INSTRUMEN PENGAMATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Madrasah: ....
Nama Guru: ....
Mata Pelajaran: ....
Kelas/Semester: ....
Alokasi Waktu: ....
Hari/Tanggal Supervisi: ....
KD.3: ....
KD.4: ....
A. Kegiatan Penlampauan
- Membangun perilaku religius sesuai dengan fatwa agama yang dianutnya dan mengambil absen. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Membangun motivasi penerima didik untuk belajar. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Memdiberikan apresiasi dengan cara menghubungkan materi pelajaran dengan pengalaman penerima didik. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Menyampaikan tujuan pembelajaran, dan kompetensi yang harus dicapai penerima didik. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Menyampaikan langkah-langkah acara pembelajaran dan kompetensi yang akan dicapai. YA/TIDAK Catatan: ...........
B. Kegiatan Intin
B1. Penguasaan Materi Pelajaran
- Kemampuan menyesuaikan dengan tujuan pembelajaran. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Kemampuan mengaitkan materi pembelajaran dengan pengetahuan lain yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Menyajikan pembahasan materi pembelajaran dengan sempurna dan lengkap sesuai dengan konsep yang benar. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Menyajikan materi secara sistematis (dari materi praktis ke yang susah, dari materi sederhana ke yang kompleks, dari materi konkrit ke abnormal atau sebaliknya) sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai penerima didik. YA/TIDAK Catatan: ...........
B2. Implementasi Pembelajaran
- Melaksanakan pembelajaran mengikuti kerangka RPP. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Pembelajaran yang dilaksanakan bersifat interaktif yang mendorong munculnya interaksi multi arah adalah antar penerima didik, penerima didik dengan guru, dan penerima didik dengan lingkungan berguru sehingga mempunyai kemampuan komunikatif dan kerjasama yang baik. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Pembelajaran yang dilaksanakan bersifat inspiratif dan multifaset (variasi proses berfikir C1-C6 untuk memunculkan kebiasaan faktual penerima didik adalah terbangunnya huruf dan berkembangnya HOTs atau keterampilan berfikir tingkat tinggi. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Pembelajaran yang dilaksanakan menarikdanunik,sangat bahagia, dan membelajarkan lebih lanjut. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Pembelajaran yang dilaksanakan mempersembahkan ruang yang cukup bagi prakarsa sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologi penerima didik. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Pembelajaran yang dilaksanakan menumbuhkan kemandirian berfikir dan bertindak sesuai degan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologi penerima didik. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Pembelajaran yang dilaksanakan menumbuhkan dan memperkat budaya literasi. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Pendidik menerapkan metode bertanya dengan tidak memunculkan jawabanan serempak dari penerima didik. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Peserta didik mempersembahkan pertanyaan kepada penerima didik dengan pertanyaan pelacak untuk mendorong kemampuan bernalar (berfikir logis, kritis dan sistematis). YA/TIDAK Catatan: ...........
- Pedidik mendorong penerima didik untuk membuatkan keterampilan bertanya untuk membangun kebiasaan mencaritahu. YA/TIDAK Catatan: ...........
B3. Pemanfaatan Media dan Sumber Belajar
- Mengakomodasikan perkembangan teknologi pembelajaran sesuai dengan konsep dan prinsip. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Menunjukan keterampilan dalam memakai media pembelajaran. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Menunjukan keterampilan dalam memakai sumber belajar. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Melibatkan penerima didik dalam memanfaatkan media dan pembelejaran. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Media dan sumber berguru yang dipakai bisa menghahsilkan pesan yang menarikdanunik dan mengesankan. YA/TIDAK Catatan: ...........
B4. Interaksi dengan Peserta Didik
- Pendidik menumbuhkan partisipasi aktif penerima didik melalui interaksi antar penerima didik, penerima didik dengan pendidik, penerima didik denga media, dan sumber belajar. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Pendidikan mempersembahkan respon faktual terhadap partisipasi penerima didik . YA/TIDAK Catatan: ...........
- Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme penerima didik dalam pembelajaran. YA/TIDAK Catatan: ...........
B5. Penggunaan Bahasa yang dalam Kegiatan Pembelajaran
- Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan kontestual. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Menggunakan pilihan kata yang praktis dipahami oleh penerima didik. YA/TIDAK Catatan: ...........
C. PENUTUP
- Membimbing penerima didik membuat rangkuman dan atau kesimpulan. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Mengumpulkan hasil kerja penerima didik sebagai materi portofolio. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Melakukan refleksi pembelajaran untuk memperkembangan langsung penerima didik. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Memdiberikan kiprah sebagai pendalaman materi baik TT atau TMTT. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Menyampaikan pembelajaran diberikutnya. YA/TIDAK Catatan: ...........
- Menutup pembelajaran dengan berdo'a. YA/TIDAK Catatan: ...........
Nilai: ....
Kesimpulan: .....
Tindak Lanjut: ....
Pengawas Madrasah
............
Pendidik yang disupervisi
............
Tag :
Evaluasi dan Penilaian
0 Komentar untuk "Instrumen Pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran"