FOR EDUCATION PERSONNEL
(Pro DEP)
“LAPORAN On The Job Learning
Di MTsN Luhak Nan Tuo Tanah Datar
BPU : Supervisi Akademik
Oleh :
Mr. Ajoefahmi, S.Pd
NIP.19818181818181
KEMENTERIAN AGAMA
KABUPATEN TANAH DATAR
TAHUN 2017
IDENTITAS
1. | Nama Sekolah | : | MTsN LuhakNan Tuo |
2. | NSS/NISN | : | 1212121212 |
3. | Status | : | Negeri |
4. | Alamat Sekolah | ||
Jalan | : | Jl. Datuak Maringgih | |
Nagari | : | Luhak | |
Kecamatan | : | Nan Tuo | |
Kabupaten | : | Tanah Datar | |
Propinsi | : | Sumatera Barat | |
Kode Pos | : | 27261 | |
Telepon | : | ||
Fax | : | - | |
e-mail | : | - | |
Webside | : | - | |
5. | Kepala Sekolah | ||
Nama | : | Ajoefahmi, S.Pd | |
Status PNS | : | Pusat | |
NIP | : | 1981818181818181 | |
Pangkat/gol. ruang/TMT | : | Pembina/IV.a | |
Jabatan Fungsional | : | Guru/ Kepala | |
NUPTK | : |
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Undang-undang No 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional yang diikuti dengan Peraturan Pemerintah No 32 Tahun 2013 wacana Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan ditindak lanjuti dengan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permeneg PAN & RB) No 21 tahun 2010 secara eksplisit memdiberi amanat kepada pengawas sekolah untuk melaksanakan pembimbingan dan petes professional kepada sekolah. Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pengembangan Sumber Daya Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan bekerja sama dengan pemerintah Australia memberdayakan kiprah pengawas sekolah / madrasah dalam peningkatan mutu Kepala Sekolah melalui pendampingan PKB KS/M dalam Program Pro DEP (Professional Development for Education Personnel).
B. DASAR HUKUM
Dasar Hukum PKB KS/M ialah :
- Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional;
- Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 wacana Perubahan atas peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 perihal Standar Nasional Pendidikan;
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 wacana Standar Kepala Sekolah / Madrasah;
- Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2009 wacana Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;
- Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi Nomor 21 Tahun 2010 wacana Jabatan Fungsional Pengawas dan Angka Kreditnya;
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 wacana Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah;
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 wacana Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;
- Permendiknas 12 Tahun 2007 tantang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah;
- Surat Keputusan Kepala PPPPTK Bahasa nomor : 1453a/J6/KP/2014 Bahasa wacana Penanggungjawaban, Narasumber, Panitia, dan Peserta Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk Kepala Sekolah/Madrasah tingkat SMP/MTs.
C. TUJUAN
Secara umum tujuan PKB – KS/M ialah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, dan kinerja professional Kepala Sekolah/Madrasah dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran penerima didiknya.
D. SASARAN
Samasukan PKB KS/M – SMP/MTs ini ialah 398 orang Kepala Sekolah dari 9 kabupaten/kota yang menjadi binaan dari pengawas Sekolah yang sudah mengikuti acara PPKS PS.
E. HASIL YANG DIHARAPKAN
Hasil yang diperlukan dari acara ini ialah supaya Kepala Sekolah menguasai Bahan Pembelajaran Umum (BPU) yang menjadi pilihan. Untuk MTsN Luhak Nan Tuo yang dipilih untuk BPU 2 ialah Supervisi Akademik sehingga diperlukan kepala sekolah bisa :
- Merencanakan Supervisi Akademik
- Melaksanakan Supervisi Akademik
- Menganalisis hasil Supervisi Akademik
- Memdiberikan umpan balik/Tindak Lanjut Supervisi Akademik
- Membuat Laporan Supervisi Akademik
F. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
- Waktu : 26 September 2016 sampai dengan 20 Februari 2017
- Tempat : MTsN Luhak Nan Tuo
BAB II
KERANGKA BERPIKIR PEMECAHAN MASALAH
Supervisi akademik ialah acara pengawasan yang berfungsi untuk menilai dan membina guru dalam rangka mempertinggi kualitas proses pembelajaran agar berdampak terhadap kualitas hasil berguru siswa.
Supervisi akademik ialah upaya memmenolong guru-guru membuatkan kemampuannya mencapai tujuan pembelajaran. melaluiataubersamaini demikian, berarti, esensi supervisi akademik itu sama sekali bukan menilai unjuk kerja guru dalam mengelola proses pembelajaran, melainkan memmenolong guru membuatkan kemampuan profesionalismenya.
Berkenaan dengan hal tersebut berarti supervisi akademik tidak bisa terlepas dari evaluasi unjuk kerja guru dalam mengelola pembelajaran, mengingat hasil simpulan yang ingin dicapai dalam supervsi akademik ialah adanya pencapaian mutu pembelajaran..
Berkenaan dengan hal tersebut berarti supervisi akademik tidak bisa terlepas dari evaluasi unjuk kerja guru dalam mengelola pembelajaran, mengingat hasil simpulan yang ingin dicapai dalam supervsi akademik ialah adanya pencapaian mutu pembelajaran..
Terdapat tiga kunci pokok atau dalam supervisi akademik, yakni :
- Supervisi akademik harus secara eksklusif mempengaruhi dan membuatkan sikap guru dalam mengelola proses pembelajaran;
- Perilaku supervisor dalam memmenolong guru membuatkan kemampuannya harus didesain secara ofisial, sehingga terperinci waktu mulai dan berakhirnya agenda pengembangan tersebut, dan;
- tujuan simpulan supervisi akademik ialah supaya guru semakin bisa memfasilitasi berguru bagi anakdidik-anakdidiknya.
Secara rinci, tujuan supervisi akademik akan diuraikan lebih lanjut diberikut ini:
- memmenolong guru membuatkan kemampuannya profesionalnnya dalam memahami akademik, kehidupan kelas, membuatkan keterampilan mengajarnya dan memakai kemampuannya melalui metode-metode tertentu;
- memonitor acara proses berguru mengajar di sekolah. Kegiatan memonitor ini bisa dilakukan melalui kunjungan kepala sekolah ke kelas-kelas di dikala guru sedang mengajar, percakapan pribadi dengan guru, mitra sejawatnya, maupun dengan sebagian anakdidik-anakdidiknya.
- mendorong guru menerapkan kemampuannya dalam melaksanakan tugas-tugas mengajarnya, mendorong guru membuatkan kemampuannya sendiri, serta mendorong guru supaya ia mempunyai perhatian yang sungguh-sungguh (commitment) terhadap kiprah dan tanggung jawabannya.
Dari Supervisi akademik yang sudah dilaksanakan di Pasir Lawas Kabupaten Tanah Datar , mulai dari telaah Perangkat Pembelajaran dipertama Tahun Pelajaran hingga supervisi berupa kunjungan kelas pada bulan September – Desember 2015 dijumpai beberapa hal yang belum sesuai dengan yang diharapkan,seperti :
- Penilaian pada RPP belum mencakup beberapa aspeki seluruh aspek
- Uraian materi pada RPP belum lengkap.
- Penggunaan Media belum sesuai dengan yang diharapkan
- Kegiatan pembelajaran masih ada yang belum sesuai dengan perencana
BAB III
PENDEKATAN DAN METODE SUPERVISI
Sesuai materi pelajaran yang tertera dalam lembaran kerja 08 maka penulis memilih Teknik Supervisi Akademik ialah tekhni induvidu. Hal diatas dilakukan alasannya dengan tekhnik induvidu akan sanggup diketahui bagaimana kwalitas induvidu guru tersebut dalam pembelajranya. Dismping itu kita sanggup melihat bagaiman betul keadaan guru yang bekerjsama dalam pembelajran dengan adanya pertanyaan setelah kun jungan dalam kelas.
Adapun tekhnik supervisi induvidu terdiri dari lima macam :
- Kunjungan kelas
- Observasi kelas.
- Pertemuan induvidual.
- Kunjungan antar kelas
- Menilai diri sendiri.
Dalam pelaksanaan Supervisi akademik di MTsN Luhak Nan Tuo penulis menentukan tekhnik indvidu kunjungan kelas. Disamping itu kita sanggup juga dengan terperinci mempersembahkan bimbingan secara induvidu untuk gegiuatan tindak lanjut dalam pemecahan problem hal-hal yang menjadi materi percakapan untuk perbaikan kedepanya.
BAB IV
HASIL PELAKSANAAN PROGRAM SUPERVISI
A. Jadwal Suprevisi Akademik
No | Hari/Tgl | Nama Guru | Mapel// Pokok Pembahasan/ Kompetensi Dasar | Kelas | Jam Ke | Fokus Masalah |
1 | Kamis/ 15-7-2017 | Deni, S.Pd | PKn Prestasi Diri Prestasi diri utk keunggulan bangsa | IX.1 | 1 - 2 | Kegiatan inti konfirmasi masalah penguatan |
dst... | dst.... | dst... | dst... | dst.... | dst..... | dst..... |
B. Rekapitulasi Hasil Supervisi Akademik
No | Nama | Nilai Perangkat Mengajar | Nilai Proses Pembelajaran | Nilai Penilaian Pembelajaran | Skor Rata-Rata | Catatan Hasil Temuan |
1 | Deni, S.Pd | 85 | 83 | 74 | 81 | Ada pada LK 14 |
dst... | dst.... | dst... | dst... | dst.... | dst..... | dst..... |
C. Menindaklanjuti Hasil Supervisi Akademik
No | Nama Guru | Fokus Masalah | Kelebihan | Kelemahan | Alternative Pemecahan Masalah | Ket. |
1 | Deni, S.Pd | Perangkat Pembelajaran | Secara umum aspek-aspek penuaian RPP sudah terpenuhi | |||
Proses Pembelajaran | Waktu sudh sesuai dengan rencana. Diskusi berjlan dengan bak | Eksporasi belum tajam evaluasi proses tidak terlaksana | Memdiberikan bimbingan dan memperhatikan vidio pembelajaran | |||
Penilaian Pembelajaran | Soal sudah menjawaban tiruana indikator | Memdiberikan bimbingan | ||||
dst... | dst.... | dst... | dst... | dst.... | dst..... | dst..... |
D. Rencana Pemdiberian Umpan Balik
No | Nama Guru | Guru Kelas / Mapel | Mengajar di kelas | Keberhasian | Hal-Hal yang Harus Diperhatikan | Kesimpulan |
1 | Deni, S.Pd | PKn | IX.1 | Elaborasi berjalan dengan baik | Media pembelajaran dan evaluasi proses | |
dst... | dst.... | dst... | dst... | dst.... | dst..... | dst..... |
D. Rencana Tindak Lanjut
No | Nama Guru | Hasil Pelaksanaan Supervisi Akademik Terhadap Proses Pembelajaran Guru | Bentuk Tindak Lanjut | Waktu/Tempat |
1 | Deni, S.Pd | Eksplorasi belum tajam. Penilaian proses belum terlaksana | Diadakan bimbingan dan vidio pembelajaran | Meyesuaika / ruang kepal madrasah |
dst... | dst.... | dst... | dst... | dst.... |
BAB V
PENUTUP
Demikianlah laporan supervisi akademik ini dibentuk dan sanggup bermanfaa bagi banyak sekali pihak, antara lain:
- Bagi Guru. Sebagai motivasi bagi guru untuk meningkatkan kualitas yang bekerjasama dengan pembelajaran mulai dari perencanaan ( perangkat pembelajaran ) , proses pembelajaran hingga ke evaluasi yang mencakup seluruh aspek.
- Bagi Kepala Madrasah. Merupakan materi warta untuk mempersembahkan masukan bagi guru guna perbaikan pembelajaran dimasa menhadir dan sebagai masukan yang sangat berkhasiat bagi peningkatan mutu madrasah kedepannya.
- Bagi siswa. Sebagai pola untuk meningkatkan proses dan hasil berguru siswa.
- Bagi Orang Tua Siswa. Sebagai media warta bagi orang bau tanah siswa untuk mengetahui secara adil, tepat, benar, dan akurat terkena kualitas sekolah daerah anaknya belajar.
- Bagi Pengawas (atau Kepala Sekolah yang melaksanakan supervisi). Laporan bisa menjadi autoKoreksi baginya wacana mutu sekolah, efektivitas proses pembelajaran, dan sejauh mana agenda supervisi yang didisain dan dilaksanakan efektif dalam membuatkan kemampuan profesional guru, dan laporan supervisi bisa dijadikan sebagai titik pertama untuk mendisain dan merencanakan agenda supervisi pada periode diberikutnya. Sehingga agenda supervisi dari satu periode ke periode diberikutnya ialah sesuatu yang berkelanjutan.
- Bagi Dinas Pendidikan/Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, a) laporan supervisi bisa menjadi materi pertimbangan dalam membuat kebijakan yang relevan dengan kondisi sekolah yang real, b) dijadikan sebagai materi pengkajian kondisi persekolahan secara nasional.
Tag :
Program dan Kinerja
0 Komentar untuk "Contoh Laporan Supervisi Akademik Madrasah"