Strategi pembelajaran Teks Acak ialah taktik yang sangat baik dipakai oleh guru untuk mata pelajaran/kuliah bahasa, meskipun guru mata pelajaran lain sanggup juga menggunakannya.
Langkah-langkah:
Langkah-langkah:
- Pilih bacaan yang akan disampaikan,
- Potong bacaan tersebut menjadi beberapa bagian. Potongan sanggup dilakukan perkalimat, atau per dua kalimat,
- Beri setiap kelompok satu bacaan utuh yang sudah dipotong-potong,
- Tugas siswa/mahasiswa yaitu menyusun bacaan sehingga sanggup dibaca dengan urut,
- Pelajari teks bacaan dengan siswa/mahasiswa, dengan cara yang Anda kehendaki.
Untuk mata kuliah Bahasa Inggris dengan bahan reading comprehension sanggup dilakukan menyerupai pola di bawah ini;
Reading Text
Ali who working a long way from home, wanted to send a letter to his wife but he could neither read nor write,
and he had to work all day so he could only look for somebody to write his letter late at night. At last he found the house of a letter write whose name was Nasreddin.
Nasreddin was already in bed. "It is late', he said.
What do you want?' Nasreddin was not pleased.
'I want you to write a letter to my wife,' said Ali.
He thought for a second and then said,' Has the letter got to go far'
'What does that matter?' answered Ali.
'Well, my writing is so strange that only I can read it, and if I have to travel a long way to read your letter to your wife, it will cost you a lot of money.'
A went away quickly.
Bacaan di atas sudah dipisah sesuai dengan potongan-potongan yang akan dibagikan kepada siswa/mahasiswa. Jika dianggap terlalu susah, pemotongan teks sanggup dilakukan lebih sedikit, atau jikalau terlalu simpel pemotongannya ditambah.
Sumber: Strategi Pembelajaran Aktif, Hisyam Zaini, dkk, CTSD, 2007
Tag :
Pembelajaran
0 Komentar untuk "Strategi Pembelajaran Teks Acak"