelumnya ada pada kurikulum. Hal ini dilakukan untuk meredam persaingan antar penerima didik. Upaya evaluasi pada Rapor di kurikulum 2013  tersebut dibagi ke dalam 3 kolom yaitu Pengetahuan, Keterampilan, danjuga  Sikap. Setiap kolom nilai tersebut (Pengetahuan dan Keterampilan) dibagi lagi menjadi 2bagia  kolom yaitu kolom angka dan juga kolom huruf, dimana setiap kolom diisi memakai system nilai interval.
(Sumber: www.gubukinformasi.com)
0 Komentar untuk "Mengenal Kurikulum 2013"

Back To Top