Macam-Macam Teknik Penilaan


Dalam melaksanakan evaluasi, ada beberapa metode yang sanggup dilakukan: 
1. Teknik Tes
Teknik tes ialah metode yang dipakai dengan cara melaksanakan tes berupa pertanyaan yang harus dijawaban,
pertanyaan yang harus ditanggapi atau kiprah yang harus dilaksanakan oleh orang yang dites. Dalam hal tes hasil berguru yang hendak diukur yaitu kemampuan penerima didik dalam menguasai pelajaran yang disampaikan mencakup aspek pengetahuan dan keterampilan. 

Berdasarkan alat pelaksanaanya secara garis besar alat penilaian dengan metode tes sanggup dikelompokan sebagai diberikut: 
  • Tes Tertulis. Tes tertulis yaitu suatu metode penilaian yang menuntut tanggapan secara tertulis baik berupa pilahan maupun isian. 
  • Tes Lisan. Tes verbal yaitu metode penilaian hasil berguru yang pertanyaan dan jawabanannya atau pertanyaan atau tanggapannya disampaikan dalam bentuk verbal dan spontan. Tes jenis ini memerlukan daftar pertanyaan dan pedoman pensujungan. 
  • Tes Praktik/Perbuatan. Tes praktik/perbuatan yaitu metode penilaian hasil berguru yang menuntut penerima didik mendemonstrasikan keahliannya atau menampilkan hasil belajarnya dalam bentuk unjuk kerja. 

2. Teks Nontes
Teknik nontes ialah metode penilain untuk memperoleh citra terutama terkena karakteristik, sikap, atau kepribadian. Teknik penilaian nontes sanggup dikelompokkan sebagai barikut:
  • Pengamatan/observasi. Pengamatan atau observasi yaitu metode penilaian yang dilakukan oleh pendidik dengan memakai indera secara langsung. Observasi dilakukan dengan cara memakai instrumen yang sudah dirancang sebelumnya. 
  • Penugasan. Penilaian dengan penugasan yaitu suatu metode penilaian yang menuntut penerima didik melaksanakan acara tertentu di luar acara pembelajaran di kelas. Penilaian dengan penugasan sanggup didiberikan dalam bentuk individual atau kelompok. Penilaian dengan penugasan sanggup berupa kiprah atau proyek.
  • Produk. Penilaian produk yaitu suatu penilaian terhadap keterampilan menghasilkan suatu produk dalam waktu tertentu sesuai dengan kriteria yang sudah diputuskan baik dari segi proses maupun hasil akhir.
  • Portofolio. Portofolio ialah kumpulan karya siswa yang tersusun secara sistematis dan terorganisasi yang diambil selama proses pembelajaran. Portofolio dipakai oleh pendidik dan siswa untuk memantau perkembangan pengetahuan, keterampilan dan perilaku siswa dalam mata pelajaran tertentu. Portofolio menggambarkan perkembangan prestasi, kelebihan dan belum sempurnanya kinerja siswa, ibarat kreasi kerja dan karya siswa lainnya. Adapun bagian-bagian dari portofolio yaitu halaman judul, daftar isi, dokumen,  catatan pendidik dan orang tua.    
    0 Komentar untuk "Macam-Macam Teknik Penilaan"

    Back To Top