Sahabat pembelajar tiruana, kali ini kita melihat aktivitas pembelajaran dengan memakai model pembelajaran Discovery Learning dengan Materi Luas dan Keliling Lingkaran
A. Kegiatan Penlampauan
- Salam dilajutkan berdoa
- Mengecek absen
- Apersepsi dengan mengingatkan mater sebelumnya denga pertanyaan-pertanyaan, ialah ihwal unsur-unsur lingkaran
- Memdiberikan motivasi ihwal pentingnya dan manfaatnay materi yang akan disampaikan
- Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
- Menjelaskan kepada siswa ihwal evaluasi yang akan dilakukan

B. Kegiatan Inti
Fase Stimulasi
Mengamati:
- Peserta didik membaca ihwal materi, mengamati gambar, foto, video atau secara eksklusif insiden kejadian, fenomena, konteks atau stimulasi yang berkaitan dengan konsep bulat (membaca, rasa ingin tahu, kreatif dan mengindetifikasi)
- Peserta didik memperhatikan uraian guru berkaitan dengan pengertian keliling dan luas lingkaran. (menyimak, teliti, critical thinking, menemukan)
Fase Problem Statemen
Menanya
- Guru memotivasi, mendorong krerativasi dalam bentuk bertanya, memdiberi gagasan yang menarikdanunik dan menantang untuk didalami misalnya: bagaimana konsep keliling dan luas bulat dipakai oleh insan untuk menuntaskan permasalahan kasatmata (menghitung, cermat, creative, mencoba)
- Membahas dan diskusi ihwal cara menemukan rumus keliling dan luas bulat (menulis, kerjasama, comonocatif, menemukan)
Fase Data Collection dan Data Processing
Mencoba dan Mengasosiasi
- Perserta didik menemukan beberapa benda di sekitar yang berbentuk bulat dan selanjutnya mengukur keliling bulat dan diameternya (media, bertanggung jawaban, comonicatif, menemukan)
- Data yang diperoleh selanjutnya dimasukkan ke dalam tabel yang sudah tersedia dalam lembar kerja siswa (menulis, teliti, creative, mengidentifikasi)
- Siswa menemukan nilai tertentu dari hasil percobaam yang relatif sama, (menulis, cermat, comonicatif, memenukan)
- Siswa mendiskusikan bagaimana cara menurunkan rumus keliling bulat menurut data yang ditemukan (menyimak, teliti, critical thinking, mengidentifikasi)
- Siswa mengikuti mekanisme menemukan rumus luas bulat sebagaimana terdapat pada lembar kerja siswa (menulis, cermat, colaboratif, menemukan)
- Siswa mendiskusikan, dan mengulas cara menurunkan rumus luas bulat menurut data yang ditemukan (menyimak, teliti, comonicatif, menciptakan)
Fase Verifikasi dan Clarifikasi
Komonikasi
- Peserta didika mempresentasikan hasil pekerjaannya (membaca, berani, comonicatif, menggambarkan)
- Perserta didik menyimpulkan hasil materi yang sudah dibahas (membaca, berani, critis, menghasilkan)
- Memajang hasil diskusi kelompok ihwal menemukan keliling dan luas bulat di papan display
C. Kegiatan Penutup
- Siswa dan guru melaksanakan refleksi secara lengkap, menyeluruh dan dimenolong guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun perilaku yang sudah dicapai
- Guru bersama perserta didik menyimpulkan
- Pendidik mengakhiri pembelajaran dengan memdiberi pesan supaya rajin mencar ilmu dan mempersiapan diri untuk pertemuan selanjutnya.
- Penilaian
- Penugasan
- Guru memberikan rencana pembelajaran yang akan hadir
- Doa epilog dan salam (diadopsi dari RPP Makmun Hidayat dan Suyatni, 2017)
Sumber: Mengajar di Jaman Now, Gusnawan dan Darmani, Wade Group, 2018, h. 98-100
Tag :
Pembelajaran
0 Komentar untuk "Implementasi Pendekatan Saintifik Dengan Literasi, Ppk, 4C, Dan Hots"