Strategi Pembelajaran: Benar Salah Berantai

Strategi ini ialah pengembangan dari seni administrasi Benar atau Salah yang sudah dijelaskan sebelumnya. Strategi ini mendorong kerjasama kelompok dalam belajar. melaluiataubersamaini seni administrasi ini siswa/mahasiswa sanggup mencar ilmu dengan cepat untuk materi yang banyak. Materi-materi yang materi bacaannya dimiliki oleh siswa/mahasiswa akan sangat baik diajarkan dengan menggunankan seni administrasi ini. 

Langkah-langkah: 
  1. Tentukan topik yang akan dipelajari, dan tentukan juga materi bacaannya. 
  2. Buatlah beberapa pertanyaan ihwal teks bacaan yang mengandung unsur benar atau salah. 
  3. Pertanyaan-pertanyaan tadi dikelompokan menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok ditulis dalam selembar kertas. Setiap kertas didiberi tanda A, B, C, dst. melaluiataubersamaini demikian jikalau kertas A meliputi tiga pernyataan maka kertas B, C dan seterusnya akan memiliki tiga pernyataan pula. 
  4. Bagilah siswa/mahasiswa menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah kertas yang dibuat. Usahakan masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 orang. Jangan terlalu banyak semoga setiap orang sanggup memdiberi donasi secara aktif. 
  5. Setiap kelompok didiberi kertas yang sudah meliputi pernyataan-pernyataan. melaluiataubersamaini ini akan didapatkan kelompok 1 memegang kertas A, kelompok 2 memegang kertas B, kelompok 3 memegang kertas C dst. 
  6. Tugas setiap kelompok yaitu menuliskan pernyataan-pernyataan yang mereka miliki kemudian memilih apakah pernyataan-pernyataan tersebut benar atau salah. Catatan: kertas dilarang ditulis atau didiberi tanda apa saja. 
  7. Sesudah tiruana kelompok selesai melaksanakan kiprah kertas diputar untuk didiberikan kepada kelompok disampingnya. melaluiataubersamaini ini kelompok 2 akan mendapatkan kertas baru, kertas A kelompok 3 mendapatkan kertas B kelompok 4 mendapatkan kertas C, dst. Sementara kelompok satu akan mendapatkan kertas dari kelompok terakhir. 
  8. Sesudah masing-masing kelompok mendapatkan kertas yang gres kiprah ibarat pada langkah no:6 diulangi. 
  9. Sesudah selesai, diulangi langkah no:7 dan langkag no:6 dan begitu seterusnya hingga tiruana kelompok mendapatkan tiruana kertas. 
  10. Guru melaksanakan penjelasan dengan membaca pernyataan-pernyataan yang ada. Setipa kelompok ditanya jawabanan mereka dan dibandingkan dengan jawabanan kelompok yang lain. 
  11. Lakukan hingga selesai atau sesuai dengan waktu dan kondisi yang memungkinkan.
Sumber: Startegi Pembelajaran Aktif, Hisyam Zaini, dkk, 2007
Tag : Pembelajaran
0 Komentar untuk "Strategi Pembelajaran: Benar Salah Berantai"

Back To Top