Sistematika Laporan Ptk

Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) yakni adanya impian peniliti untuk memecahkan masalahnya melalui tindakan/intervensi yang sudah dipertimbangkan dengan sungguh-sungguh, sehingga akibatnya akan bisa menumbuhkan perubahan yang mengarah pada perbaikan proses pembelajaran. Untuk itu penyusunan usulan penelitian oleh guru atau peneliti lain perlu dipersiapan dengan terbaik supaya pegangan untuk bertindak oleh guru, walaupun penelitian itu dibiayai oleh guru itu sendiri. Namun untuk penelitian yang akan meminta dana dari forum tertentu, penyusunan anjuran penelitian ialah suatu keharusan dan mutlak. 

Untuk menyusun anjuran penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian perlu mengikuti sistematika atau format diberikut: 

a. Judul Penelitian 
Judul penelitian hendaknya ditulis dengan singkat dan spesifik, tetapi mencakup beberapa aspek terang menggambarka persoalan yang akan diteliti dan tindakan untuk mengatasi masalahnya.
misal Judul PTK: 
  • Peningkatan Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Sistem Modular pada Mata Pelajaran Fiqih MAN 1 Pariaman.
  • Peningkatan Kualitas Pembelajaran Perhitungan Konstruksi Bangunan Sederhana (PKKBS) melalui Model Siklus Pembelajaran (Learning Cycle) di SMKN Batipuh.
  • Aplikasi Media Compic (Computer Picture) bagi Siswa Berkesusahan Membaca pada Siswa Kelas 2 di Sekolah Dasar Negeri 1 Lima Kaum. 
b. Penlampauan 
Pada belahan ini penlampauan setidaknya memuat faktor-faktor diberikut: 
  • Latar Belakang Masalah. Masalah yang akan diteliti ialah persoalan yang penting dan mendesak untuk dipecahkan, serta sanggup dilaksanakan dilihat dari segi ketersediaan waktu, biaya, dan daya dukung lainnya yang sanggup memperlancar penelitian tersebut. Sesudah diidentifikasi persoalan penelitiannya, selanjutnya perlu analisis dan diskripsikan secara cermat akar penyebab dari persoalan tersebut. Prosedur yang dipakai dalam identifikasi persoalan perlu dikemungkakan secara terang dan sistematis. Di samping itu, kemukakan perlakuan atau metode pembelajaran yang biasa dipakai sehingga perlunya ada perbaikan. 
  • Perumusan dan Pemecahan Masalah. Rumuskan persoalan penelitian dalam bentuk suatu rumusan penelitian tindakan kelas. Dalam perumusan persoalan sanggup dijelaskan definisi, asumsi, dan lingkup yang menjadi batasan penelitian. Kemudian dirumuskan ke dalam rumusan persoalan yang sebaiknya memakai kalimat pertanyaan dengan terlihat unsur what when, who, where, how much dan how many secara jelas. Uraikan alternatif tindakan yang akan dilakukan untuk memecahkan masalah. Pendekatan dan konsep yang dipakai untuk menjawaban persoalan yang diteliti, hendaknya sesuai dengan kaidah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pemecahan persoalan ditentukan menurut pada akar penyebab permasalahan dalam bentuk tindakan (action). 
  • Tujuan Penelitian. Kemungkakan secara singkat tentang tujuan penelitian yang ingin dicapai dengan menurut pada permasalahan yang dikemungkakan. Tujuan penelitian harus terjawaban dalam hasil kesimpulan hasil penelitian. 
  • Manfaat Penelitian. Uraikan kotribusi hasil penelitian tentang kualitas pembelajaran sehingga tampak keuntungannya bagi siswa, guru, maupun komponen pendidikan di sekolah terkait. Kemungkakan penemuan yang akan dihasilkan dari penelitian.
c. Kajian Pustakan
Uraikan dengan terang kajian teori dan pustaka yang menumbuhkan gagasan dan mendasari usulan rancangan penelitia tindakan. Kemungkakan juga teori, temuan, dan materi penelitian lain yang mendukung pilihan lain yang mendukung pilihan tindakan untuk mengatasi permasalahan penelitian tersebut. Uraian ini dipakai untuk menyusun kerangka berfikir atau konsep yang akan dipakai dalam penelitian. Pada belahan final sanggup dikemungkakan hipotesis tindakan indikator keberhasilan.

d. Metodologi Penelitian
Uraikan secara terang mekanisme penelitian yang akan dilakukan. Kemungkakan objek, waktu dan lamanya tindakan, serta lokasi penelitian secara jelas. Prosedur handaknya dirinci berupa perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, evaluasi-refleksi, yang bersifat daur ulang atau siklus. Tunjukan siklus-siklus acara penelitian dengan menguraikan indikator keberhasilan yang dicapai setiap siklus sebelum pimdah ke siklus diberikutnya. Jumlah siklus diusahakan lebih dari satu siklus, namun harus tetap memperhatikan jadwal acara mencar ilmu disekolah. Dalam planning pelaksanaan tindakan pada setiap tahap hendaknya digambarkan peranan dan intensitas acara masing-masing anggota peneliti, sehingga tampak terang tingkat dan kesusahan kerja sama dalam acara tersebut.

e. Jadwal Pelaksanaan 
Buatlah jadwal acara penelitian mencakup persiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan hasil penelitian dalam bentuk Grant Chart, Jadwal penelitian disusun untuk mempersembahkan prediksi bagi penilus sendiri dalam memprogram persiapan usulan pengembangan profesi.

f. Daftar Pustaka
Disusun daftar pustaka dengan memakai pedoman yang berlaku.
Sumber: Penelitian Tindakan Kelas, Prof. Suharsii Arikunto, Bumi Aksara, 2007
0 Komentar untuk "Sistematika Laporan Ptk"

Back To Top