Analisis Langkah Pembelajaran Kurikulum 2013

Analisis Langkah Pembelajaran pada Kurikulum 2013


Kompetensi Dasar
Indikator
Tujuan
Materi
Metode
Tahapan Belajar
Media
Penilaian
3.1
Mengidentifikasi gosip dalam 
teks deskripsi wacana objek
(sekolah, tempat wisata,  tempat
bersejarah, dan atau suasana
pentas seni daerah) yang
didengar dan dibaca.
3.1.1 Membedakan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar
(C2)

3.1.2 Menjabarkan ciri teks deskripsi dari aspek
kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
(C2)

3.1.3 Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang
dibaca/didengar.
(C3)
1.Peserta didik sanggup membedakan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar

2.Peserta didik sanggup menjabarkan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/ dengar


3.Peserta didik sanggup memilih jenis teks deskripsi yang dibaca/ didengar
a.Pengertian teks deskripsi

b.Ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan teks deskripsi

c.Ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan

d.Jenis teks deskripsi
Metodediscovery learning : Saintifik
a.  Stimulasi
1. Peserta didik mengamati penggambaran suatu objek melalui video “Embung Langgeran”
2. Peserta didik membaca dan mengamati teks deskripsi berjudul “Parangtritis Nan Indah” (Mengamati)

b. Problem statement
1. Berdasarkan teks deskripsi berjudul “Parangtritis Nan Indah”Peserta didik merumuskan pertanyaan pertanyaan-pertanyaan terkena ciri teks deskripsi (Menanya)
Pertanyaan yang diperlukan muncul yaitu:
a. Apa yang dimaksud dengan teks deskripsi?
b.  Apa yang menjadi objek teks deskripsi?
c. Apa tujuan penulisan teks deskripsi?
d. Apa saja ciri teks deskripsi?
e. Bagaimana ciri kebahasaan yang dipakai dalam teks deskripsi?
f.  Apa saja jenis-jenis teks deskripsi menurut isinya?

c.Pengumpulan data
1. Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri dari 4 orang Peserta didik.

2. Peserta didik diminta mengidentifikasi ciri teks, tujuan teks serta aspek kebahasaan teks deskripsi yang berjudul “Si Bagas, Kelinciku” dan “Detektif di Sebuah Kafe”.

3. Di dalam kelompok, Peserta didik membagi anggota menjadi anggota jago ciri umum teks deskripsi, jago tujuan teks deskripsi, jago aspek kebahasaan teks, dan jago jenis teks deskripsi.

4. Peserta didik berkumpul bersama kelompok ahlinya untuk menemukan ciri umum teks deskripsi, tujuan teks deskripsi, aspek kebahasaan teks deskripsi, dan jenis teks deskripsi.

5. Peserta didik mengonsultasikan hasil diskusinya bersama kelompok jago kepada guru.

d. Data Processing
1. Peserta didik menuliskan gosip yang diperolehnya terkena ciri umum teks deskripsi, tujuan teks deskripsi, aspek kebahasaan teks deskripsi, dan jenis teks deskripsi di dalam sebuah kertas yang sudah dibentuk.

2. Peserta didik menempelkan hasil diskusi yang sudah ditulisnya pada kertas asturo yang sudah disediakan guru.

e.Verification/Pembuktian
1. Peserta didik kembali ke kelompok asal.

2. Peserta didik secara bergantian menandakan ciri umum teks deskripsi, tujuan teks deskripsi, aspek kebahasaan teks deskripsi, dan jenis teks deskripsi.
Peserta didik mengerjakan Lomba Kompetensi Siswa yang sudah disediakan guru.

fGeneralization
1. Peserta didik gotong royong dengan Guru menarikdanunik kesimpulan dari pembelajaran   yang sudah dilakukan.
1. Video
2.LKPD
Sikap

Tertulis (soal)
4.1
Menentukan  isi teks  deskripsi  
objek (tempat wisata,  tempat
bersejarah, suasana pentas seni
daerah, dll)  yang didengar dan
dibaca.
4.1.1 Menganalisis isi teks deskripsi (topik dan bagian-
bagiannya)
(C4)

4.1.2 Merumuskan jawabanan pertanyaan isi teks deskripsi
(C6)
1.Peserta didik sanggup menganalisis isi teks deskripsi


2.Peserta didik sanggup merumuskan jawabanan pertanyaan isi teks deskripsi
a.Pengembangan isi teks deskripsi
Metode project based learning
  
a. Menen-tukan Permasalahan

1. Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri  dari 5 orang Peserta didik.

2. Salah satu perwakilan kelompok diminta untuk mengambil  satu lembar kertas origami yang disediakan guru. Kertas origami tersebut meliputi teka teki yang mengarah pada suatu objek.

3. Peserta didik mengamati dan mencoba menebak objek apa yang dimaksud dalam teka-teki tersebut. (Mengamati)

b. Desain Perencanaan

1. Peserta didik menebak petunjuk/teka teki yang Ia terima.

2. Peserta didik didiberi teks deskripsi yang tidak sama-beda setiap kelompok. Isi teks deskripsi yang diterima setiap   kelompok sesuai dengan petunjuk yang tertulis dalam kertas origami yang sudah diterimanya.

c. Penyu-sunan Proyek

1. Peserta didik membuat rincian isi teks deskripsi yang diterimanya.

d. Pengu-jian Hasil

1. Peserta didik menampilkan isi teks deskripsi yang dibacanya di depan kelas secara individu.

e. Mengevaluasi Pengalaman

1. Peserta didik dimenolong guru menganalisis dan mengevaluasi acara pembelajaran yang sudah dilakukan, apakah Peserta didik ssudah berhasil menganalisis isi teks atau belum.
1.Teks
2. LKPD
Sikap


Tertulis
(soal)



0 Komentar untuk "Analisis Langkah Pembelajaran Kurikulum 2013"

Back To Top