Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want to Know (Bangkitkan Minat) ini sanggup membangkitkan keingintahuan siswa/mahasiswa dengan meminta mereka untuk membuat perkiraan-perkiraan ihwal sutau topik atau suatu pertanyaan. Biasanya siswa/mahasiswa cenderung membisu dikala diajak untuk mengulas materi-materi yang belum terpecahkan pada pertemuan sebelumnya jikalau diminta untuk menjawaban secara bahu-membahu satu kelas.
Langkah-langkah:
- Buat satu pertanyaan ihwal bahan pelajaran/kuliah yang membangkitkan minat siswa/mahasiswa untuk mengetahui lebih lanjut tau mau mendiskusikannya dengan kawan. Pertanyaan tersebut harus dibentuk yang sekiranya spesialuntuk diketahui oleh sebagian kecil siswa/mahasiswa. Misalnya adalah: (a) Pengetahuan sehari-hari ("Mengapa harga BBM naik?"), (b) Bagaimana (Menurut prinsip-prinsip andragogi, bagaimana seharusnya seorang guru/dosen memperlakukan siswa/mahasiswanya?"), (c) Defenisi (Apakah Tujuan Pembelajaran itu?"), (d) Ide pokok ("Menurut anda, apa yag dibahas dalam topik ini?"), (e) Teknik kerja sesuatu ("Apa yang mengakibatkan concept map sanggup dipahami oleh orang lain?", (f) Produk/hasil (Menurut Anda apa yang akan dihasilkan oleh petes ini?"), (g) Solusi (Apa jalan keluarnya jikalau siswa/mahasiswa tidak mau mengerjakan tugas-tugas yang didiberikan oleh guru/dosen?"),
- Ajurkan mahasiswa untuk menjawaban apa saja sesuai dengan dugaan mereka. Gunakan kata-kata; coba perkirakan, apa kira-kira dll,
- Jangan mempersembahkan jawabanan secara langsung. Tampung tiruana dugaan-dugaan. Biarkan mahasiswa bertanya-tanya ihwal jawabanan yang benar,
- Gunakan pertanyaan tersebut sebagai jembatan untuk mengajarkan apa yang akan Anda ajarkan kepada siswa/mahasiswa di tengah-tengah anda memberikan pelajaran/perkuliahan.
Sumber: Startegi Pembelajaran Aktif, Hisyam Zaini, dkk, 2007
Tag :
Pembelajaran
0 Komentar untuk "Strategi Pembelajaran: Inquiring Minds Want To Know"