Strategi pembelajaran question student have (petanyaan dari siswa) ialah tekni yang tidak angker yang sanggup digunakan untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan siswa/mahasiswa. Tekni ini memakai elisitasi dalam memperoleh pertisipasi mahasiswa secara tertulis.
Langkah-langakah:
- Bagikan potongan-potongan kertas (ukuran kartu pos) kepada siswa/mahasiswa.
- Minta siswa/mahasiswa untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang berkaitab dengan bahan pelajaran/kuliah, atau yang berafiliasi kelas. (tidak perlu menuliskan nama),
- Sesudah tiruana tamat membuat pertanyaan, masing-masing diminta untuk mempersembahkan kepada mitra di samping kirinya. Dalam hal ini jikalau posisi duduk siswa/mahasiswa yaitu lingkaran, nantinya akan terjadi gerakan perputaran kertas searah jarum jam. Jika posisi duduk berderet, sesuaikan dengan posisi mereka asalkan tiruana siswa/mahasiswa sanggup giliran untuk membaca tiruana pertanyaan dari kawan-kawannya,
- Pada ketika mendapatkan kertas dari mitra di sampingnya, mereka diminta untuk membaca pertanyaan yang ada. Jika pertanyaan itu juga ingin beliau ketahui jawabanannya, maka beliau harus memdiberi tanda centang (O), jikalau tidak didiberikan eksklusif kepada mitra di samping kanannya.
- Ketika kertas pertanyaan tadi kembali kepada pemiliknya, siswa/mahasiswa diminta untuk menghitung tanda centang yang ada pada kertasnya. Pada ketika ini carilah pertanyaan yang mendapatkan tanda centang paling banyak.
- Beri respon kepada pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan; a) jawabanan eksklusif secara singkat, b) menunda jawabanan hingga pada waktu yang sempurna atau waktu mengulas topik tersebut, c) menandakan bahwa mata pelajaran/kuliah ini tidak akan hingga mengulasa pertanyaan siswa/mahasiswa tersebut. Jawaban secara pribadi dapay didiberikan di luar kelas.
- Jika waktu cukup, meminta beberapa orang siswa/mahasiswa untuk membacakan pertanyaan yang beliau tulis meskipun tidak mendapatkan tanda centang yang banyak kemudian diberi jawabanan,
- Kumpulkan tiruana kertas. Besar kemungkinan ada pertanyaan-pertanyaan yang akan Anda balasan pada pertemuan diberikutnya.
Catatan:
- Jika kelas terlalu besar sehingga akan memakan waktu yang banyak untuk sanggup memutar kertas, pecahlah siswa/mahasiswa menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil kemudian ikuti arahan menyerupai di atas. Atau sanggup juga dengan mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan tersebut tanpa diputar kemudian beberapa pertanyaan secara acak.
- Daripada menuliskan pertanyaan, siswa/mahasiswa diminta menuliskan keinginan dan atau perhatian mereka terhadap mata pelajaran/kuliah.
Tag :
Pembelajaran
0 Komentar untuk "Strategi Pembelajaran Question Student Have"