Implementasi Model Discovery Learning (Pendekatan Saintifik) Dengan Literasi, Ppk, 4C Dan Hots

Berikut ini teladan bentuk Rencana Proses Pembelajaran (RPP) memakai model discovery learning dengan menerapkan literasi, PPK, 4C, dan HOTS

Mata Pelajaran: Matematika
Materi: Luas dan Luas Keliling Lingkaran

A. Kegiatan Penlampauan
  • Salam dilanjutkan dengan berdoa
  • Mengecek absensi 
  • Apersepsi dengan mengingatkan materi sebelumnya dengan pertanyaan-pertanyaan wacana unsur lingkaran
  • Memdiberikan motivasi wacana pentingnya dan keuntungannya materi yang akan disampaikan 
  • Menjelaskan kepada siswa wacana evaluasi yang akan dilakukan  
B. Kegiatan Inti
Fase Stimulasi
Mengamati
  • Peserta didik membaca wacana materi, mengamati, gambar, foto, video atau secara eksklusif peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan konsep lingkaran. (membaca, rasa ingin tahu, kreatif dan mengidentifikasi)
  • Peserta didik memperhatikan uraian guru berkaitan dengan pengertian keliling dan luas lingkaran. (menyimak, teliti, critical thinking, menemukan) 
Fase Problem Statetmen 
Menanya
  • Guru memotivasi dan mendorong kreativitas dalam bentuk bertanya, memdiberi gagasan yang menarikdanunik, dan menantang untuk didalami misalnya: bagai konsep keliling dan luas bulat dipakai oleh insan untuk menuntaskan permasalahan nayata. (menghitung, cermat, kreatif, dan mencoba) 
  • Membahas dan mendiskusikan wacana cara menemukan rumusan keliling dan luas keliling .(menulis, kerja sama, komunikatif, menemukan) 
Fase Data Collection dan Data Processing 
Mencoba dan mengasosiasi
  • Peserta didik menemukan beberapa benda di sekitar yang berbentuk bulat dan selanjutnya mengukur keliling bulat dan diameternya. (media, bertanggung jawaban, communicative, menemukan)
  • Data yang diperoleh selanjutnya dilanjutkan dimasukkan ke dalam tabel yang sudah tersedia dalam lembar kerja siswa. (menulis, teliti, kreatif, mengidentifikasi)
  • Siswa menemukan nilai tertentu dari percobaan yang relatif sama (menulis, cermat, komunikatif, menemukan)
  • Siswa mendiskusikan bagaimana cara menurunkan rumus keliling bulat menurut data yang ditemukan (menyimak, teliti, critical thinking, mengidentifikasi) 
  • Siswa mengikuti mekanisme menemukan rumus luas bulat sebagaimana terdapat pada lembar kerja siswa (menulis, cermat, kolaboratif, menemukan) 
  •  Siswa mendiskusikan dan mengulas cara menurunkan rumus luas bulat menurut data yang ditemukan (menyimak, teliti, komunikatif, menciptakan) 
Fase Verifikasi dan Klarifikasi
Komunikasi
  • Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaannya (membaca, berani, komunikatif, menggambarkan)
  • Peserta didik menyimpulkan hasil materi yang sudah dibahas (membaca, berani, kritis, menghasilkan) 
  • Memajang hasil diskusi kelompok wacana menemukan keliling dan luas bulat di papan display
C. Kegiatan Penutup
  • Siswa dan guru melaksanakan refleksi secara lengkap, menyeluruh dan dimenolong guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun perilaku yang sudah dicapai 
  • Guru bersama akseptor didik menyimpulkan 
  • Pendidik mengakhiri pembelajaran dengan memdiberi pesan supaya rajin mencar ilmu dan mempersiapkan diri untuk pertemuan selanjutnya.
  • Penilaian
  • Penugasan
  • Guru memberikan rencana pembelajaran yang akan hadir 
  • Doa epilog dan salam 
Diadopsi: Mengajar di Jaman Now, Gunawan dan Darmani, 2018)
Tag : Pembelajaran
0 Komentar untuk "Implementasi Model Discovery Learning (Pendekatan Saintifik) Dengan Literasi, Ppk, 4C Dan Hots"

Back To Top