Strategi Pembelajaran Critical Incident

Strategi Critical Incident (Pengalaman Penting) ini dipakai guru untuk memulai pelajaran atau perkuliahan bagi dosen. Tujuan dari penerapan taktik ini ialah untuk melibatkan siswa atau mahasiswa sejak  pertama dengan melihat pengalaman mereka. 

Langkah-Langkah:
  • Sampaikan kepada siswa/mahasiswa topik atau bahan yang akan dipelajari dalam pertemuan ini, 
  • Beri peluang beberapa menit kepada siswa/mahasiswa untuk mengingat-ingat pengalaman mereka yang tidak terlupakan, berkaitan dengan bahan yang ada,
  • Tanyakan pengalaman apa yang berdasarkan mereka tidak terlupakan, 
  • Sampaikan perkuliahan dengan mengkaitkan pengalaman-pengalaman siswa/mahasiswa dengan bahan yang akan anda sampaikan. 
Strategi dipakai dengan terbaik pada mata kuliah yang bersifat praktis, ibarat pada mata kuliah Metodologi Pengajaran di jurusan-jurusan keguruan. Sebagai tumpuan ialah mata kuliah Metodologi Pengajaran dengan topik Kelemahan Metode Ceramah. Disini guru/dosen sanggup bertanya kepada siswa/mahasiswa;
Dari pengalaman anda mencar ilmu semenjak dari SD hingga sekarang, apa yang anda rasakan jikalau seorang dosen/guru memberikan bahan pelajaran/perkuliahan dengan ceramah?
Dari jawabanan jawabanan yang muncul guru/dosen sanggup memulai perkuliahan dengan mengaitkan pengalaman-pengalaman siswa/mahasiswa dengan topik yang diajarkan. 
Sumber: Strategi Pembelajaran Aktif, Hisyam Zaini dkk, CTSD, 2007
Tag : Pembelajaran
0 Komentar untuk "Strategi Pembelajaran Critical Incident"

Back To Top