Pada prakteknya, organisasi pendidikan jarak jauh didirikan alasannya adanya kebutuhan untuk menjembatani keterpisahan ruang dan waktu antara siswa dan pengajar, dan juga sebagai upaya untuk membuka susukan yang lebih lebar terhadap kesempatam memperoleh pendidikan bagi masyarakat, serta untuk memandirikan anggota masyarakat melalui kebebasan memilih. melaluiataubersamaini demikian, dalam kenyataannya, kebanyakan organisasi pendidikan jarak jauh juga menerapkan sistem pendidikan terbuka untuk aspek tertentu, dan kebanyakan organisasi pendidikan terbuka juga menerapkan sistem pendidikan jarak jauh atau mengadopsi beberapa komponen sistem pendidikan jarak jauh dalam beberapa aspek. Namun ada juga organisasi pendidikn jarak jauh yang sama sekali tidak terbuka.
misal yang paling ekstrim didiberikan melalui film Superman beberapa waktu yang lalu. Dalam film tersebut dikisahkan bayi Superman yang melanglang buana seorang diri dari plguat Krypton menuju bumi (Amerika Serikat) dalam sebuah pesawat ruang angkasa. Dalam pesawat tersebut tersedia satu praktek pembelajaran bagi bayi Superman wacana bumi dan isinya, yang harus diselesaikan selama perjalanan. Dalam pola ini terang Superman berguru secara jarak jauh, namun sama sekali tidak terbuka alasannya ia tidak mempunyai kebebasan memilih.
misal yang paling ekstrim didiberikan melalui film Superman beberapa waktu yang lalu. Dalam film tersebut dikisahkan bayi Superman yang melanglang buana seorang diri dari plguat Krypton menuju bumi (Amerika Serikat) dalam sebuah pesawat ruang angkasa. Dalam pesawat tersebut tersedia satu praktek pembelajaran bagi bayi Superman wacana bumi dan isinya, yang harus diselesaikan selama perjalanan. Dalam pola ini terang Superman berguru secara jarak jauh, namun sama sekali tidak terbuka alasannya ia tidak mempunyai kebebasan memilih.
Perkembangan terakhir dalam sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh yakni proses pembelajaran maya atau yang dikenal dengan istilah virtual learning. Proses pembelajaran maya terjadi pada kelas maya (virtual classroom) dan atau universitas maya (virtual university) yang berada dalam cyber space (dunia cyber) melalui jaenteng Internet. Proses pembelajaran maya menerapkan sistem pendidikan jarak jauh—yang diberintikan keterpisahan ruang dan waktu antara siswa dan pengajar---, dan sistem berguru terbuka—yang diberintikan susukan yang terbuka dan kebebasan menentukan bagi siswa.
Proses pembelajaran maya berusaha untuk mengatasi duduk kasus keterpisahan ruang dan waktu antara siswa dan pengajar melalui media komputer. Siswa sanggup memperoleh materi didik yang sudah dirancang dalam paket-paket pembelajaran yang tersedia dalam situs universitas maya. Biasanya materi didik disediakan dalam bentuk multimedia terpadu, dengan kemungkinan untuk mencetak bagian-bagian tertentu pada printer seseorang. Siswa boleh mempelajari materi didik tersebut sendiri, tanpa batuan berguru apapun. Jika diperlukan, siswa sanggup memperoleh menolongan berguru dalam bentuk interaksi yang difasilitasi oleh komputer yaitu berguru bermenolongan komputer (computer assisted learning), berguru bermenolongan pengajar dan/atau tutor secara synchronous (dalam titik waktu yang sama) maupun asynchronous (dalam titik waktu yang tidak sama), dan/atau berguru bermenolongan sumber berguru lain ibarat mitra dan pakar melalui surat elektronik (e-mail), perpustakaan (melalui kunjungan ke situs-situs perpustakaan yang ada dalam jaenteng Internet). Penilaian hasil berguru siswa juga sanggup dilakukan secara jarak jauh melalui komputer dan secara terbuka—kapan saja siswa merasa siap untuk dinilai.
Proses pembelajaran maya berusaha untuk mengatasi duduk kasus keterpisahan ruang dan waktu antara siswa dan pengajar melalui media komputer. Siswa sanggup memperoleh materi didik yang sudah dirancang dalam paket-paket pembelajaran yang tersedia dalam situs universitas maya. Biasanya materi didik disediakan dalam bentuk multimedia terpadu, dengan kemungkinan untuk mencetak bagian-bagian tertentu pada printer seseorang. Siswa boleh mempelajari materi didik tersebut sendiri, tanpa batuan berguru apapun. Jika diperlukan, siswa sanggup memperoleh menolongan berguru dalam bentuk interaksi yang difasilitasi oleh komputer yaitu berguru bermenolongan komputer (computer assisted learning), berguru bermenolongan pengajar dan/atau tutor secara synchronous (dalam titik waktu yang sama) maupun asynchronous (dalam titik waktu yang tidak sama), dan/atau berguru bermenolongan sumber berguru lain ibarat mitra dan pakar melalui surat elektronik (e-mail), perpustakaan (melalui kunjungan ke situs-situs perpustakaan yang ada dalam jaenteng Internet). Penilaian hasil berguru siswa juga sanggup dilakukan secara jarak jauh melalui komputer dan secara terbuka—kapan saja siswa merasa siap untuk dinilai.
Dari bermacam-macam definisi serta perkembangan dan perubahan yang terjadi dala praktek pendidikan terbuka dan jarak jauh di banyak sekali negara, ada beberapa hal yang sanggup disimpulkan, yaitu:
- Keberadaan sistem pendidika terbuka dan jarak jauh, selain untuk mencapai tujuan pendidikan sebagaimana tercantum dalam kurikulum, juga diarahkan utnuk peningkatan susukan terhadap pendidikan (mengatasi keterpisahan dan membuka peluang memperoleh pendidikan). melaluiataubersamaini sendirinya, hal tersebut bersahabat kaitannya dengan duduk kasus keadilan sosial, pemerataan antar kelompok, dan liberalisasi pendidikan lintas ruang dan waktu bagi seluruh individu dalam suatu masyarakat. Oleh alasannya itu sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh sering kali ialah suatu sistem pendidikan yang kental bernuaansakan politik.
- Sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh mempunyai proses dan hubungan interaktif antara siswa dan pengajar secara terbuka dan jarak jauh. Dalam hal ini keragaman interaksi yang difasilitasi oleh media terstruktur secara sistematis, dan bertujuan untuk memmenolong proses berguru siswa ialah komponen esensial dalam aktivitas pembelajaran. Di samping itu konsep kemandirian dan interaksi yakni konsep esensial dalam sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh.
- Sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh mempunyai sistem perencanaan yang berserius kepada siswa (student centered) dan sanggup dipertanggungjawabankan secara publik (akuntabilitas). Proses pembelajaran dirancang menurut kebutuhan dan karakteristik siswa tanpa melupakan karakteristik pembelajaran terbuka dan jarak jauh. Semua perencanaan dilakukan jauh sebelum proses pembelajara dilaksanakan dan biasanya didokumentasikan dengan baik. melaluiataubersamaini sifatnya yang terbuka, maka proses pembelajaran sanggup diakses oleh siapa saja yang berpartisipasi dan tiruana yang terjadi dalam proses pembelajaran sanggup dipertanggungjawabankan secara publik.
- Sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh memperakuratkan keterampilan berkomunikasi yang efektif bagi tiruana yang berpartisipasi di dalamnya, yaitu siswa, pengajar dan/atau tutor, dan organisasi. Penyajian bermacam-macam materi pembelajaran melalui banyak sekali media dan interaksi yang terjadi antara siswa, pengajar dan/atau tutor, dan organisasi harus berlandaskan pada proses komunikasi dan keterampilan komunikasi yang efektif. Di samping itu, penyajian materi pembelajaran melalui media saja belumlah cukup kalau tidak disertai dengan bermacam-macam interaksi antara siswa, pengajar dan/atau tutor, dan organisasi, baik secara eksklusif maupun difasilitasi oleh media.
Sumber: Materi Kursus Pendidikan Jarak Jauh UT 2017.1
Bahan diambil dari:
Pannen, P. (2002). Pengertian sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh. Dalam Belawati, T (Ed.). Pendidikan terbuka dan jarak jauh: Didedikasikan kepada Dr. Setijadi, M.A. 11-29.
Tag :
Pendidikan dan Kurikulum
0 Komentar untuk "Sistem Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh"