BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Deskripsi per siklus
Siklus I
Perencanaan
Penelitian ini direncanakan dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan tujuan masing-masing siklus : meningkatkan minat berguru siswa, meningkatkan kompetensi dan prestasi writing siswa serta mengetahui respon siswa setelah dipakai Metode Picture Series sebagai penelitian tindakan kelas di kelas ini. Sesudah memilih Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang akan diteliti sesuai dengan KTSP dan jumlah jam tatap muka yang diperlukan, disusunlah perangkat pembelajaran.
Tindakan
Pada siklus pertama, dilaksanakan pembelajaran writing dengan materi Narrative text yang dilksanakan dalam 3 kali pertemuan. Sebelum penelitian dimulai terlebih lampau didiberitahukan bahwa di kelas ini akan diadakan penelitian tindakan kelas oleh peneliti, yang melibatkan seluruh siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Lima Kaum dan seorang pengamat, yaitu guru Bahasa Inggris lain. Tindakan yang akan dilakukan mencakup Introduction, pretes, postes, Tugas dan refleksi dengan siswa maupun dengan pengamat atau kolaborator.
Observasi
Observasi atau pengamatan penelitian, dilakukan oleh kolaborator, yaitu siswa yang diteliti dan peneliti sendiri. Kolaborator mengamati setiap pertemuan dan mencatat atau mengisi lembar pengamatan yang disediakan peneliti. Siswa bersama guru (peneliti) melaksanakan pembelajaran dengan langkah-langkah sesuai RPP yang dibentuk dengan mengacu pada Penggunaan Picture Series pada menulis narrative Text. Hasil pengamatan siswa dicatat oleh peneliti pada waktu refleksi.
Alat observasi berupa lembar pengamatan yang didiberikan kepada kolaborator untuk diisi pada waktu mengamati jalannya pembelajaran selama penelitian. Lembar pengamatan dan daftar pertanyaan untuk refleksi sanggup dilihat pada lampiran.
Refleksi
Refleksi dengan siswa dilakukan di kelas. Tekniknya, dengan tanya balasan eksklusif dengan siswa, seputar Penggunaan metode Picture Series dalam menulis Narrative text yang gres dilaksanakan. Untuk memperlancar refleksi, peneliti menyiapkan sejumlah pertanyaan yang akan dilontarkan kepada siswa pada waktu refleksi. Respon atau jawabanan siswa, peneliti catat sebagai hasil refleksi dengan siswa, yang akan dipakai untuk merencanakan atau memperbaiki tindakan pada siklus kedua.
Refleksi dengan kolaborator dilakukan di kantor guru di luar jam pelajaran. Peneliti mendiskusikan planning siklus kedua bersama kolaborator menurut catatan hasil pengamatan kolaborator dan peneliti sendiri serta mempertimbangkan hasil refleksi dengan siswa.
Tabel Nilai siswa Pra Siklus KKM: 75
NO | NIS | NAMA SISWA | NILAI | KET |
1 | 506 | Fari Anggara | 78 | Tuntas |
2 | 507 | Febriyani Latipa | 72 | Remedi |
3 | 508 | Febri Rama Syahputra | 68 | Remedi |
4 | 509 | Gibral Oktorio Akbar | 70 | Remedi |
5 | 510 | Hafizul Fajri | 80 | Tuntas |
6 | 511 | Jihadi Fisabilillah | 85 | Tuntas |
7 | 513 | Laila safitri | 83 | Tuntas |
8 | 526 | Nurul Hidayah | 80 | Tuntas |
9 | 522 | Putra Mulya | 70 | Remedi |
10 | 545 | Ridwansyah | 75 | Tuntas |
11 | 515 | Ringga Forensio | 77 | Tuntas |
12 | 516 | Rindi Antika | 68 | Remedi |
13 | 521 | Siska | 60 | Remedi |
14 | 520 | Werit Afli | 72 | Remedi |
15 | 525 | M. Ravi Alhadi | 65 | Remedi |
16 | 535 | Manda Frimulti Suhadi | 70 | Remedi |
17 | 536 | Melisa Mulyani Putri | 77 | Tuntas |
18 | 537 | Muhammad Alfa Rezi | 80 | Tuntas |
19 | 538 | Muhammad Arga | 65 | Remedi |
20 | 539 | Nora Putri | 70 | Remedi |
21 | 540 | Rola Nonapia | 66 | Remedi |
22 | 541 | Romi Eka Putra | 60 | Remedi |
23 | 542 | Sesi Satil | 65 | Remedi |
24 | 533 | Karmela sari | 68 | Remedi |
25 | 543 | Wahyu Firmansyah | 80 | Tuntas |
Dari Tabel di atas sanggup diketahui bahwa Nilai yang diperoleh oleh siswa sebelum mengikuti siklus pertama, nilai yang diperoleh oleh siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah Lima Kaum spesialuntuk tuntas sekitar 40 % saja, hal ini yang mendorong penulis Untuk melaksanakan penelitian ini, agar bisa meningkatkan hasil berguru siswa terutama menuli teks Narrative berbasis Genre Melalui Media Picture Series
Sesudah melaksanakan Siklus I pada tanggal 8 -13 September 2016 maka terlihat hasil yang tidak sama dari siswa tersebut, mereka sudah bisa memahami dan megembangkan wangsit ide mereka melalui goresan pena dengan memakai Media Picture Series tersebut. Mereka sudah mulai bisa mengurut dongeng secara berkala, walaupun belum tiruana siswa sudah memahami ini tiruana, tetapi dilihat melalui hasil tes yang di lakukan pada siklus I ini sudah mengalami kenaikan, dari tiruanla spesialuntuk 40% yang tuntas, tetapi melalui siklus I sudah bisa Tuntas sebanyak 60%.
Tabel Nilai siswa Pada Siklus I KKM:75
NO | NIS | NAMA SISWA | NILAI | KET |
1 | 506 | Fari Anggara | 82 | Tuntas |
2 | 507 | Febriyani Latipa | 78 | Tuntas |
3 | 508 | Febri Rama Syahputra | 70 | Remedi |
4 | 509 | Gibral Oktorio Akbar | 73 | Remedi |
5 | 510 | Hafizul Fajri | 83 | Tuntas |
6 | 511 | Jihadi Fisabilillah | 90 | Tuntas |
7 | 513 | Laila safitri | 87 | Tuntas |
8 | 526 | Nurul Hidayah | 83 | Tuntas |
9 | 522 | Putra Mulya | 73 | Remedi |
10 | 545 | Ridwansyah | 85 | Tuntas |
11 | 515 | Ringga Forensio | 82 | Tuntas |
12 | 516 | Rindi Antika | 78 | Tuntas |
13 | 521 | Siska | 60 | Remedi |
14 | 520 | Werit Afli | 72 | Remedi |
15 | 525 | M. Ravi Alhadi | 65 | Remedi |
16 | 535 | Manda Frimulti Suhadi | 70 | Remedi |
17 | 536 | Melisa Mulyani Putri | 85 | Tuntas |
18 | 537 | Muhammad Alfa Rezi | 85 | Tuntas |
19 | 538 | Muhammad Arga | 70 | Remedi |
20 | 539 | Nora Putri | 87 | Tuntas |
21 | 540 | Rola Nonapia | 73 | Remedi |
22 | 541 | Romi Eka Putra | 70 | Remedi |
23 | 542 | Sesi Satil | 70 | Tuntas |
24 | 533 | Karmela sari | 72 | Remedi |
25 | 543 | Wahyu Firmansyah | 87 | Tuntas |
Sesudah dilakukan tes pada Sikus I dan dilaukan evaluasi, maka di dapatkan hasil yang sudah mulai bagus, terbukti siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Lima Kaum, Batusangkar Sudah mulai bisa menyebarkan wangsit ide mereka menulis Teks Narrative Melalui Media Picture Series. Dilihat dari segi ketuntasan siswa sudah mencapai 60% di bandingkan sebelum melaksanakan Siklus I ini, tetapi dengan pencapaian 60% tersebut penulis merasa harus meningkatkan lagi pemahaman siswa dan imajinasi siswa dalam menafsirkan gambar kedalam bentuk dongeng narrative, sehingga penulis merasa harus dan perlu melaksanakan siklus II dengan impian bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks Narrative, Bagi siswa yang sudah mulai bisa menulis agar lebih kreativ lagi dalam pemilihan kosa kata dan gaya bahasa, dan Bagi siswa yang masih belum paham, agar lebih meningkatkan kemampuannya dalam membayangkan atau menelaah gambar kedalam bentuk cerita, sehingga nantinya bisa pencapaian ketuntasan siswa dalam materi menulis teks Berbasis Genre Teks Narrative melalui Picture series ini bisa mencapai hal yang mendekati sempurna.
Sikus II
Jika hasil kajian siklusI masih perlu ditingkatkan dan ditindak lanjuti, maka peneliti akan melaksanakan tindak perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan prosdur pelaksanaan penelitian menyerupai pada siklus I
Tabel Nilai siswa Pada Siklus II KKM:75
NO | NIS | NAMA SISWA | NILAI | KET |
1 | 506 | Fari Anggara | 88 | Tuntas |
2 | 507 | Febriyani Latipa | 82 | Tuntas |
3 | 508 | Febri Rama Syahputra | 72 | Remedi |
4 | 509 | Gibral Oktorio Akbar | 77 | Tuntas |
5 | 510 | Hafizul Fajri | 85 | Tuntas |
6 | 511 | Jihadi Fisabilillah | 88 | Tuntas |
7 | 513 | Laila safitri | 83 | Tuntas |
8 | 526 | Nurul Hidayah | 80 | Tuntas |
9 | 522 | Putra Mulya | 77 | Tuntas |
10 | 545 | Ridwansyah | 85 | Tuntas |
11 | 515 | Ringga Forensio | 80 | Tuntas |
12 | 516 | Rindi Antika | 80 | Tuntas |
13 | 521 | Siska | 65 | Remedi |
14 | 520 | Werit Afli | 80 | Tuntas |
15 | 525 | M. Ravi Alhadi | 77 | Tuntas |
16 | 535 | Manda Frimulti Suhadi | 80 | Tuntas |
17 | 536 | Melisa Mulyani Putri | 83 | Tuntas |
18 | 537 | Muhammad Alfa Rezi | 88 | Tuntas |
19 | 538 | Muhammad Arga | 73 | Remedi |
20 | 539 | Nora Putri | 83 | Remedi |
21 | 540 | Rola Nonapia | 86 | Tuntas |
22 | 541 | Romi Eka Putra | 78 | Tuntas |
23 | 542 | Sesi Satil | 75 | Tuntas |
24 | 533 | Karmela sari | 78 | Tuntas |
25 | 543 | Wahyu Firmansyah | 80 | Tuntas |
Dari tabel pelaksanaan siklus II sanggup dilihat bahwa Siswa yang mengikuti materi Menulis Teks Narrative Berbasis genre melalui Picture Series ini mengalami peningkatan yang signifikan, terbukti dengan mengikuti Tes pada siklus II ini mereka sudah bisa merangkai wangsit dongeng yang baik dan berarturan melalui Media Picture Series, mereka juga sudah bisa menghubungkn Gambar dalam bentuk dongeng dengan memakai kalima atau kosa kasa yang Baik dan benar. Dan jikalau di lihat secara persentase, ketuntasan Siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Lima kaum, Batusangkar Dalam Materi ini ialah 90%.
Sebenarnya ketuntasa ini bisa ditingkatkan lagi mendekati sempurna, tetapi ada 3 orang siswa yang tidak tuntas dalam siklus II ini, di karenakan 1 orang siswa tidak hadir alasannya sakit sehingga tidak bisa mengikuti tes, dan 2 orang lanya mengikuti kegiatan Pusat Informasi dan Kesehatan Remaja (PIK-R) di Kecamatan Lima Kaum, yang diadakan oleh BKKBN kecamatan. Sehingga pencapaian yang bisa di raih oleh siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah Lima Kaum, Batusangkar Untuk Materi Menulis Teks Narrative Berbasis Genre Melalui Picture Series ialah Berhasil 90%.
Pembahasan Setiap Sikus
Siklus Pertama
Perencanaan
Pada siklus pertama, proses pembelajaran direncanakan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan menyerupai dalam aktivitas kegiatan penelitian diberikut :
Pelaksanaan
Pertemuan pertama : Proses pembelajaran dilakukan menyerupai biasanya. Dipertamai dengan pemdiberian motivasi, apersepsi dan penyampaian tujuan berguru hari itu.
Pertemua Kedua: Memdiberikan Latihan tes kemampuan dan pemahaman atau Try Out kepada siswa wacana Materi menulis Teks Narrative melalui Picture Series. Sesudah menjabarkan dan mempersembahkan pretest terlebih lampau kepada siswa
Pertemuan ketiga : melaksanakan penilaian dan refleksi terhadap hasil yang diperoleh siswa
Observasi :
Observasi dilakukan oleh kolaborator (Zulfahmi,M.S.Pd.I) dan peneliti sendiri menurut Lembar Pengamatan yang sudah disiapkan.
Refleksi
Hasil refleksi dengan siswa dan kolaborator pada siklus pertama ialah :
Kebanyakan siswa kenal metode Picture Series.
Yang pertama kali memperkenalkan ialah guru Bahasa Indonesia
Kebanyakan siswa menyukai metode ini dan ada yang biasa saja.
Kebanyakan siswa menyampaikan Picture Series dapat mempergampang penulisan, tapi ada siswa menyampaikan tambah pusing..
Yang menarikdanunik dari Picture Series adalah gambar, warna dan pembuatannya.
Kebanyakan siswa menyukai berguru kelompok, alasannya bisa berafiliasi dan kiprah jadi enteng. Yang suka individu, alasannya kawan-kawannya tidak mau bekerja.
Siklus kedua
Perencanaan
Siklus kedua direncanakan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Langkah-langkahnya tetap sama, spesialuntuk ada pemfokusan tindakan menyerupai siswa yang menyampaikan “dengan Picture Series tambah pusing” didekati dan dibimbing tersendiri. Waktu kerja kelompok lebih dipantau lagi agar tidak ada siswa yang tidak mau bekerja lagi. Kertas ulangan disediakan oleh peneliti. Adapun aktivitas kegiatannya ialah sebagai diberikut:
Refleksi
Pada selesai siklus 2 diadakan lagi refleksi dengan siswa. Hasilnya ialah :
Sudah banyak siswa yang suka dengan metode Picture Series
Kebanyakan siswa menyampaikan lebih praktis menulis dengan membuat Picture Seriesnya terlebih lampau. Sudah tidak ada yang menyampaikan tambah pusing.
Yang menarikdanunik dari Picture Series ialah gambar, warna dan pembuatannya.
Belajar kelompok lebih disukai.
melaluiataubersamaini pemantauan yang lebih intensif, tiruana siswa sudah mau bekerja
Sesudah melaksanakan upaya peningkatan kemampuan menulis teks narrative berbasis genre melalui Picture series melalui tes atau try out melaui 2 siklus, maka kita dapatkan hasil
Tabel perolehan rekap nilai siswa sebelum dan setelah PTK
NO | NIS | NAMA SISWA | SIKLUS | KET | ||
PRA | I | II | ||||
1 | 506 | Fari Anggara | 78 | 82 | 88 | Tuntas |
2 | 507 | Febriyani Latipa | 72 | 78 | 82 | Tuntas |
3 | 508 | Febri Rama Syahputra | 68 | 70 | 72 | Remedi |
4 | 509 | Gibral Oktorio Akbar | 70 | 73 | 77 | Tuntas |
5 | 510 | Hafizul Fajri | 80 | 83 | 85 | Tuntas |
6 | 511 | Jihadi Fisabilillah | 85 | 90 | 88 | Tuntas |
7 | 513 | Laila safitri | 83 | 87 | 83 | Tuntas |
8 | 526 | Nurul Hidayah | 80 | 83 | 80 | Tuntas |
9 | 522 | Putra Mulya | 70 | 73 | 77 | Tuntas |
10 | 545 | Ridwansyah | 75 | 85 | 85 | Tuntas |
11 | 515 | Ringga Forensio | 77 | 82 | 80 | Tuntas |
12 | 516 | Rindi Antika | 68 | 78 | 80 | Tuntas |
13 | 521 | Siska | 60 | 60 | 65 | Remedi |
14 | 520 | Werit Afli | 72 | 72 | 80 | Tuntas |
15 | 525 | M. Ravi Alhadi | 65 | 65 | 77 | Tuntas |
16 | 535 | Manda Frimulti Suhadi | 70 | 70 | 80 | Tuntas |
17 | 536 | Melisa Mulyani Putri | 77 | 85 | 83 | Tuntas |
18 | 537 | Muhammad Alfa Rezi | 80 | 85 | 88 | Tuntas |
19 | 538 | Muhammad Arga | 65 | 70 | 73 | Remedi |
20 | 539 | Nora Putri | 70 | 87 | 83 | Tuntas |
21 | 540 | Rola Nonapia | 66 | 73 | 86 | Tuntas |
22 | 541 | Romi Eka Putra | 60 | 70 | 78 | Tuntas |
23 | 542 | Sesi Satil | 65 | 70 | 75 | Tuntas |
24 | 533 | Karmela sari | 68 | 72 | 78 | Tuntas |
25 | 543 | Wahyu Firmansyah | 80 | 87 | 80 | Tuntas |
Dari tabel diatas sanggup kita lihat perubahan hasil yang cukup signifikan, kita lihat nilai dikala siswa kelas VIII Ts Muhammadiyah Lima kaum sebelum memakai media Picture series dalam belajar, banyak siswa yang tidak bisa menyebarkan idenya dalam menulis sehingga tingkat kelulusannya spesialuntuk 40%. Tetapi setelah dilakukan penelitia dengan memperkenalkan media yang asik dalam berguru (picture series) ini sangat memmenolong siswa dalam menyebarkan wangsit idenya dalam menulis dongeng bahasainggris, alasannya dimenolong oleh gambar yang lucu lucu dan berwarna ehigga meningkatkan imajinatif siswa dalam melaksanakan kiprah menulisnya.
Tetapi penulis tidak merasa puas begitu saja walupun setelah melaksanakan latihn pada siklus I menawarkan hasil yang cukup signifikan tetapi penulis masih melihat ada beberapa siswa yang masih belum terpacu melalui media ini, sehingga rasanya perlu penulis melaksanakan tes lagi melalui Siklus II dengan lebih melaksanakan pendekatan kepada siswa yang masih ngambang terhadap metode ini, sehingga siswa tersebut merasa diperhatikan dan terpacu untuk bisa menyerupai mitra kawanya yang sudah bisa.
Sesudah melaksanakan Siklus II penulis melihat perubahan yang cukup baik dibuktikan spesialuntuk tinggal 3 orang siswa saja yang belom tuntas dalam materi ini.initiruana cukup beralasan menyerupai terdapat 1 orang siswa yang sakit sehingga tidak bisa mengikuti tes dan 2 orang siswa lagi tergolong siswa aktif yang mengikuti kgiatan Pusat Informasi dan Kesehata Remaja (PIK-R) di kecamatn lima kaum yang diselenggarakan oleh BKKBN kecamatan.
Tag :
Penelitian dan PTK
0 Komentar untuk "Contoh Ptk Bahasa Inggris Cuilan Iv: Hasil Penelitian Dan Pembahasan - Kemampuan Menulis Teks Narrative Melalui Picture Series"