Keterampilan menyimak ialah keterampilan pertama yang diajarkan siswa. Menyimak ialah proses acara yang bersifat aktif alasannya yaitu selain mendengar siswa sekaligus berpikir untuk
mengetahui makna/arti dari materi yang didengar. Guru harus sanggup menentukan bahan yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa.
mengetahui makna/arti dari materi yang didengar. Guru harus sanggup menentukan bahan yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa.
Materi menyimak :
2. dengan kalimat-kalimat pendek,
3. pengucapan jelas,
4. pemilihan kata yang sederhana
5. pilih topik yang familiar bagi siswa
6. diberi acara pengulangan (repetition)
Jangan sering mengandalkan masukana menyerupai tape recorder, kaset, audiovisual. Guru sanggup menjadi sumber mencar ilmu yang menarikdanunik dan andal. Jika guru yang menjadi sumber belajar, gunakan intonasi yang sanggup menarikdanunik perhatian siswa. Pastikan siswa mengerti dengan baik maksud dan tujuan acara menyimak yang akan dilakukan
Berbagai Kegiatan Menyimak (Listening) pada English for Childerns:
Listen and Do
Instruksi: Latih siswa untuk terbiasa mendengar arahan dalam bahasa Ingrgris yang sering dipakai, misalnya;
Please, clean the board
Come here and write the answer on the board
Listen to me
Repeat after me
Close the door, please
Who knows, raise your hand please
Be quiet please
Who is absent today?
Let’s sing a song
Guru sanggup memakai bahasa badan (gesture) saat mengucapkan kata-kata tersebut. Misalnya saat mengucapkan” Who knows, raise your hand please” guru juga mengangkat tangan.
Mini Stories
Guru membacakan kisah dan mengajak siswa untuk ikut dalam kisah tersebut dengan cara melaksanakan gerakan sesuai dengan yang ada dalam situasi atau kisah tersebut. Misalnya, kisah terkena kebiasaan sehari menyerupai menggosok gigi, guru dan siswa memperagakan acara menyikat gigi dan lain sebagainya. Pilih kisah yang sederhana dan mengandung pesan budbahasa yang baik. Pegang buku yang digunakan untuk menceritakan. Gunakan improvisasi suara, intonasi, gerakan, dan ekpresi wajah yang tidak sama-beda saat membaca. Gunakan buku bergambar yang berwarna warni.
Menggambar dan/atau mewarnai
Misalnya, siswa didiberi beberapa gambar, minta siswa untuk mewarnai gambar sesuai dengan arahan yang di dengar.
Moving about
Guru memdiberi arahan seperti stand up, sit down, walk slowly, point to the door, point to the windows, dan sebagainya, siswa melaksanakan apa yang diucapkan guru. Guru juga sanggup meminta mengucapkan kata yang diinstruksikan sambil melaksanakan gerakan. Misalnya guru menyampaikan : say hurray, say Good Morning, I’m happy, dan lain sebagainya sambil merentangkan tangan misalnya. Siswa diminta untuk mengucapkan kata tersebut sambil merentangkan tangan pula.
Listening For Specific Purposes
1). Latihan mengidentifikas.
Misalnya, siswa diminta untuk mengidentifikasi benda tertentu sesuai dengan informasi yang siswa dengar.
Misalnya, siswa diminta untuk mengidentifikasi benda tertentu sesuai dengan informasi yang siswa dengar.
2). Mencari kesalahan
Misalnya, siswa diminta untuk mengidentifikasi apa yang salah dari sebuah gambar sesuai dengan deskripsi yang mereka dengar.
3). Mengurutkan gambar sesuai dengan urutan kejadiannya
Misalnya, siswa diminta untuk mengurutkan gambar sesuai dengan tentang yang mereka dengar.
4). Melengkapi informasi yang belum lengkap
Misalnya, siswa melengkapi suatu teks pendek sederhana atau teks lagu yang beberapa kata nya dihilangkan dengan mendengarkan teks yang dibacakan guru.
5). Latihan pengucapan dan intonasi
Beri siswa tes mengucapkan dengan intonasi yang benar.
Sajak
Guru membacakan sajak pendek sederhana baris per baris, minta siswa untuk menirukan sajak yang dibacakan guru.
Menyanyi
Hampir sama dengan acara sajak, minta siswa untuk meniru baris per baris lagu yang dinyanyikan guru. Agar lebih menarikdanunik bagi siswa guru sanggup melaksanakan gerakan yang sesuai dengan arti kata-kata tersebut.
(Sumber: Materi Kuliah English for Children UT)
Tag :
Bahasa Inggris
0 Komentar untuk "Pembelajaran Menyimak: English For Children"