Instrumen Legalisasi Smp/Mts - 2017 Standar Penilaian


Instrumen Akreditasi SMP/MTs  Berdasarkan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Tahun 2017 pada Standar Penilaian sebagai diberikut:

112. Guru melaksanakan evaluasi hasil berguru siswa menurut 6 prinsip penilaian: (1) sahih, (2) adil, (3) adil, (4) terbuka, (5) holistik, (6) akuntabel.
  • A.   91%-100% guru menerapkan 6 prinsip penilaian
  • B.   81%-90% guru menerapkan 6 prinsip penilaian
  • C.  71%-80% guru menerapkan 6 prinsip penilaian
  • D.  61%-70% guru menerapkan 6 prinsip penilaian
  • E.   Kurang dari 61% guru menerapkan 6 prinsip penilaian
113. Sekolah/madrasah memilih Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) seluruh mata pelajaran dengan mempertimbangkan: (1) karakteristik siswa, (2) karakteristik mata pelajaran, (3) kondisi satuan pendidikan, (4) analisis hasil penilaian.
  • A.   91%-100% KKM sesuai ketentuan
  • B.   81%-90% KKM sesuai ketentuan
  • C.   71%-80% KKM sesuai ketentuan
  • D.   61%-70% KKM sesuai ketentuan
  • E.   Kurang dari 61% KKM sesuai ketentuan
114. Guru melaksanakan evaluasi hasil berguru dalam bentuk: (1) ulangan, (2) pengamatan, (3) penugasan, dan/atau (4) bentuk lain yang diperlukan.
  • A.   91%-100% guru melaksanakan minimal 3 bentuk penilaian
  • B.   81%-90% guru melaksanakan minimal 3 bentuk penilaian
  • C.   71%-80% guru melaksanakan minimal 3 bentuk penilaian
  • D.   61%-70% guru melaksanakan minimal 3 bentuk penilaian
  • E.   Kurang dari 61% guru melaksanakan minimal 3 bentuk penilain
115. Guru memakai hasil evaluasi kompetensi pengetahuan yang dilakukan untuk: (1) memperbaiki proses pembelajaran, (2) mengukur dan mengetahui pencapaian kompetensi siswa, (3) menyusun laporan kemajuan hasil berguru harian, tengah semester, selesai semester, selesai tahun dan/atau kenaikan kelas. 
  • A. 91%-100% guru memakai hasil evaluasi untuk tiga hal tersebut.
  • B. 81%-90% guru memakai hasil evaluasi untuk tiga hal tersebut.
  • C. 71%-80% guru memakai hasil evaluasi untuk tiga hal tersebut.
  • D. 61%-70% guru memakai hasil evaluasi untuk tiga hal tersebut.
  • E. Kurang dari 61% guru memakai hasil evaluasi untuk tiga hal tersebut.
116. Guru melaksanakan evaluasi kompetensi perilaku sesuai karakteristik Kompetensi Dasar (KD).
  • A.   91%-100% guru melaksanakan
  • B.   81%-90% guru melaksanakan
  • C.   71%-80% guru melaksanakan
  • D.   61%-70% guru melaksanakan
  • E.   Kurang dari 61% guru melaksanakan
117. Guru melaksanakan evaluasi kompetensi pengetahuan sesuai karakteristik KD.
  • A.   91%-100% guru melaksanakan
  • B.   81%-90% guru melaksanakan
  • C.   71%-80% guru melaksanakan
  • D.   61%-70% guru melaksanakan
  • E.   Kurang dari 61% guru melaksanakan
118. Guru melaksanakan evaluasi kompetensi keterampilan sesuai karakteristik KD.
  • A.   91%-100% guru melaksanakan
  • B.   81%-90% guru melaksanakan
  • C.   71%-80% guru melaksanakan
  • D.   61%-70% guru melaksanakan
  • E.   Kurang dari 61% guru melaksanakan
119. Guru melaksanakan evaluasi kompetensi perilaku melalui observasi/pengamatan dan metode evaluasi lain yang relevan. 
  • A.   91%-100% guru melaksanakan
  • B.   81%-90% guru melaksanakan
  • C.   71%-80% guru melaksanakan
  • D.   61%-70% guru melaksanakan
  • E.   Kurang dari 61% guru melaksanakan
120.Guru melaksanakan evaluasi kompetensi pengetahuan dengan memakai 3 jenis tes: (1) tes tulis, (2) tes lisan, (3) penugasan.
  • A.   91%-100% guru memakai 3 jenis tes
  • B.   81%-90% guru memakai 3 jenis tes
  • C.   71%-80% guru memakai 3 jenis tes
  • D.   61%-70% guru memakai 3 jenis tes
  • E.   Kurang dari 61% guru memakai 3 jenis tes
121. Guru melaksanakan evaluasi kompetensi keterampilan menggunakan: tes praktik, (2) evaluasi produk, (3) evaluasi proyek, (4) evaluasi portofolio, (5) metode lain sesuai dengan kompetensi yang dinilai.
  • A.   91%-100% guru memakai 4 jenis atau lebih
  • B.   81%-90% guru memakai 4 jenis
  • C.   71%-80% guru memakai 4 jenis
  • D.   61%-70% guru memakai 4 jenis
  • E.  Kurang dari 61% guru memakai 4 jenis
122. Sekolah/madrasah melaksanakan evaluasi hasil berguru dalam bentuk: penilaian harian, (2) evaluasi selesai semester, (3) evaluasi selesai tahun, (4) ujian sekolah/madrasah.
  • A.   Melaksanakan 4 bentuk penilaian
  • B.   Melaksanakan 3 bentuk penilaian
  • C.   Melaksanakan 2 bentuk penilaian
  • D.   Melaksanakan 1 bentuk penilaian
  • E.   Tidak melaksanakan penilaian
123. Sekolah/madrasah memilih kelulusan siswa dengan mempertimbangkan hasil: (1) ujian sekolah/madrasah, (2) evaluasi sikap, (3) evaluasi pengetahuan, (4) evaluasi keterampilan. 
  • A.   Mempertimbangkan 4 hasil penilaian
  • B.   Mempertimbangkan 3 hasil penilaian
  • C.   Mempertimbangkan 2 hasil penilaian
  • D.   Mempertimbangkan 1 hasil penilaian
  • E.   Tidak mempertimbangkan hasil penilaian
124. Guru melaksanakan evaluasi proses dan hasil berguru dengan 8 langkah: tetapkan tujuan penilaian; (2) menyusun kisi-kisi ujian, (3) membuatkan instrumen dan pedoman penilaian, (4) melaksanakan analisis kualitas instrument, (5) melaksanakan penilaian, (6) mengolah dan memilih kelulusan siswa, (7) melaporkan, (8) memanfaatkan hasil penilaian.
  • A.   91%-100% guru melaksanakan 8 langkah
  • B.   81%-90% guru melaksanakan 8 langkah
  • C.   71%-80% guru melaksanakan 8 langkah
  • D.   61%-70% guru melaksanakan 8 langkah
  • E.   Kurang dari 61% guru melaksanakan 8 langkah
Tag : Akreditasi
0 Komentar untuk "Instrumen Legalisasi Smp/Mts - 2017 Standar Penilaian"

Back To Top