10. Sekolah/madrasah membuatkan silabus yang memuat komponen:
(1) identitas mata pelajaran, (2) identitas sekolah/madrasah, (3) kompetensi inti, (4) kompetensi dasar, (5) bahan pokok, (6) kegiatan pembelajaran, (7) penilaian, (8) alokasi waktu, (9) sumber belajar.
- A. Memuat 9 komponen dalam silabus
- B. Memuat 8 komponen dalam silabus
- C. Memuat 7 komponen dalam silabus
- D. Memuat 6 komponen dalam silabus
- E. Memuat kurang dari 6 komponen dalam silabus
- A. 100% mata pelajaran
- B. 95%-99% mata pelajaran
- C. 90%-94% mata pelajaran
- D. 85%-89% mata pelajaran
- E. Kurang dari 85% mata pelajaran
(3) beban berguru per semester, (4) beban berguru per tahun pelajaran.
- A. Sesuai 4 ketentuan
- B. Sesuai 3 ketentuan
- C. Sesuai 2 ketentuan
- D. Sesuai 1 ketentuan
- E. Tidak ada yang sesuai ketentuan
- A. Jumlah siswa per rombongan berguru maksimum 32 orang.
- B. Jumlah siswa per rombongan berguru sebanyak 33-34 orang.
- C. Jumlah siswa per rombongan berguru sebanyak 35-36 orang.
- D. Jumlah siswa per rombongan berguru sebanyak 37-38 orang.
- E. Jumlah siswa per rombongan berguru lebih dari 39 orang.
- A. 100% memakai buku teks
- B. 95%-99% memakai buku teks
- C. 90%-94% memakai buku teks
- D. 85%-89% memakai buku teks
- E. Kurang dari 85% memakai buku teks
- A. Melakukan 12 kriteria
- B. Melakukan 10-11 kriteria
- C. Melakukan 8-9 kriteria
- D. Melakukan 6-7 kriteria
- E. Melakukan kurang dari 6 kriteria
16. Guru memulai pembelajaran dengan 5 langkah penlampauan diberikut: (1) menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran,
(2) memdiberi motivasi berguru siswa, (3) mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan bahan yang akan dipelajari, (4) mengambarkan tujuan pembelajaran, (5) memberikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian kegiatan sesuai silabus.
- A. 91%-100% guru melaksanakan 5 langkah penlampauan
- B. 81%-90% guru melaksanakan 5 langkah penlampauan
- C. 71%-80% guru melaksanakan 5 langkah penlampauan
- D. 61%-70% guru melaksanakan 5 langkah penlampauan
- E. Kurang dari 61% guru melaksanakan 5 langkah penlampauan
17. Guru memakai model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran.
- A. 91%-100% guru memakai model yang sesuai
- B. 81%-90% guru memakai model yang sesuai
- C. 71%-80% guru memakai model yang sesuai
- D. 61%-70% guru memakai model yang sesuai
- E. Kurang dari 61% guru memakai model yang sesuai
- A. 91%-100% guru memakai metode yang sesuai
- B. 81%-90% guru memakai metode yang sesuai
- C. 71%-80% guru memakai metode yang sesuai
- D. 61%-70% guru memakai metode yang sesuai
- E. Kurang dari 61% guru memakai metode yang sesuai
19. Guru memakai media pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa dan mata pelajaran.
- A. 91%-100% guru memakai media yang sesuai
- B. 81%-90% guru memakai media yang sesuai
- C. 71%-80% guru memakai media yang sesuai
- D. 61%-70% guru memakai media yang sesuai
- E. Kurang dari 61% guru memakai media yang sesuai
20. Guru memakai sumber berguru yang sesuai karakteristik siswa dan mata pelajaran.
- A. 91%-100% guru memakai sumber berguru yang sesuai
- B. 81%-90% guru memakai sumber berguru yang sesuai
- C. 71%-80% guru memakai sumber berguru yang sesuai
- D. 61%-70% guru memakai sumber berguru yang sesuai
- E. Kurang dari 61% guru memakai sumber berguru yang sesuai
21. Guru memakai pendekatan pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa dan mata pelajaran.
- A. 91%-100% guru memakai pendekatan yang sesuai
- B. 81%-90% guru memakai pendekatan yang sesuai
- C. 71%-80% guru memakai pendekatan yang sesuai
- D. 61%-70% guru memakai pendekatan yang sesuai
- E. Kurang dari 61% guru memakai pendekatan yang sesuai
22. Guru bersama siswa mengakhiri pembelajaran dengan langkah epilog diberikut: (1) mengevaluasi seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran, (2) mempersembahkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran, (3) melaksanakan kegiatan tindak lanjut, (4) menginformasikan planning kegiatan pembelajaran diberikutnya.
- A. 91%-100% guru melaksanakan 4 langkah penutup
- B. 81%-90% guru melaksanakan 4 langkah penutup
- C. 71%-80% guru melaksanakan 4 langkah penutup
- D. 61%-70% guru melaksanakan 4 langkah penutup
- E. Kurang dari 61% guru melaksanakan 4 langkah penutup
23 Guru memakai pendekatan penilaian otentik dalam penilaian proses pembelajaran.
- A. 91%-100% guru memakai pendekatan penilaian otentik
- B. 81%-90% guru memakai pendekatan penilaian otentik
- C. 71%-80% guru memakai pendekatan penilaian otentik
- D. 61%-70% guru memakai pendekatan penilaian otentik
- E. Kurang dari 61% guru memakai pendekatan penilaian otentik
24. Guru memanfaatkan hasil penilaian otentik untuk merencanakan program:
(1) remedial, (2) pengayaan (3) pelayanan konseling, (4) perbaikan proses pembelajaran.
- A. 91%-100% guru memanfaatkan untuk 4 kegiatan
- B. 81%-90% guru memanfaatkan untuk 4 kegiatan
- C. 71%-80% guru memanfaatkan untuk 4 kegiatan
- D. 61%-70% guru memanfaatkan untuk 4 kegiatan
- E. Kurang dari 61% guru memanfaatkan untuk 4 kegiatan
25. Kepala sekolah/madrasah melaksanakan pengawasan proses pembelajaran dengan adil dan transparan guna peningkatan mutu secara berkelanjutan.
- A. Dilakukan secara adil dan transparan, dan dipakai untuk peningkatan mutu
- B. Dilakukan secara adil dan transparan, tetapi tidak dipakai untuk peningkatan mutu
- C. Dilakukan secara adil dan tertutup, dan tidak dipakai untuk peningkatan mutu
- D. Dilakukan secara subjektif dan tertutup, dan tidak dipakai untuk peningkatan mutu
- E. Tidak melaksanakan pengawasan
26. Kepala sekolah/madrasah melaksanakan supervisi proses pembelajaran terhadap seluruh guru setiap tahun.
- A. Menyupervisi 91%-100% guru
- B. Menyupervisi 81%-90% guru
- C. Menyupervisi 71%-80% guru
- D. Menyupervisi 61%-70% guru
- E. Menyupervisi kurang dari 61% guru
27. Kepala sekolah/madrasah memantau proses pembelajaran melalui:
(1) diskusi kelompok terserius, (2) pengamatan, (3) pencatatan, (4) perekaman, (5) wawancara, (6) pendokumentasian.
- A. Melalui 5 atau lebih cara pemantauan
- B. Melalui 4 cara pemantauan
- C. Melalui 3 cara pemantauan
- D. Melalui 2 cara pemantauan
- E. Kurang dari 2 cara pemantauan
28. Kepala sekolah/madrasah menindaklanjuti hasil supervisi proses pembelajaran dengan cara: (1) pemdiberian contoh, (2) diskusi, (3) konsultasi, (4) petes.
- A. Menindaklanjuti dengan 4 cara
- B. Menindaklanjuti dengan 3 cara
- C. Menindaklanjuti dengan 2 cara
- D. Menindaklanjuti dengan 1 cara
- E. Tidak menindaklanjuti
29. Kepala sekolah/madrasah menyusun: (1) laporan pemantauan, (2) laporan supervisi, (3) laporan penilaian proses pembelajaran, (4) jadwal tindak lanjut.
- A. Menyusun laporan 3 kegiatan dan jadwal tindak lanjut
- B. Menyusun laporan 3 kegiatan dan tidak merencanakan jadwal tindak lanjut
- C. Menyusun laporan 2 kegiatan
- D. Menyusun laporan 1 kegiatan.
- E. Tidak menyusun laporan kegiatan
30. Kepala sekolah/madrasah melaksanakan tindak lanjut terhadap hasil pengawasan proses pembelajaran, minimal 1 tahun terakhir.
- A. Menindaklanjuti 91%-100% hasil pengawasan
- B. Menindaklanjuti 81%-90% hasil pengawasan
- C. Menindaklanjuti 71%-80% hasil pengawasan
- D. Menindaklanjuti 61%-70% hasil pengawasan
- E. Menindaklanjuti kurang dari 61% hasil pengawasan
Tag :
Akreditasi
0 Komentar untuk "Instrumen Ratifikasi Smp/Mts - 2017 Standar Proses"