Berikut ini teladan bentuk Rencana Proses Pembelajaran (RPP) memakai model discovery learning dengan menerapkan literasi, PPK, 4C, dan HOTS
Mata Pelajaran: Matematika
Materi: Luas dan Luas Keliling Lingkaran
A. Kegiatan Penlampauan
- Salam dilanjutkan dengan berdoa
- Mengecek absensi
- Apersepsi dengan mengingatkan materi sebelumnya dengan pertanyaan-pertanyaan wacana unsur lingkaran
- Memdiberikan motivasi wacana pentingnya dan keuntungannya materi yang akan disampaikan
- Menjelaskan kepada siswa wacana evaluasi yang akan dilakukan
B. Kegiatan Inti
Fase Stimulasi
Mengamati
- Peserta didik membaca wacana materi, mengamati, gambar, foto, video atau secara eksklusif peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan konsep lingkaran. (membaca, rasa ingin tahu, kreatif dan mengidentifikasi)
- Peserta didik memperhatikan uraian guru berkaitan dengan pengertian keliling dan luas lingkaran. (menyimak, teliti, critical thinking, menemukan)
Fase Problem Statetmen
Menanya
- Guru memotivasi dan mendorong kreativitas dalam bentuk bertanya, memdiberi gagasan yang menarikdanunik, dan menantang untuk didalami misalnya: bagai konsep keliling dan luas bulat dipakai oleh insan untuk menuntaskan permasalahan nayata. (menghitung, cermat, kreatif, dan mencoba)
- Membahas dan mendiskusikan wacana cara menemukan rumusan keliling dan luas keliling .(menulis, kerja sama, komunikatif, menemukan)
Fase Data Collection dan Data Processing
Mencoba dan mengasosiasi
- Peserta didik menemukan beberapa benda di sekitar yang berbentuk bulat dan selanjutnya mengukur keliling bulat dan diameternya. (media, bertanggung jawaban, communicative, menemukan)
- Data yang diperoleh selanjutnya dilanjutkan dimasukkan ke dalam tabel yang sudah tersedia dalam lembar kerja siswa. (menulis, teliti, kreatif, mengidentifikasi)
- Siswa menemukan nilai tertentu dari percobaan yang relatif sama (menulis, cermat, komunikatif, menemukan)
- Siswa mendiskusikan bagaimana cara menurunkan rumus keliling bulat menurut data yang ditemukan (menyimak, teliti, critical thinking, mengidentifikasi)
- Siswa mengikuti mekanisme menemukan rumus luas bulat sebagaimana terdapat pada lembar kerja siswa (menulis, cermat, kolaboratif, menemukan)
- Siswa mendiskusikan dan mengulas cara menurunkan rumus luas bulat menurut data yang ditemukan (menyimak, teliti, komunikatif, menciptakan)
Fase Verifikasi dan Klarifikasi
Komunikasi
- Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaannya (membaca, berani, komunikatif, menggambarkan)
- Peserta didik menyimpulkan hasil materi yang sudah dibahas (membaca, berani, kritis, menghasilkan)
- Memajang hasil diskusi kelompok wacana menemukan keliling dan luas bulat di papan display
C. Kegiatan Penutup
- Siswa dan guru melaksanakan refleksi secara lengkap, menyeluruh dan dimenolong guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun perilaku yang sudah dicapai
- Guru bersama akseptor didik menyimpulkan
- Pendidik mengakhiri pembelajaran dengan memdiberi pesan supaya rajin mencar ilmu dan mempersiapkan diri untuk pertemuan selanjutnya.
- Penilaian
- Penugasan
- Guru memberikan rencana pembelajaran yang akan hadir
- Doa epilog dan salam
Diadopsi: Mengajar di Jaman Now, Gunawan dan Darmani, 2018)
Tag :
Pembelajaran
0 Komentar untuk "Implementasi Model Discovery Learning (Pendekatan Saintifik) Dengan Literasi, Ppk, 4C Dan Hots"