BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A. KESIMPULAN
Sesudah pembelajaran dengan metode Picture Series dilaksanakan, peneliti mengambil kesimpulan sebagai diberikut :
- Metode Picture Series sangat diharapkan dalam pembelajaran Bahasa Inggris khususnya pada kompetensi writing. melaluiataubersamaini membuat kerangka karangan dalam bentuk Picture Series yang sanggup digambari dan diwarnai sesuka hati, sanggup memotivasi siswa untuk mengekspresikan gagasannya melalui gambar yang berguaka ragam dan warna. Picture Series juga sanggup memunculkan ide, sehingga mempergampang siswa dalam menulis /mengarang. Selain itu, Picture Series juga sanggup memunculkan kreatifitas, yang terlihat dari hasil karya siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Lima Kaum, Batusangkar yang bagus-bagus dan menarikdanunik, diluar dugaan peneliti.
- Implementasi metode Picture Series dalam penulisan teks monolog berbentuk Narrative benar-benar menarikdanunik minat siswa. Hal ini dibuktikan dengan catatan hasil pengamatan kolaborator Zulfahmi.M,S.Pd.I, guru Bahasa Inggris MTs Muhammadiyah Lima kaum, Batusangkar yang memdiberi catatan bahwa siswa sangat bahagia atau antusias dalam mengikuti pelajaran dengan metode Picture Series. Siswa juga sangat aktif dalam mengikuti pelajaran. Penampilan guru dan bahan yang disajikan cukup baik, mengena dan praktis diterima siswa. Pada waktu ulangan, tiruana siswa terlihat asyik dalam mengerjakan kiprah dan tiruana siswa sanggup menuntaskan kiprah itu dengan baik.
- Berdasarkan analisis hasil penilaian pada siklus pertama, dari 25 siswa menerima ketuntasan berguru sebesar 60%. Kelas dikatakan tuntas belajarnya apabila minimum 85% siswanya sanggup mencapai nilai KKM. Berarti kelas ini tuntas belajarnya. Sedang pada siklus kedua, dari 25 siswamendapatkan ketuntasan dalam bahan ini sebesar 95%,
B. SARAN
Dari uraian dan kesimpulan di atas, peneliti menyarankan biar :
- Guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama supaya mencoba memakai metode Picture Series dalam pembelajaran kompetensi writing teks Narrative. Selain menarikdanunik, alasannya ialah sanggup didiberi gambar-gambar dan warna-warna sekehendak pembuatnya, juga sanggup memunculkan kreatifitas siswa, megampangkan penulisan, dengan memanfaatkan gambar dan teks saat kita mencatat atau mengeluarkan sesuatu yang ada di dalam diri, maka kita sudah memakai dua penggalan otak secara sinergis. Apalagi kalau dalam peta pikiran itu, kemudian dimenambahkan warna dan hal-hal yang memperkuat emosi (”Brain-Based Writing”)
- Para guru atau pendidik Bahasa Inggris pada umumnya, juga sanggup memakai metode ini dalam segala kompetensi pembelajaran, alasannya ialah metode ini cukup menarikdanunik, sanggup memunculkan pandangan gres dan kreatifitas, memuat banyak sekali metode, dan mengajak orang untuk berpikir global. Yang juga berarti mengaktifkan otak kanan. Orang yang berpikir dengan kedua belah otaknya (otak kanan dan otak kiri) akan memperoleh hasil yang terbaik dalam kiprah atau pekerjaannya.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hernowo (2007) http : // www.duniaguru.com/index.php ”Brain-Based Writing”
Hyland,K.2003.Second Language Writting. Cambridge unniversity Press.
Indrotomo dkk. (2004) English On Sky 1 for Junior High School Students.Jakarta : Erlangga
Mulyadi, MP, 2009, Paparan Karya Tulis Ilmiah Guru, Widyaswara LPMP Jateng
Oshima,2007. Itroduction to academic English (3rded).New york:Pearson Education.Inc
Wiyanti Puji. (2009). Penyusunan Proposal dan Laporan PTK. SMPM 7 Yogyakarta
Tag :
Penelitian dan PTK
0 Komentar untuk "Contoh Ptk Bahasa Inggris Cuilan V: Kesimpulan Dan Saran - Kemampuan Menulis Teks Narrative Melalui Picture Series"