Ada tiga bentuk komunikasi dalam bisnis yang akan kita bahas disini:
Teknik 1. FACE TO FACE COMMUNICATION
Teknik 1. FACE TO FACE COMMUNICATION
Komunikasi tatap muka adalah hal penting dalam dunia bisnis dan perkantoran.Bentuk komunikasi
tatap muka biasanya diimplementasikan dalam bentuk: a) mempersembahkan pengarahan, b) mempersembahkan instruksi, c) rapat kerja, d) briefing , dan e) aktivitas promosi, ibarat promosi produk atau aktivitas baik intern maupun kepada masyarakat luas/publik.
tatap muka biasanya diimplementasikan dalam bentuk: a) mempersembahkan pengarahan, b) mempersembahkan instruksi, c) rapat kerja, d) briefing , dan e) aktivitas promosi, ibarat promosi produk atau aktivitas baik intern maupun kepada masyarakat luas/publik.
Prinsip-prinsip komunikasi tatap muka:
- Persiapan yang matang dan detail terkena pengetahuan, konten/materi, kelengkapan materi, dan catatan-catatan penting,
- Persiapan presentasi, contohnya pertimbangan audience atau orang-orang penting yang akan dijumpai,
- Persiapan alat menolong presentasi, contohnya PowerPoint, LCD, maupun perlengkapan audio-visual lainnya.
- Giving instructions atau mempersembahkan instruksi adalah salah satu tumpuan komunikasi tatap muka.
Tiga aspek penting dalam mempersembahkan instruksi:
- The circumstances
- The nature of instructions
- The need for practice and recapitulations
The circumstances
The circumstances meliputi: 1) tempat, 2) jumlah individu, dan karakteristik individu yang didiberikan instruksi.
- TEMPAT: lokasi yang dipakai untuk mempersembahkan instruksi
- JUMLAH INDIVIDU: apabila jumlah penerima banyak, sebaiknya dilakukan di ruangan yang memadai
- KARAKTERISTIK INDIVIDU: perlu mempertimbangkan huruf individu, contohnya instruksi kepada pegawai gres tidak sama dengan instruksi kepada pegawai lama
The nature of the instruction
- Instruksi: rangkaian pesan untuk disampaikan
- Pertimbangan dalam mempersembahkan pesan dilihat dari tujuannya:
- Mengetahui poin-poin penting yang harus disampaikan
- Teknik pemyampaian yang sistematis (berurutan) dan menarikdanunik
The need for practice and recapitulation
- Dalam mempersembahkan instruksi dibutuhkan pertimbangan apakah instruksi tersebut harus dilakukan dalam suatu praktik atau tidak.
- Apabila perlu praktik, maka mekanisme pelaksanaan dan cara pelaksanaan perlu disampaikan.
Teknik 2. COMMUNICATION USING TECHNICAL AIDS
Disini kita akan dijelaskan komunikasi dunia bisnis dengan menolongan dua jenis peralatan teknis: 1) The telephone systems, dan 2) Information Technology.
Telepon ketika ini dilengkapi dengan banyak sekali fasilitas, contohnya last number redial, number memories, dan number display. Information technology atau IT saat ini marak digunakan, contohnya email, jaenteng sosial, dll.
Teknik 3. TELEPHONE LANGUAGE
Telephone language: tata cara berkomunikasi melalui telepon dalam dunia bisnis dan perkantoran.
Dua hal penting bahasa komunikasi melalui telepon: Outgoing calls dan Incoming calls
Outgoing calls: telepon keluar.
Langkah-langkah yang perlu dipertimbangkan:
- Mengidentifikasi/sebut nama
- Meminta untuk berbicara dengan orang yang dituju
- Memdiberikan informasi lebih lanjut
- Menjelaskan tujuan menelepon
- Mengatakan bahwa kita mengerti
- Meninggalkan pesan
- Mengucapkan terima kasih
- Mengakhiri pembicaraan
Langkah-langkah yang perlu dipertimbangkan:
- Menyampaikan salam, sebut nama perusahaan, dan identitas diri/nama
- Menawarkan menolongan
- Menanyakan identitas penelepon
- Menanyakan informasi lanjutan
- Menyambungkan telepon dengan orang lain yang dituju
- Memdiberikan klarifikasi bahwa orang yang ditelepon tidak ada
- Menawarkan tindakan alternatif
- Merespon ucapan terima kasih
(Sumber: Materi Kuliah English for Bussiness UT)
Tag :
Bahasa Inggris
0 Komentar untuk "Communication In Business"