
Pendekatan Konsep ialah suatu pendekatan pengajaran yang secara eksklusif menyajikan konsep tanpa memdiberi peluang kepada siswa untuk menghayati bagaimana konsep itu diperoleh.
Ciri-ciri suatu konsep adalah:
- Konsep mempunyai gejala-gejala tertentu
- Konsep diperoleh melalui pengamatan dan pengalaman langsung
- Konsep tidak sama dalam isi dan luasnya
- Konsep yang diperoleh mempunyai kegunaan untuk menafsirkan pengalaman-pengalaman
- Konsep yang benar membentuk pengertian
- Setiap konsep tidak sama dengan melihat ciri-ciri tertentu
Kondisi-kondisi yang dipertimbangkan dalam acara berguru mengajar dengan pendekatan konsep adalah:
- Menanti kesiapan belajar, kematangan berpikir sesuai dengan unsur lingkungan.
- Mengetengahkan konsep dasar dengan persepsi yang benar yang praktis dimengerti.
- Memperkenalkan konsep yang spesifik dari pengalaman yang spesifik pula hingga konsep yang komplek.
- Penjelasan perlahan-lahan dari yang faktual hingga ke yang abstrak.
Langkah-langkah mengajar dengan pendekatan konsep melalui 3 tahap yaitu:
Tahap Pertama: Tahap enaktik. Tahap enaktik dimulai dari:
- Pengenalan benda konkret.
- Menghubungkan dengan pengalaman usang atau berupa pengalaman baru.
- Pengamatan,penafsiran wacana benda baru
- Simbol, lambang, kode, ibarat angka, huruf. kode, ibarat (?=,/) dll.
- Membandingkan antara referensi dan non-contoh untuk menangkap apakah siswa cukup mengerti akan ciri-cirinya.
- Memdiberi nama,dan istilah serta defenisi.
Tahap Ketiga: Tahap ikonik. Tahap ini ialah tahap penguasaan konsep secara abstrak,seperti menyebut nama, istilah, defmisi, apakah siswa sudah bisa mengatakannya.
Tag :
Pembelajaran
0 Komentar untuk "Pendekatan Konsep Dalam Pembelajaran"