Langkah-Langkah:
- Sampaikan kepada siswa/mahasiswa topik atau bahan yang akan dipelajari dalam pertemuan ini,
- Beri peluang beberapa menit kepada siswa/mahasiswa untuk mengingat-ingat pengalaman mereka yang tidak terlupakan, berkaitan dengan bahan yang ada,
- Tanyakan pengalaman apa yang berdasarkan mereka tidak terlupakan,
- Sampaikan perkuliahan dengan mengkaitkan pengalaman-pengalaman siswa/mahasiswa dengan bahan yang akan anda sampaikan.
Strategi dipakai dengan terbaik pada mata kuliah yang bersifat praktis, ibarat pada mata kuliah Metodologi Pengajaran di jurusan-jurusan keguruan. Sebagai tumpuan ialah mata kuliah Metodologi Pengajaran dengan topik Kelemahan Metode Ceramah. Disini guru/dosen sanggup bertanya kepada siswa/mahasiswa;
Dari pengalaman anda mencar ilmu semenjak dari SD hingga sekarang, apa yang anda rasakan jikalau seorang dosen/guru memberikan bahan pelajaran/perkuliahan dengan ceramah?
Dari jawabanan jawabanan yang muncul guru/dosen sanggup memulai perkuliahan dengan mengaitkan pengalaman-pengalaman siswa/mahasiswa dengan topik yang diajarkan.
Sumber: Strategi Pembelajaran Aktif, Hisyam Zaini dkk, CTSD, 2007
Tag :
Pembelajaran
0 Komentar untuk "Strategi Pembelajaran Critical Incident"