BAB III
PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
A. Subjek Penelitian
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Lima Kaum, Batusangkar Kabupaten Tanah Datar, dengan jumlah responden/ siswa sebanyak 25 siswa. Hal ini dilakukan di kelas tersebut sebab sesuai dengan kewajiban kiprah dan tanggung tanggapan penulis/peneliti yang mengajar di kelas tersebut di atas sebagai guru mata pelajaran Bahasa Inggris sehingga megampangkan peneliti mengumpulkan. Tugas guru tidak spesialuntuk mengajar tapi juga kiprah profesinya melalui kelas bisa mengaktifkan kelas dan meningkatkan kwalitas diri di dalam kelas.
Penelitian tindakan kelas ini mengambil populasi tiruana siswa kelas VIII semester I tahun pelajaran 2016/2017 MTs Muhammadiyah Lima Kaum, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar sejumlah 25 siswa, yang terdiri dari siswa putra: 15 orang dan siswa putra 10 orang putri. Jumlah siswa itu tidak digeneralisasikan berdasarkan jenis kelabuinnya sebab siswa itu didiberi perlakuan yang sama dalam pemahaman bahan genre (Teks Narrative).
Adapun pelaksanaan penelitian perbaikan pembelajaran melalui rangkaian kegiatan tercantum pada tabel diberikut ini:
Tabel 1. Ragkaian kegiatan kegiatan penelitian
NO | SIKLUS | PER-TEMUAN | HARI/TGL | MATERI | KET |
1 | 1 | 1 | 08-09-2016 | Perencanaan, Penjelasan dan pemahan wacana menulis teks Narrative berbasis Genre melalui Picture series. | |
2 | 10-09-2016 | Memdiberikan Latihan tes kemampuan dan pemahaman atau Try Out kepada siswa wacana Materi menulis Teks Narrative melalui Picture Series | |||
3 | 13-09-2016 | Melakukan Evaluasi terhadap hasil siswa dalam tes tes kemampuan dan pemahaman atau Try Out yang sudah di lakukan. | |||
2 | 2 | 1 | 15-09-2016 | pemahan wacana menulis teks Narrative berbasis genre melalui picture series untuk yang ke dua kalinya | |
2 | 19-09-2016 | Try Out Kedua dengan bahan yang sama | |||
3 | 22-09-2016 | Mengevaluasi Hasil try Out kedua Untuk Materi yang sama |
B. Deskripsi per Siklus
Dalam penelitian ini, mekanisme penelitianya memakai mekanisme penelitian model Kemmis dan Mc Taggart (1982:11). Setiap tahap atau siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
1. Siklus Pertama
a. Perencanaan
Pada siklus pertama, proses pembelajaran direncanakan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan ibarat dalam kegiatan kegiatan penelitian diberikut :
b. Pelaksanaan
Pertemuan pertama : Proses pembelajaran dilakukan ibarat biasanya. Dipertamai dengan pemdiberian motivasi, apersepsi dan penyampaian tujuan mencar ilmu hari itu.
Pertemua Kedua: Memdiberikan Latihan tes kemampuan dan pemahaman atau Try Out kepada siswa wacana Materi menulis Teks Narrative melalui Picture Series. Sesudah menjabarkan dan mempersembahkan pretest terlebih lampau kepada siswa
Pertemuan ketiga : melaksanakan penilaian dan refleksi terhadap hasil yang diperoleh siswa
c. Observasi :
Observasi dilakukan oleh kolaborator (Zulfahmi,M.S.Pd.I) dan peneliti sendiri berdasarkan Lembar Pengamatan yang sudah disiapkan.
d. Refleksi
Hasil refleksi dengan siswa dan kolaborator pada siklus pertama yaitu :
1) Kebanyakan siswa kenal metode Picture Series.
2) Yang pertama kali memperkenalkan yaitu guru Bahasa Indonesia
3) Kebanyakan siswa menyukai metode ini dan ada yang biasa saja.
4) Kebanyakan siswa menyampaikan Picture Series dapat mempergampang penulisan, tapi ada siswa menyampaikan tambah pusing..
5) Yang menarikdanunik dari Picture Series adalah gambar, warna dan pembuatannya.
6) Kebanyakan siswa menyukai mencar ilmu kelompok, sebab bisa berhubungan dan kiprah jadi enteng. Yang suka individu, alasannya kawan-kawannya tidak mau bekerja.
2. Siklus kedua
a. Perencanaan
Siklus kedua direncanakan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Langkah-langkahnya tetap sama, spesialuntuk ada pemfokusan tindakan ibarat siswa yang menyampaikan “dengan Picture Series tambah pusing” didekati dan dibimbing tersendiri. Waktu kerja kelompok lebih dipantau lagi semoga tidak ada siswa yang tidak mau bekerja lagi. Kertas ulangan disediakan oleh peneliti. Adapun kegiatan kegiatannya yaitu sebagai diberikut:
b. Refleksi
Pada selesai siklus 2 diadakan lagi refleksi dengan siswa. Hasilnya yaitu :
1. Sudah banyak siswa yang suka dengan metode Picture Series
2. Kebanyakan siswa menyampaikan lebih praktis menulis dengan membuat Picture Seriesnya terlebih lampau. Sudah tidak ada yang menyampaikan tambah pusing.
3. Yang menarikdanunik dari Picture Series yaitu gambar, warna dan pembuatannya.
4. Belajar kelompok lebih disukai.
5. melaluiataubersamaini pemantauan yang lebih intensif, tiruana siswa sudah mau bekerja
Tag :
Penelitian dan PTK
0 Komentar untuk "Contoh Ptk Bahasa Inggris Belahan Iii: Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran- Kemampuan Menulis Teks Narrative Melalui Picture Series"