Sumber berguru sanggup berupa media cetak dan elektronik, nara sumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya. Sumber berguru ialah rujukan, objek dan/atau materi yang dipakai untuk acara pembelajaran. Penentuan sumber berguru didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok/pembelajaran, acara pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. Sumber berguru juga diartikan sebagai segala daerah atau lingkungan sekitar, benda, dan orang yang mengandung informasi sanggup dipakai sebagai wahana bagi penerima didik untuk melaksanakan proses perubahan tingkah laku.
Bahan Ajar ialah bab dari sumber belajar. Bahan bimbing ialah segala bentuk materi yang dipakai untuk memmenolong guru/instruktor dalam melaksanakan acara berguru mengajar. Bahan yang dimaksud sanggup berupa materi tertulis maupun materi tidak tertulis.Sebuah materi bimbing paling tidak mencakup beberapa aspek antara lain :
- Petunjuk berguru (Petunjuk siswa/guru)
- Kompetensi yang akan dicapai
- Content atau isi materi pembelajaran
- Informasi pendukung
- Latihan-tes
- Petunjuk kerja, sanggup berupa Lembar Kerja (LK)
- Evaluasi
- Respon atau balikan terhadap hasil evaluasi
Bahan bimbing disusun dengan tujuan yaitu:
- Menyediakan materi bimbing yang sesuai dengan tuntutan kurikulum dengan mempertimbangkan kebutuhan siswa, yakni materi bimbing yang sesuai dengan karakteristik dan setting atau lingkungan sosial siswa.
- Memmenolong siswa dalam memperoleh alternatif materi bimbing di samping buku-buku teks yang terkadang susah diperoleh.
- Megampangkan guru dalam melaksanakan pembelajaran.
Tag :
Pembelajaran
0 Komentar untuk "Menentukan Sumber Belajar"