Karakteristik Anak (Siswa Eyl) Sebagai Pembelajar Muda Bahasa Inggris

Pembelajar muda ialah siswa SD berusia antara 6-12 tahun atau 13 tahun yang dibagi dalam dua kelompok yaitu:Younger Group (6-8 tahun) dan Older Group (9-12 tahun).  Menurut kelasnya dibagi
menjadi  lower class, yaitu anak kelas 1,2,dan 3 dan upper class,  anak kelas 4,5, dan 6.  Istilah lain ialah Level one  atau tingkat pemula  (5-7 tahun) dan Level Two  (8-19 tahun).  Kedua kelompok tersebut disebut juga dengan beginners kalau mereka gres memulai berguru bahasa Inggris pada usia itu.

Salah satu tujuan pembelajaran bahasa Inggris di SD ialah menumbuhkan minat anak dalam berguru bahasa Inggris. Oleh alasannya ialah itu  guru perlu memahami karakteristik anak sehingga sanggup menentukan metode dan materi pembelajaran yang sempurna untuk mereka.

Karakteristik anak SD antara lain:
  • Belajar sambil bermain, bernyanyi dan menggerakkan anggota tubuh. 
  • Mereka mempunyai perhatian dan serius yang singkat (tidak tahan lama). 
  • Mereka juga berguru dengan baik dikala mereka didiberi motivasi untuk terlibat secara eksklusif dalam aktivitas yang bekerjasama dengannya. Misalnya, akan lebih praktis bagi mereka untuk mempelajari materi yang memakai kata atau frasa menyerupai “ My name is…..   I have a cat. 
  • Jika suatu kalimat atau frasa berkaitan dengan benda-benda miliknya, anak akan memdiberi perhatian lebih kepada kalimat atau frasa tersebut. 
  • Mereka menyukai kisah sebagaimana mereka menyukai permainan. Melalui cerita, siswa sanggup dilatih untuk lebih memusatkan perhatian pada konteks secara keseluruhan daripada kalau ditetapkan kata per kata 
  • Pada usia 10 tahun (kelas 4) anak mulai memperhatikan orang lain tidak lagi spesialuntuk berserius pada dirinya. Anak sudah mulai terbuka, contohnya sudah memperhatikan you, yaitu kawannya. 
  • Untuk memperkenalkan bahasa Inggris kepada mereka, pertamai dengan hal yang nyata dan disertai dengan objek atau benda nyata atau gambar dari kata-kata yang sedang dipelajari. Benda-bena menyerupai kursi, meja, papan tulis, alat-alat tulis dengan praktis sanggup diperkenalkan kepada siswa.
Misalnya:
That is window (sambil menunjuk jendela)
This is the door ( sambil memegang pintu)
That is the blackboard (sambil menunjuk papan tulis)
This is the floor (sambil menunjuk lantai)

  • Pada usia 10-12 tahun diberi aktivitas untuk dikerjakan bersama alasannya ialah anak sudah sanggup bekerja sama dengan kawannya. Misalnya membuat daftar, melengkapi kalimat, mengisi teka-teki silang, dan lain-lain. 
  • Bekerja dalam kelompok sanggup menjadikan rasa kerjasama dan saling memmenolong, terutama bagi anak yang pemalu akan membuat beliau lebih berani. 
  • Dalam setiap aktivitas berguru mengajar bahasa Inggris guru harus sanggup membuat situasi berguru yang aman dan menarikdanunik semoga anak merasa aman dan bahagia dalam berguru bahasa Inggris. 
  • Selain itu metode atau metode pengajaran yang variatif perlu diperhatikan semoga anak tidak merasa bosan contohnya dengan nyanyian, permainan, kisah dan lain-lain.
0 Komentar untuk "Karakteristik Anak (Siswa Eyl) Sebagai Pembelajar Muda Bahasa Inggris"

Back To Top