Media pembelajaran sanggup mempertinggi proses mencar ilmu siswa yang kemudian dibutuhkan sanggup mempertinggi pula hasil mencar ilmu yang dicapainya. Terdapat beberapa alasan mengapa media pembelajaran sanggup mempertinggi proses dan hasil mencar ilmu siswa yaitu:
Pertama, berkenaan dengan manfaat penerapanya dalam proses mencar ilmu siswa, antara lain :
- Pengajaran akan lebih menarikdanunik perhatian siswa sehingga sanggup menumbuhkan motivasi belajar.
- Bahan pelajaran akan lebih terperinci maknanya sehingga sanggup lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pembelajaran dengan lebih baik.
- Metode pembelajaran menjadi lebih bervariasi, tidak semata – mata komunikasi mulut melalui penuturan kata – kata oleh guru, sehingga siswa tidak bosan.
- Siswa lebih banyak melaksanakan kegiatan belajar, alasannya yaitu tidak spesialuntuk mendengarkan uraian guru, tetapi juga acara lain menyerupai mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, dan lain – lain.
- Guru lebih praktis mengatur dan memdiberi petunjuk kepada siswa tentang media yang digunakannya.
Kedua, berkenaan dengan taraf berpikir siswa.
Taraf berpikir insan mengikuti tahap perkembangannya, dimulai dari berpikir kongkret menuju berpikir abstrak, dimulai dari berpikir sederhana menuju ke berpikir kompleks. Penggunaan media pembelajaran bersahabat kaitannya dengan tahapan berpikir tersebut, alasannya yaitu melalui media pembelajaran hal – hal yang abnormal sanggup dikongkretkan, dan hal – hal yang kompleks sanggup disederhanakan. melaluiataubersamaini demikian, konsep pelajaran akan tertanam, melekat, dan tahan usang dalam pemikiran siswa.
Ketiga, berkenaan dengan keuntungannya bagi guru, antara lain yaitu :
- Pengajaran yang menjadi lebih menarikdanunik bagi siswa akan menjadi motivasi tersendiri bagi guru.
- Dapat menjadikan minat, perilaku guru, dan evaluasi yang baik.
- Guru tidak kehabisan tenaga lantaran tidak harus mengambarkan pelajaran dengan komunikasi mulut semata.
- Suasana sekolah terasa sangat senang dan tidak membosankan bagi guru.
Berdasarkan kajian teoritik maupun empirik mengatakan kegunaan media dalam pembelajaran sebagai diberikut :
- Memdiberikan ransangan yang bervariasi kepada otak kita, sehingga otak sanggup berfungsi secara optimal
- Mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki penerima didik
- Memungkinkan adanya interaksi pribadi antara penerima didik dan lingkungannya
- Menghasilkan keseragaman pengamatan
- Meningkatkan impian dan minat baru
- Membangkitkan motivasi dan merangsang untuk belajar
- Memdiberikan pengalaman yang integral/menyeluruh dari sesuatu yang faktual maupun abstrak
- Meningkatkan kemampuan keterbacaan gres (new literature) yaitu kemampuan membedakan dan menafsirkan objek, tindakan dan lambang yang tampak, baik yang alami maupun buatan insan yang terdapat lingkungan
- Mampu meningkatkan efek sosialisasi, yaitu dengan meningkatkan kesadaran akan dunia sekitar
- Meningkatkan tingkat ekspresi diri baik dari sisi pendidik maupun penerima didik
Dalam perjuangan mengadakan media dalam proses belajar-mengajar, perlu didiberikan pedoman secara umum sebagai diberikut :
- Tidak ada media yang terbaik untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Masing-masing jenis media mempunyai kelebihan dan kekuurangan. Oleh lantaran itu memanfaatkan kombinasi dua atau lebih media akan lebih bisa memmenolong tercapainya tujuan pembelajaan.
- Penggunaan media harus didasarkan pada tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. melaluiataubersamaini demikian pemanfaat media harus menjadi bab integral dari penyajian pelajaran
- Pemakaian media harus memperhatikan kecocokan ciri media dengan karakteristik bahan pelajaran yang disajikan.
- Penggunaan media harus diadaptasi dengan bentuk kegiatan mencar ilmu yang akan dilaksanakan menyerupai belajara klasikal, mencar ilmu dalam kelompok kecil, mencar ilmu secara individual atau mencar ilmu mandiri
- Penggunaan media harus diserta persiaan yang cukup menyerupai mempreview media yang akan dipakai, mempersiapkan banyak sekali peralatan yang dibutuhkan di ruang kelas sebelum pelajaran dimulai dan sebelum penerima masuk. melaluiataubersamaini cara ini dibutuhkan tidak akan mengganggu kelancaran proses belajar-mengajar dan mengurangi waktu belajar
- Peserta didik perlu disiapkan sebelum media pelajaran digunakan semoga mereka sanggup mengarahakan perhatian pada hal-hal yang penting selama penyajian dengan media berlangsung
- Penggunaan media harus diusahakan semoga senantiasa melibatkan partisipasi aktif peserta
Disamping itu, faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan terhadap pemilihan prioritas pengadaan media pendidikan yaitu sebagai diberikut :
- Relevansi pengadaan media pendidikan edukatif
- Kelayakan pengadaan media pendidikan edukatif
- Kegampangan pengadaan media pendidikan edukatif
Tag :
Pembelajaran
0 Komentar untuk "Media Mempertinggi Proses Pembelajaran"