Langkah Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Berdasarkan Kemendikbud 2016

Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 yang diterapkan kini ini ialah Pendekatan Saintifik. Mengacu pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud 2016) ada lima langkanh dalam pendekatan saintifik: mengamati, menanyakan, mengasosiasikan, mengumpulkan data, dan mengkomunikasikannya. 

1. Mengamati
Kegiatan ini ialah proses mengidentifikasi banyak sekali hal melalui indra penglihatan, pendengaran, penciuman maupun indra perasa. Kegiatan ini sanggup berupa membaca, menyimak, menganalisis baik memakai alat menolong atau tidak. Hasil dari acara ini sanggup berupa siswa sanggup mengidentifikasi masalah. 

2. Menanyakan
Pada acara menanya, siswa diperlukan bisa mengungkapkan pertanyaan terhadap suatu objek, kejadian atau proses tertentu baik secara ekspresi maupun goresan pena kepada guru atau sumber lain. Hasil dari acara ini siswa diperlukan bisa merumuskan hipotesis. 
  
3. Mengumpulkan Data
Mengkomunikasika data yaitu siswa mencari warta sebagai materi untuk dianalisis dan simpulkan. Kegiatan sanggup berupa membaca banyak sekali sumber, wawancara, membuat kuisioner. Hasil dari acara ini siswa sanggup menguji hipotesis. 

4. Mengasosiasikan
Kegiatan mengasosiasikan artinya siswa mengolah data dalam bentuk acara fisik atau pikiran dengan peralatan tertentu. Hal ini sanggup berupa membuat tabel, grafik, bagan, menghitung atau pemodelan. Kemudian membandingkan jadinya dengan teori sehingga sanggup ditarik kesimpulan, prinsip, atau konsep penting. Hasil dari acara ini siswa diperlukan mampu  menyimpulkan hasil kajian dari hipotesis. 

5. Mengkomunikasikan 
Mengkomunikasikan maksudnya bisa menyajikan, mendeskripsikan temuan yang mereka peroleh dari kegiatan-kegiatan di atas kepada orang lain baik secara ekspresi maupun goresan pena dalam bentuk diagram, bagan, gambar atau bentukl lain dengan menolongan perangkat teknologi sederhana. Hasil dari acara ini ialah siswa sanggup memfomulasikan dan mempertanggungjawabankan pembuktian hipotesis, 
Tag : Pembelajaran
0 Komentar untuk "Langkah Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Berdasarkan Kemendikbud 2016"

Back To Top