Instrumen Pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran

INSTRUMEN PENGAMATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Madrasah: ....
Nama Guru: ....
Mata Pelajaran: ....
Kelas/Semester: ....
Alokasi Waktu: ....
Hari/Tanggal Supervisi: ....

KD.3: ....
KD.4: ....

A. Kegiatan Penlampauan

  1. Membangun perilaku religius sesuai dengan fatwa agama yang dianutnya dan mengambil absen. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  2. Membangun motivasi penerima didik untuk belajar. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  3. Memdiberikan apresiasi dengan cara menghubungkan materi pelajaran dengan pengalaman penerima didik. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  4. Menyampaikan tujuan pembelajaran, dan kompetensi yang harus dicapai penerima didik. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  5. Menyampaikan langkah-langkah acara pembelajaran dan kompetensi yang akan dicapai. YA/TIDAK  Catatan: ...........
B. Kegiatan Intin
B1. Penguasaan Materi Pelajaran 
  1. Kemampuan menyesuaikan dengan tujuan pembelajaran. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  2. Kemampuan mengaitkan materi pembelajaran dengan pengetahuan lain yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  3. Menyajikan pembahasan materi pembelajaran dengan sempurna dan lengkap sesuai dengan konsep yang benar. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  4. Menyajikan materi secara sistematis (dari materi praktis ke yang susah, dari materi sederhana ke yang kompleks, dari materi konkrit ke abnormal atau sebaliknya) sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai penerima didik. YA/TIDAK  Catatan: ...........
B2. Implementasi Pembelajaran 
  1. Melaksanakan pembelajaran mengikuti kerangka RPP. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  2. Pembelajaran yang dilaksanakan bersifat interaktif yang mendorong munculnya interaksi multi arah adalah antar penerima didik, penerima didik dengan guru, dan penerima didik dengan lingkungan berguru sehingga mempunyai kemampuan komunikatif dan kerjasama yang baik. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  3. Pembelajaran yang dilaksanakan bersifat inspiratif dan multifaset (variasi proses berfikir C1-C6 untuk memunculkan kebiasaan faktual penerima didik adalah terbangunnya huruf dan berkembangnya HOTs atau keterampilan berfikir tingkat tinggi. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  4. Pembelajaran yang dilaksanakan menarikdanunik,sangat bahagia, dan membelajarkan lebih lanjut. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  5. Pembelajaran yang dilaksanakan mempersembahkan ruang yang cukup bagi prakarsa sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologi penerima didik. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  6. Pembelajaran yang dilaksanakan menumbuhkan kemandirian berfikir dan bertindak sesuai degan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologi penerima didik. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  7. Pembelajaran yang dilaksanakan menumbuhkan dan memperkat budaya literasi. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  8. Pendidik menerapkan metode bertanya dengan tidak memunculkan jawabanan serempak dari penerima didik. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  9. Peserta didik mempersembahkan pertanyaan kepada penerima didik dengan pertanyaan pelacak untuk mendorong kemampuan bernalar (berfikir logis, kritis dan sistematis). YA/TIDAK  Catatan: ...........
  10. Pedidik mendorong penerima didik untuk membuatkan keterampilan bertanya untuk membangun kebiasaan mencaritahu. YA/TIDAK  Catatan: ...........
B3. Pemanfaatan Media dan Sumber Belajar 
  1. Mengakomodasikan perkembangan teknologi pembelajaran sesuai dengan konsep dan prinsip. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  2. Menunjukan keterampilan dalam memakai media pembelajaran. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  3. Menunjukan keterampilan dalam memakai sumber belajar. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  4. Melibatkan penerima didik dalam memanfaatkan media dan pembelejaran. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  5. Media dan sumber berguru yang dipakai bisa menghahsilkan pesan yang menarikdanunik dan mengesankan. YA/TIDAK  Catatan: ...........
B4. Interaksi dengan Peserta Didik 
  1. Pendidik menumbuhkan partisipasi aktif penerima didik melalui interaksi antar penerima didik, penerima didik dengan pendidik, penerima didik denga media, dan sumber belajar. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  2. Pendidikan mempersembahkan respon faktual terhadap partisipasi penerima didik . YA/TIDAK  Catatan: ...........
  3. Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme penerima didik dalam pembelajaran. YA/TIDAK  Catatan: ...........
B5. Penggunaan Bahasa yang dalam Kegiatan Pembelajaran 
  1. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan kontestual. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  2. Menggunakan pilihan kata yang praktis dipahami oleh penerima didik. YA/TIDAK  Catatan: ...........
C. PENUTUP
  1. Membimbing penerima didik membuat rangkuman dan atau kesimpulan. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  2. Mengumpulkan hasil kerja penerima didik sebagai materi portofolio. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  3. Melakukan refleksi pembelajaran untuk memperkembangan langsung penerima didik. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  4. Memdiberikan kiprah sebagai pendalaman materi baik TT atau TMTT. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  5. Menyampaikan pembelajaran diberikutnya. YA/TIDAK  Catatan: ...........
  6. Menutup pembelajaran dengan berdo'a. YA/TIDAK  Catatan: ...........
Nilai: ....
Kesimpulan: .....
Tindak Lanjut: ....

Pengawas Madrasah 

............

Pendidik yang disupervisi 

............
0 Komentar untuk "Instrumen Pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran"

Back To Top