Implementasi Pendekatan Saintifik Dengan Literasi, Ppk, 4C, Dan Hots

Sahabat pembelajar tiruana, kali ini kita melihat aktivitas pembelajaran dengan memakai model pembelajaran Discovery Learning dengan Materi Luas dan Keliling Lingkaran

A. Kegiatan Penlampauan
  • Salam dilajutkan berdoa
  • Mengecek absen 
  • Apersepsi dengan mengingatkan mater sebelumnya denga pertanyaan-pertanyaan, ialah ihwal unsur-unsur lingkaran
  • Memdiberikan motivasi ihwal pentingnya dan manfaatnay materi yang akan disampaikan
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
  • Menjelaskan kepada siswa ihwal evaluasi yang akan dilakukan 
B. Kegiatan Inti
Fase Stimulasi 
Mengamati:
  • Peserta didik membaca ihwal materi, mengamati gambar, foto, video atau secara eksklusif insiden kejadian, fenomena, konteks atau stimulasi yang berkaitan dengan konsep bulat (membaca, rasa ingin tahu, kreatif dan mengindetifikasi)
  • Peserta didik memperhatikan uraian guru berkaitan dengan pengertian keliling dan luas lingkaran. (menyimak, teliti, critical thinking, menemukan)
Fase Problem Statemen
Menanya

  • Guru memotivasi, mendorong krerativasi dalam bentuk bertanya, memdiberi gagasan yang menarikdanunik dan menantang untuk didalami misalnya: bagaimana konsep keliling dan luas bulat dipakai oleh insan untuk menuntaskan permasalahan kasatmata (menghitung, cermat, creative, mencoba) 
  • Membahas dan diskusi ihwal cara menemukan rumus keliling dan luas bulat (menulis, kerjasama, comonocatif, menemukan)
Fase Data Collection dan Data Processing 
Mencoba dan Mengasosiasi
  • Perserta didik menemukan beberapa benda di sekitar yang berbentuk bulat dan selanjutnya mengukur keliling bulat dan diameternya (media, bertanggung jawaban, comonicatif, menemukan) 
  • Data yang diperoleh selanjutnya dimasukkan ke dalam tabel yang sudah tersedia dalam lembar kerja siswa (menulis, teliti, creative, mengidentifikasi) 
  • Siswa menemukan nilai tertentu dari hasil percobaam yang relatif sama, (menulis, cermat, comonicatif, memenukan) 
  • Siswa mendiskusikan bagaimana cara menurunkan rumus keliling bulat menurut data yang ditemukan (menyimak, teliti, critical thinking, mengidentifikasi) 
  • Siswa mengikuti mekanisme menemukan rumus luas bulat sebagaimana terdapat pada lembar kerja siswa (menulis, cermat, colaboratif, menemukan) 
  • Siswa mendiskusikan, dan mengulas cara menurunkan rumus luas bulat menurut data yang ditemukan (menyimak, teliti, comonicatif, menciptakan) 
Fase Verifikasi dan Clarifikasi
Komonikasi
  • Peserta didika mempresentasikan hasil pekerjaannya (membaca, berani, comonicatif, menggambarkan)
  • Perserta didik menyimpulkan hasil materi yang sudah dibahas (membaca, berani, critis, menghasilkan)
  • Memajang hasil diskusi kelompok ihwal menemukan keliling dan luas bulat di papan display
C. Kegiatan Penutup
  • Siswa dan guru melaksanakan refleksi secara lengkap, menyeluruh dan dimenolong guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun perilaku yang sudah dicapai
  • Guru bersama perserta didik menyimpulkan 
  • Pendidik mengakhiri pembelajaran dengan memdiberi pesan supaya rajin mencar ilmu dan mempersiapan diri untuk pertemuan selanjutnya. 
  • Penilaian 
  • Penugasan 
  • Guru memberikan rencana pembelajaran yang akan hadir 
  • Doa epilog dan salam (diadopsi dari RPP Makmun Hidayat dan Suyatni, 2017
Sumber: Mengajar di Jaman Now, Gusnawan dan Darmani, Wade Group, 2018, h. 98-100
Tag : Pembelajaran
0 Komentar untuk "Implementasi Pendekatan Saintifik Dengan Literasi, Ppk, 4C, Dan Hots"

Back To Top